Comscore Tracker

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flu

Nonton humor salah satunya!

Duh, virus flu makin menyerang di mana-mana, ya! Ditambah dengan guyuran hujan, perubahan cuaca ekstrem, dan pola makan dan istirahat yang masih cukup berantakan, ancaman terserang flu pun jadi semakin besar.

Menurut Mayo Clinic, biasanya gejala flu mulai tampak sekitar dua hari setelah kamu terserang. Pada fase ini, kamu biasanya akan mengalami demam, nyeri pada tubuh, pusing, hidung yang berair alias ingusan, dan sebagainya. Kalau sudah begini, selagi suhu tubuhmu tidak lebih dari 39 derajat celsius, kamu bisa melakukan delapan hal berikut di rumah untuk mempercepat pemulihan.

1. Perbanyak tidur

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flumyweekly.co.uk

Kurangnya istirahat adalah pemicu utama terserang flu. Jadi bila sebelumnya kamu terlalu sibuk dengan tugas sekolah, kuliah, atau kantor, kini saatnya untuk menebus. Meski boleh jadi agak susah lantaran hidung yang tersumbat, pastikan saja kamu tetap mencoba untuk tidur sebanyak mungkin untuk mempercepat proses penyembuhan.

2. Mandi air hangat

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flubustle.com

Percaya deh, walau rasa enggan sudah lebih dulu menahanmu untuk tidak bergerak menuju kamar mandi, membasuh diri di bawah guyuran air akan membuatmu terasa jauh lebih baik. Agar lebih nikmat, gunakan air hangat untuk membantu memecah dan melonggarkan sinus serta hidung yang mampat.

3. Tetap terhidrasi

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flurd.com

Kerongkongan sakit untuk menelan sehingga membuatmu malas untuk mengonsumsi apa pun? Jangan dimanja! Paling tidak, pastikan kamu tetap mengonsumsi air mineral dengan cukup.

Menurut Health, tetap terhidrasi saat kamu sakit sangatlah penting lantaran ada banyak cairan yang keluar dari tubuhmu. Di samping itu, kurangnya konsumsi cairan juga bisa menurunkan kemampuan tubuhmu melawan infeksi.

4. Minum teh hangat

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Fluunsplash.com

Sejak dulu, teh panas selalu dipercaya dapat membantu mengobati flu karena melonggarkan dan meredakan nyeri tenggorokan. The New York Times pun melaporkan bahwa ada penelitian yang mengonfirmasi bila minuman yang panas benar-benar dapat membantu mengobati gejala flu dan pilek.

Baca Juga: 6 Cara Tetap Sehat di Sekitar Lingkungan yang Sudah Terserang Flu

5. Menggunakan madu dan lemon untuk meredakan nyeri kerongkongan

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flulifehack.org

Selain teh, konsumsi madu dan lemon hangat juga bisa meredakan nyeri pada kerongkongan yang sangat mengganggu. Madu berfungsi untuk meredakan kerongkongan yang sakit berikut mempunyai kandungan antibakteri dan antimikroba. Sementara itu, lemon kaya akan kandungan vitamin C. Kombinasi ini tentu akan lebih pas bila dicampur dengan air hangat.

6. Berpakaian senyaman mungkin

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flurd.com

Kalau kamu punya tumpukan sweter, hoodie, dan syal tetapi jarang mengenakannya, ini saatnya! Buat dirimu merasa senyaman dan sehangat mungkin dengan baju-baju hangat yang kamu punyai. Menurut Medical Daily, tubuh yang senantiasa dalam keadaan hangat dapat membantu membunuh virus lebih cepat.

7. Mellihat acara yang lucu

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flumichaeldpollock

Eits, beneran, lho! Sebuah tinjauan yang dipublikasikan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa humor dapat memengaruhi sistem imun tubuh! Untuk itu, dibandingkan jadi semakin ingusan lantara menonton drama, pilih acara favoritmu yang membuat tertawa ngakak di televisi, Youtube, maupun platform lainnya, ya!

8. Memasang aromaterapi

Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Fluessentialoilsanctuary.com

Arometarapi dengan diffuser memberikan efek yang lebih lembap dibandingkan pewangi ruangan biasa yang justru cenderung menyengat di hidung. Kamu bisa memilih aromaterapi yang menggunakan bahan-bahan antibakteri atau antivirus. Beberapa variasi yang bisa kamu pilih antara lain tea treepeppermint, lavender, kayu putih, dan cengkeh.

Selagi tidak parah, kamu sebenarnya bisa kok menghadapi flu tanpa obat-obatan. Paling tidak, delapan cara mudah di atas dapat kamu lakukan untuk membuat waktu beristirahatmu jadi lebih maksimal. Semoga membantu!

Baca Juga: 6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Orang

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya