Comscore Tracker

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayah

Yuk, mulai dari sekarang

Mungkin banyak pria yang rajin olahraga sekadar untuk membentuk otot dan postur tubuh yang menarik. Gak hanya memuaskan diri, pria pun melakukan olahraga untuk memikat hati pasangannya. Namun, ternyata manfaat olahraga gak sedangkal itu lho.

Olahraga juga terbukti meningkatkan kualitas kesehatan dari keturunannya. Siapa yang gak ingin keturunannya lahir dengan sehat dan utuh? Untuk itu, para pria yang bakal jadi calon ayah, yuk simak faktanya berikut ini.

1. Rajin berolahraga meningkatkan peluang untuk mendapatkan keturunan

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayahunsplash.com/Irina Murza

Dilansir dari Diabetes Journals, pria yang rajin berolahraga punya peluang lebih besar untuk mendapatkan keturunan sehat. Selain itu, keturunan mereka pun juga lebih terhindar dari masalah kesehatan. Itu karena olahraga memengaruhi kesuburan pria.

2. Di lain sisi, pria yang gak aktif berolahraga dan punya pola makan gak teratur cenderung memiliki keturunan dengan kadar lemak tubuh tinggi serta berpotensi diabetes

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayahsquarespace.com

Penelitian tersebut mencoba menguji dua kelompok tikus jantan. Satu kelompok sering diberi makan makanan tinggi lemak, namun gak teratur. Sementara itu, kelompok dua dirangsang untuk terus aktif.

Hasilnya. Tikus dengan pola makan yang gak teratur cenderung punya keturunan yang memiliki kadar lemak tinggi dan berpotensi diabetes. Sementara itu, kelompok tikus yang aktif memiliki keturunan yang sehat dan punya risiko lebih kecil untuk terserang penyakit.

3. Ternyata, olahraga memiliki efek positif dan nyata untuk tubuh secara keseluruhan

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayahpixabay.com/Free-Photos

Menurut Kristin Stanford, seorang asisten dosen fisiologi dan biologi sel di Ohio State University Wexner Medical Center menyampaikan bahwa semakin rajin berolahraga, semakin baik pula kualitas gen dan sperma seorang pria. Kelak, ini akan diwariskan kepada anak-anaknya sehingga menurunkan risiko penyakit menyerang, seperti obesitas dan diabetes.

Baca Juga: Ruam Kulit Setelah Olahraga? Mungkin Kamu Kena Cholinergic Urticaria

4. Terbukti bahwa gak hanya ibu, namun ayah pun turut andil dalam menentukan kondisi anaknya kelak

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayahallthingshair.com

Mungkin selama ini kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya adalah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Namun, ternyata kesehatan suami pun perlu dipikirkan. Salah satu contohnya, saat kamu melihat anak yang obesitas, kamu bisa lihat bisa jadi itu diturunkan dari ayah atau ibunya.

5. Olahraga pun punya segudang manfaat dan membuat kehidupan keluarga lebih harmonis

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga AyahPexels/Pixabay

Olahraga punya segudang manfaat. Selain untuk mencegah penyakit datang, olahraga juga efektif untuk memperbaiki suasana hati. Secara gak langsung, itu akan membuat suami-istri tetap rukun dan harmonis.

6. Olahraga secara teratur pun punya manfaat untuk membuat hubungan intim antara suami-istri lebih baik

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayahunsplash.com/Toa Heftiba

Dilansir dari Mayo Clinic, itu karena pria yang rajin olahraga punya risiko lebih kecil untuk mengalami disfungsi ereksi.

7. Olahraga juga baik untuk membuat tidur lebih nyenyak, berat badan ideal dan mengurangi risiko terserang penyakit kronis

Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayahpublicbroadcasting.net

Olahraga teratur dan berkesinambungan akan membentuk tulang lebih kuat, menurunkan risiko darah tinggi, melancarkan peredaran darah dan lain-lain.

Mempersiapkan keturunan yang sehat sudah jadi tanggung jawab pria sejak dini. Meskipun saat ini kamu belum menikah, gak ada salahnya mempersiapkan diri lho. Toh, olahraga sudah jadi kebutuhan penting untuk menjalani aktivitasmu sehari-hari.

Baca Juga: Jangan Lupa 8 Persiapan Wajib Sebelum Olahraga yang Sering Diabaikan

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You