Comscore Tracker

5 Cara Mudah Tingkatkan Energi Mental, Jangan Sampai Turun

Sesimpel minum teh dan kopi bisa membantu, lo!

Energi mental bisa diartikan sebagai kemampuan yang melibatkan pekerjaan kognitif. Dengan kata lain, hal apa pun yang mengharuskan kamu untuk berpikir. Beberapa ahli mendeskripsikan energi mental sebagai keadaan saat kamu merasa produktif, termotivasi, dan siap untuk menyelesaikan sesuatu. 

Jika kamu merasa tidak semangat, sulit untuk fokus, dan tidak bisa berpikir secara jernih, bisa jadi energi mentalmu sedang dalam keadaan rendah. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan energi mentalmu. 

1. Segarkan tubuh dengan makanan bernutrisi

5 Cara Mudah Tingkatkan Energi Mental, Jangan Sampai Turunilustrasi makanan bernutrisi (unsplash.com/Brooke Lark)

Otak mendapatkan energi dari makanan yang kamu makan. Itu sebabnya jika otak tidak mendapatkan nutrisi yang mencukupi, hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik. Dilansir Healthline, beberapa makanan yang bisa menutrisi otak antara lain adalah:

  • Ikan-ikan berlemak seperti tuna, trout, dan salmon.
  • Kacang-kacangan, terutama kacang kenari.
  • Sayuran berdaun hijau tua, seperti kale, arugula, atau bayam.
  • Telur, yoghurt, dan keju.
  • Protein tanpa lemak seperti dada ayam, kalkun, dan produk daging kedelai.
  • Sereal gandum utuh dan roti.
  • Kiwi dan buah-buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan sejenisnya.

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan berikut ini sebagai makanan ringan:

  • Biji labu.
  • Cokelat hitam.
  • Buah beri.
  • Sayuran berwarna oranye, merah, dan hijau.
  • Pisang.

2. Minum kopi atau teh

5 Cara Mudah Tingkatkan Energi Mental, Jangan Sampai Turunilustrasi kopi (unsplash.com/Content Pixie)

Jika kamu memerlukan dorongan untuk membuat otakmu bekerja, dosis rendah kafein bisa menjadi solusi yang pas. Menurut penelitian dalam jurnal Neuroscience & Biobehavioral Reviews, sebanyak 40 hingga 300 miligram (mg) kafein bisa membantu meningkatkan kewaspadaan, fokus, dan waktu reaksi.

Perlu diingat bahwa kafein bisa mengganggu jam tidur jika diminum pada siang atau malam hari. Kamu juga perlu berhati-hati jika mempunyai penyakit bawaan tertentu sebelum mengonsumsi kafein.

3. Melakukan aktivitas fisik

5 Cara Mudah Tingkatkan Energi Mental, Jangan Sampai Turunilustrasi olahraga (unsplash.com/Alex McCarthy García)

Menurut American Psychological Association (APA), bukti konsisten telah menunjukkan bahwa berolahraga mempunyai dampak positif bagi pikiran dan tubuh. Selain meningkatkan kesehatan fisik, olahraga teratur dapat meningkatkan suasana hati, memori, proses berpikir, kesejahteraan mental dan emosional secara keseluruhan.

Selain itu, sebuah penelitian dalam jurnal Frontier in Psychology juga menunjukkan bahwa olahraga mempunyai manfaat jangka panjang untuk otak. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan materi abu-abu pada otak, plastisitas otak, serta mengurangi gangguan kognitif.

Baca Juga: Waspada Rematik pada Usia Muda, Jaga Kesehatan Tulangmu

4. Cari suasana atau pemandangan lain

5 Cara Mudah Tingkatkan Energi Mental, Jangan Sampai Turunilustrasi taman (unsplash.com/Mike Benna)

Jika kamu bekerja di depan layar komputer atau di tempat yang sama selama berjam-jam, hal tersebut bisa menguras energi mental dengan cukup signifikan. Saat kamu merasa lelah dan tidak fokus, sudah waktunya bagi kamu untuk beristirahat sejenak dan melihat hal lain selain ruang kantor atau tempat kerja.

Luangkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit (atau lebih jika memungkinkan) untuk berpindah lokasi. Kunjungi tempat yang bisa menenangkan dan memulihkan energimu. Contohnya seperti taman, kebun, danau, pantai, dan ruang terbuka lainnya.

5. Tidur yang cukup

5 Cara Mudah Tingkatkan Energi Mental, Jangan Sampai Turunilustrasi tidur (unsplash.com/Shane)

Ini adalah hal kecil yang kerap diabaikan oleh banyak orang. Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Walaupun kebutuhan jam tidur akan berbeda untuk setiap individu, kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malamnya.

Jumlah jam tidur yang tepat akan memberikan waktu yang dibutuhkan otak untuk menyimpan informasi, membuang "sampah" pikiran, dan melakukan proses penting lainnya. Energi mental bisa turun dengan cepat jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup. 

Yuk, cegah turunnya energi mental dengan pola makan dan hidup sehat. Jika kamu merasa lelah secara mental dalam waktu yang berkelanjutan, jangan ragu untuk menghubungi psikolog atau terapis untuk mendapatkan bantuan profesional.

Baca Juga: 5 Fakta Optimisme Bisa Bikin Panjang Umur, Jangan Jadi Pesimis ya!

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya