Comscore Tracker

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauh

Tetap fit setelah sampai di tempat tujuan!

Penerbangan jarak jauh sering dilakukan untuk bepergian ke luar negeri seperti Asia, Eropa, dan juga Amerika. Biasanya, penerbangan jarak jauh dapat ditempuh dalam 8 jam sampai satu hari. Itu lama banget lho, apalagi kalau harus terbatas berada di posisi yang sama.

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhgiphy.com

Perjalanan yang cukup lama tersebut kadang bisa membuat tubuh kamu drop dan tidak bisa menjalankan aktivitas di tempat tujuan. Oleh karena itu, ada beberapa tip agar kondisi tubuh tetap terjaga ketika melakukan long-haul flight. Simak terus ya!

1. Istirahat yang cukup satu hari sebelum penerbangan

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak JauhPexels.com/Pixabay

Kondisi tubuh harus dipersiapkan sebaik mungkin. Usahakan minimal satu hari sebelum penerbangan kamu meminta izin cuti atau libur untuk mempersiapkan tubuh. Ingat, kamu akan berada di dalam ruangan kecil dan duduk selama hampir belasan jam. Jadi, jangan sampai kamu kalah sebelum berperang.

2. Gunakan masker

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhabcnews.com

Masker bisa lindungi kamu dari berbagai bakteri dan virus yang dapat menular dengan berbagai cara. Meskipun tidak dapat mencegah virus melalui udara langsung, Dr. David Carrington dari University of London mengatakan masker dapat menurunkan risiko tertular virus melalui "percikan" dari bersin atau batuk dan memberikan perlindungan terhadap transmisi tangan ke mulut, dilansir dari BBC.

3. Siapkan selalu hand sanitizer

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhaliexpress.com

Cuci tangan kamu sesering mungkin selama penerbangan, karena tidak ada yang tahu kapan kamu telah mengumpulkan "penyakit" di tangan kamu. Bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer setidaknya sekali setelah kamu kembali dari kamar mandi. Gunakan juga sehabis memegang sesuatu pada pesawat seperti sabuk pengaman atau tray table.

Dilansir dari millionmilesecrets.com, CDC merekomendasikan pembersih tangan yang mengandung alkohol setidaknya 60 persen. Periksa bagian belakang botol dan cek komposisi hand sanitizer kamu untuk memastikannya telah memenuhi syarat.

4. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhsmartertravel.com

Hindari meletakkan tangan di wajah atau menggosok mata. Jika kamu memang terpaksa maka ingatlah untuk menggunakan pembersih tangan tepat sebelum kamu melakukannya. Salah satu guna masker juga berfungsi mencegah tanganmu menularkan kuman pada area mulut dan hidung.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!

5. Perhatikan asupan nutrisi

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhinstagram.com/rius.vernandes

Selama perjalanan, kamu harus memerhatikan asupan nutrisi dalam tubuh kamu. Hindari makanan besar dan berat yang akan membuat kamu merasa kembung dan tidak nyaman nanti di kursi. Dikutip dari realbuzz.com, cobalah konsumsi makanan ringan dan rendah lemak yang mengandung protein serta karbohidrat kompleks.

6. Tetap terhidrasi

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhonetravel.com

Setelah berada di atas, aturan nomor 1 adalah untuk tetap terhidrasi. Kabin pesawat bisa sangat kering dengan tingkat kelembapan di bawah 20 persen, kira-kira setara dengan gurun tropis.

Dilansir dari airtravelgenius.com, dehidrasi menyebabkan selaput lendir kamu mengering yang efeknya akan membuat kamu lebih rentan terhadap bakteri dan virus. Siapkanlah air mineral sendiri sebanyak satu sampai dua botol. Jika kurang, kamu dapat memesannya lagi.

7. Manfaatkan waktu dengan tidur

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhgreatist.com

Istirahat adalah hal yang sangat diperlukan untuk memulihkan kembali energi dalam tubuh. Agar tidak kelelahan ketika tiba di bandara tujuan, manfaatkanlah waktu untuk tidur dan beristirahat.

Kurangi mengonsumsi kafein karena bisa membuat kamu sulit tidur. Siapkan juga bantal leher agar leher tidak sakit.

8. Jangan lupa "bergerak"

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhhealthseed.sg

Tidur memang penting, namun jangan sampai kamu terlalu nyaman di kursi kamu hingga lupa bergerak. Badan kamu bisa kaku jika kurang gerak. Kuncinya adalah seaktif mungkin.

Kamu harus mencoba untuk bangkit dan berjalan-jalan, idealnya adalah setiap 10 menit, dikutip dari realbuzz.com. Namun, kamu juga dapat melakukan beberapa latihan di kursi untuk meregangkan otot.

8 Tip Simpel Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Penerbangan Jarak Jauhgiphy.com

Jadi, itulah beberapa tip agar perjalanan jarak jauh kamu menjadi menyenangkan karena kondisi tubuh yang tetap prima. Jangan lupa untuk beristirahat ketika sampai di tempat tujuan karena kamu harus memulihkan kembali seluruh energi yang hilang selama penerbangan. Safe flight and take care!

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah untuk Sehari-hari

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya