Comscore Tracker

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!

Kalangan anak muda juga bisa kena hipertensi lho

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah melewati batas wajar. Jika hal ini terus dibiarkan, terdapat risiko yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, kenalilah beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi. Simak ya!

1. Kurangnya aktivitas fisik

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!Pexels/bruce mars

Sejak hadirnya teknologi seperti HP, masyarakat jadi terlalu dimanjakan. Apa pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah.

Hal ini ternyata bisa memicu hipertensi karena kurangnya aktivitas fisik. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, aktivitas seperti olahraga secara konstan bisa menurunkan tekanan darah.

2. Pola makan yang buruk

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!pexels/pixabay

Makanan yang kamu pilih juga bisa memiliki dampak untuk tubuh kamu. Penelitian dari Harvard Health Publishing yang dikutip dari health.harvard.edu menyebutkan bahwa makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan garam yang amat tinggi.

Ingat, garam adalah salah satu faktor penyebab hipertensi. Jadi, mulai sekarang konsumsilah makanan yang sehat.

3. Terlalu stres

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!pexels.com/keenan constance

Stres memiliki banyak sekali efek negatif bagi tubuh, baik secara fisik maupun psikis. Salah satu dampak dari stres adalah tekanan darah yang naik.

Dikutip dari heart.org, saat stres pembuluh darah akan menyempit dan denyut jantung akan naik. Hal itu tentunya membuat tekanan darah meningkat.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah!

4. Merokok

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!tn.com.ar

Siapa sangka rokok juga bisa meningkatkan tekanan darah? Selama ini merokok diketahui menyebabkan risiko terserang stroke dan penyakit jantung.

Namun, pada laman heart.org juga menyebutkan rokok juga dapat membuat tekanan darah meningkat. Ketika merokok membuat arteri tertimbun oleh plak yang membuat sempitnya pembuluh darah.

5. Kurang tidur

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!dailymail.co.uk

Apakah kamu sering begadang di malam hari dan tidur hanya dalam beberapa jam? Hal itu bisa membuat tekanan darah kamu tinggi.

Orang yang tidur lima jam atau kurang malam mungkin berisiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi atau memburuknya tekanan darah tinggi. Dikutip dari mayoclinic.org, tidur yang cukup bisa membantu mengurangi stres yang pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah.

6. Sering mengonsumsi minuman beralkohol

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!hellosehat.com

Sebuah penelitian menyebut semakin banyak minuman beralkohol yang dikonsumsi maka semakin tinggi pula tekanan dalam darah. Dilansir dari onhealth.com, orang yang minum alkohol secara berlebihan (lebih dari dua minuman per hari) mengalami peningkatan tekanan darah. Hubungan antara alkohol dan tekanan darah tinggi sangat terlihat ketika asupan alkohol melebihi 5 minuman per hari.

7. Sering minum kopi

Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Kena Hipertensi, Usia Berapapun!pixabay.com/ownk

Dalam secangkir kopi terkandung banyak kafein. Dilansir dari onhealth.com, dalam sebuah penelitian, kafein yang dikonsumsi dalam 5 cangkir kopi setiap hari menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah pada orang tua yang sudah menderita hipertensi, tetapi tidak pada mereka yang memiliki tekanan darah normal.

Itulah 7 kebiasaan yang ternyata bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi. Hindarilah beberapa kebiasaan tersebut dan mulailah hidup sehat dari sekarang.

Baca Juga: 11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obat

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya