Comscore Tracker

6 Jenis Teh Ini Ampuh Membuat Kulit Menjadi Cerah dan Berseri

Yuk, ngeteh!

Teh memang dikenal sebagai minuman yang bisa menenangkan ketika sakit, rileks, atau memberi energi jika kamu bukan peminum kopi. Namun, jangan salah dan meremehkan manfaat dari teh, karena banyak varietas teh yang ternyata dapat membantu mendapatkan kulit bercahaya, lho.

Teh kaya akan antioksidan untuk meningkatkan metabolisme, tetapi juga bagus untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Penasaran varietas teh apa saja yang baik untuk kulit? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Anti-penuaan: teh rooibos

6 Jenis Teh Ini Ampuh Membuat Kulit Menjadi Cerah dan Bersericupandleaf.com

Retinol atau rooibos adalah minuman anti-penuaan yang ampuh. Rooibos tinggi kadar antioksidan, seng, dan asam alfa-hidroksi yang memberikan kemampuan untuk mencegah dan mengembalikan kehilangan lemak di bawah kulit.

Rooibos termasuk gudang antioksidan termasuk nothofagin, aspalathin, dan superoxide dismutase, yang semuanya adalah enzim yang memberikan perlindungan efektif terhadap radikal bebas yang berbahaya atau menyebabkan kerusakan kulit.

2. Peremajaan: teh putih

6 Jenis Teh Ini Ampuh Membuat Kulit Menjadi Cerah dan Berserithespruceeats.com

Teh putih pada dasarnya adalah teh yang paling murni. Secara umum, teh putih dianggap lebih langka daripada teh lain karena diambil dari daun termuda. Karena kemurnian tersebut, teh putih mengandung antioksidan tingkat tertinggi dari semua teh.

Hal ini membuat teh putih memiliki kekuatan peremajaan kulit yang kuat. Teh putih dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit dan mencegah kerusakan kolagen dan elastin.

3. Mengurangi peradangan: teh hijau

6 Jenis Teh Ini Ampuh Membuat Kulit Menjadi Cerah dan Berseriarchanaskitchen.com

Meskipun teh hijau berasal dari tanaman yang sama dengan teh putih, teh ini memiliki perbedaan nuansa yang membedakan kulit seseorang dengan cara lain. Teh hijau mengurangi peradangan, mempertahankan sel-sel kulit yang sehat, dan dapat membantu melindungi secara internal terhadap kerusakan akibat sinar matahari yang disebabkan oleh radiasi UV.

Hal itu karena kehadiran ECGC yang tinggi, yakni antioksidan yang sangat kuat yang dikenal untuk mengaktifkan kembali sel-sel kulit yang sekarat.

Baca Juga: 10 Teh dari Buah Khas Korea Selatan Ini Segar dan Menyehatkan

4. Jerawat hormonal: teh spearmint

6 Jenis Teh Ini Ampuh Membuat Kulit Menjadi Cerah dan Berserird.com

Jika seseorang cenderung mendapatkan jerawat hormonal, maka dengan mengonsumsi teh mint secara rutin akan memberikan efek yang baik. Spearmint memiliki efek anti-androgenik yang dapat membantu meningkatkan ketidakseimbangan hormon dan mencegah produksi sebum berlebih pada kulit.

Teh ini juga mengandung asam fenolik dan flavonoid, yakni dua bentuk antioksidan yang membantu mencegah kerusakan oksidatif atau melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan jerawat.

5. Menghilangkan stres: teh chamomile

6 Jenis Teh Ini Ampuh Membuat Kulit Menjadi Cerah dan Berserihealthline.com

Chamomile mengandung bahan aktif termasuk flavonoid anti-inflamasi dan kumarin yang membantu mencegah dan mengurangi lesi jerawat inflamasi. Chamomile sangat ideal untuk merangsang perasaan tenang yang sangat penting untuk memungkinkan kulit sembuh secara alami.

6. Membuat kulit bercahaya: teh hibiscus

6 Jenis Teh Ini Ampuh Membuat Kulit Menjadi Cerah dan Berserimedicalnewstoday.com

Teh bunga merah yang indah kaya akan vitamin yang dapat membantu mencerahkan kulit. Hibiscus sangat tinggi vitamin C, dan sumber vitamin A, B1, B2, seng, dan zat besi yang baik. Hibiscus memiliki asam alfa hidroksi alami dan asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Itulah beberapa varietas teh yang cocok untuk membuat kulit menjadi sehat, cerah, dan berseri. Yuk, konsumsi secara rutin sesuai kebutuhan kulit!

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You