Comscore Tracker

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!

Banyak yang baru tahu ya?

Kesehatan adalah hal yang paling utama bagi kehidupan manusia. Karena itu para peneliti tak hentinya mengkaji bidang tersebut untuk meningkatkan kualitas temuan yang pernah ada sebelumnya.

Beberapa riset yang dilakukan para ahli tak jauh berbeda dengan temuan kesehatan yang sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi mereka menemukan beberapa fakta baru yang sedikit mengejutkan. Bertolak belakang dengan fakta kesehatan yang pernah kamu dengar sebelumnya, berikut 10 fakta kesehatan yang mungkin akan mengejutkanmu.

1. Minum kopi dapat mencegah depresi

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!unsplash.com/rawpixel

Kita telah mendengar banyak tentang efek negatif kafein bagi kesehatan, tetapi ternyata kafein juga memiliki kelebihan. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa wanita yang minum minimal empat cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko depresi sebesar 20 persen.

2. Mengunyah permen karet membuat anda lebih waspada

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!foodandwine.com

Jika kamu merasa kelelahan di sore hari atau tak bisa berkonsentrasi di pagi hari, cobalah mengunyah permen karet. Peneliti dari Coventry University menemukan bahwa permen karet beraroma mint dapat mengurangi rasa lelah. Studi lain menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat menghilangkan stres dan mengurangi tingkat kecemasan.

3. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian hingga hampir 50 persen

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!thedoctorweighsin.com

Waspadalah bagi para pekerja kantor. Karena penelitian dari University of Sydney menemukan fakta bahwa pekerja kantor yang duduk lebih dari 10 jam sehari di meja kerja memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 48 persen, dibandingkan dengan orang yang duduk kurang dari empat jam sehari.

Untuk mengatasi resiko ini, cobalah untuk memberi jeda lima menit setiap jam dan pastikan kamu beristirahat secara teratur. Perubahan sederhana seperti lebih sering naik tangga daripada naik lift juga akan membuat perbedaan positif bagi kesehatan.

4. Mesin ATM dan toilet umum sama kotornya

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!pinterest.com/heritagesmrd

Menarik uang dari mesin ATM adalah sesuatu yang mungkin kita lakukan secara teratur, tetapi berapa banyak dari kita yang mencuci tangan setelah menggunakannya? Tes kebersihan yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mesin ATM kotor seperti toilet.

Spesialis menyelidiki penyeka yang diambil dari keyboard mesin kas dan dari toilet umum di dekatnya. Mereka menemukan kedua sampel memiliki bakteri yang sama yang dapat menyebabkan penyakit.

5. Jika kamu seorang yang optimis, maka kamu akan hidup lebih lama

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!onepixel.com

Menurut sebuah studi dari Duke University Medical Center, pasien jantung yang lebih optimis tentang perawatan mereka sebenarnya hidup lebih lama daripada mereka yang lebih pesimis dalam pola pikir mereka. Juga, menurut temuan penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal, orang yang optimis memiliki lebih sedikit peluang menderita penyakit jantung.

Baca Juga: Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayah

6. Menghirup aroma apel dapat mencegah claustrophobia

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!sciencedaily.com

Tampaknya mencium apel hijau akan menghilangkan stres yang terkait dengan ruang terbatas, menurut penelitian dari Smell and Taste Treatment and Research Foundation. Mengendus apel hijau juga dapat mencegah sakit kepala dan migrain. Bahkan beberapa pemilik rumah menggunakan aroma apel untuk membuat rumah mereka lebih nyaman bagi calon pembeli.

7. Jika kamu lelah, maka berolahragalah

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!justincobbacademy.com

Setelah seharian bekerja, pergi ke gym mungkin adalah hal terakhir dalam daftar prioritas kita. Tetapi penelitian yang dilakukan oleh Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa berolahraga sebenarnya memberi kamu lebih banyak energi. Karena olahraga akan meningkatkan kesehatan jantung yang berarti dapat memacu lebih banyak darah dan oksigen mengalir ke seluruh tubuh, sehingga memberi kamu lebih banyak energi.

8. Sit-up tidak akan membuat perut kamu rata

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!paulrosept.com

Banyak orang yang jatuh dalam perangkap fikiran mereka sendiri bahwa mereka dapat mendapatkan perut yang rata dengan melakukan sit-up. Tetapi kenyataannya adalah, jumlah krisis yang tak berkesudahan tidak akan memberikan anda hal itu, karena latihan ini hanya melatih otot perut, bukan otot inti kamu. Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan melakukan latihan perut selama enam minggu saja tidak cukup untuk mengurangi lemak perut.

9. Menulis dapat membantu daya ingatmu

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!thoughtco.com

Penelitian dari Indiana University menemukan bahwa untuk mengingat sesuatu, kita harus menulis dengan tangan daripada mengetiknya. Menulis dapat meningkatkan daya ingat kita karena mencatat dengan tangan membutuhkan proses kognitif yang berbeda dari mengetik.

Misalnya, jika dalam kuliah kita menulis catatan, maka kita harus mendengarkan dengan cermat apa yang dikatakan pembicara, karena tidak mungkin menuliskan setiap kata. Karena itu, melalui proses ini, kita mendengarkan, mencerna, sekaligus meringkas informasi secara lebih efektif, daripada seseorang yang hanya mengetik di laptop.

10. Agar lebih dingin, minumlah sesuatu yang panas

10 Fakta Soal Kesehatan Ini Menakjubkan Sekaligus Mengejutkan Netizen!verywellfit.com

Mungkin terdengar kontraproduktif, tetapi jika merasa gerah, maka minumlah sesuatu yang panas. Menurut sebuah studi yang dilakukan University of Ottawa’s school of Human Kinetics, minuman yang lebih panas daripada suhu tubuh akan memicu lebih banyak keringat di tubuh. Jadi meskipun awalnya mungkin membuat kita merasa lebih panas, minuman panas akan menyebabkan kita lebih banyak berkeringat dan karenanya tubuh secara efektif lebih cepat mendinginkan dirinya.

Nah, beberapa fakta baru tentang kesehatan di atas tak pernah kita kira sebelumnya kan? Yang mana yang paling membuatmu terkejut?

Baca Juga: 8 Masalah Kesehatan Ini Buat Kamu Harus Hati-hati Gunakan Lensa Kontak

Ugie Milner Photo Verified Writer Ugie Milner

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya