Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

#RamadanMasaKini Karena, haus itu bikin lemas banget kan?

Mudah haus kala berpuasa adalah hal lumrah bagi yang mengerjakannya. Sejak terbit fajar hingga matahari terbenam kita mengosongkan isi perut dari air dan makanan. Tentu, kekeringan akan melanda tenggorokan hingga kulit.

Rasa haus juga berpengaruh pada stamina dan stok tenaga yang tersedia. Itu sebabnya kala puasa kita jadi lebih mudah lesu, lelah dan lunglai. 

Nah, bagaimana caranya agar kita tidak mudah haus dan tetap semangat berpuasa? Yuk, simak tips berikut ini!

1. Mandi lebih dari dua kali sehari

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasaunsplash/SweetIceCream

Rasa haus identik dengan kekurangan kadar air dalam tubuh. Jadi, kamu bisa mengatasinya sedikit dengan cara mandi lebih dari dua kali dalam sehari. Mandi sesering mungkin tidak membuat puasamu batal karena air tersebut tidak melalui rongga mulut dan membuat kenyang. Jadi, tidak masalah kalau kamu mengguyur air ke tubuh lebih sering sehingga kulit tidak kekeringan. 

2. Cuci muka

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasaunsplash/AlexGuillaume

Kalau kamu malas mandi, cukuplah dengan mencuci muka atau membasuh tangan dan kaki sesering mungkin. Rasa kering sangat terasa kala berpuasa. Maka, sudah selayaknya kulitmu mendapat asupan air yang cukup agar tidak merasa lemas. 

Baca Juga: 15 Istilah Penting di Bulan Ramadan dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

3. Minum air hangat saat sahur

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasaunsplash/JoannaKosinska

Nah, biasakanlah untuk minum air hangat usai makan sahur. Kamu bisa memilih air putih, teh, susu dan sebagainya.

Air dingin sekilas memang tampak menyegarkan karena sensasi dinginnya. Namun, dampaknya hanya pada saat itu saja. Sedangkan air hangat berdampak hingga melunturkan lemak yang melalui saluran pencernaan. Lemak-lemak tersebut yang terkadang bikin kita mudah haus di siang hari. 

4. Perbanyak minum air putih secara berkala sejak buka puasa

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasaunsplash/JohnnyMcclung

Selain air hangat usai makan sahur, kamu juga bisa menerapkan minum air putih sebanyak mungkin sejak berbuka puasa. Bukan berarti kamu harus meminum air sebanyak mungkin dalam sekali teguk, ya. Lakukan saja secara berkala.

Minumlah sedikit air putih sebelum dan sesudah makan, salat, kala bersantai dan sebelum tidur hingga sebelum dan sesudah makan sahur. Meskipun dampaknya akan sering buang air kecil, setidaknya kapasitas air dalam tubuhmu tidak kurang. 

5. Konsumsi kurma dan sumber energi lainnya

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasaunsplash/MonaMok

Kurma sangat baik untuk tubuh kita. Kandungan gulanya cukup untuk membuat kita bertenaga saat berpuasa. Selain kurma, kamu juga bisa mengonsumsi zat gula lain seperti air manis, buah, nasi dan sejenisnya. Asupan karbohidrat cukup sangat diperlukan sebagai energi di siang hari. Dengan demikian, rasa hausmu juga berkurang. 

Itulah trik-trik yang bisa kamu coba untuk menekan rasa haus selama berpuasa. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You