Comscore Tracker

Kenapa Kamu Merasa Lelah Setiap Saat?

Sering mengalaminya?

Apakah kamu merasa lelah setiap saat? Hari-hari yang kamu jalani terasa berat dan masalah sulit diselesaikan? Ada beragam penyebab kamu bisa lelah setiap saat. Pastikan setiap penyebab di bawah sudah kamu ketahui dan bisa ditangani. Yuk disimak!

1. Kurang tidur bikin kamu lelah dan malas

unsplash.com/Xavier Sotomayor

Kamu boleh sibuk, tapi jangan lupa untuk tidur dengan cukup. Tidurlah kurang lebih 7 jam sehari. Kurangnya tidur dapat menyebabkan kelelahan, kinerja memburuk, risiko kecelakaan meningkat, dan beragam masalah kesehatan. Masalah kesehatan mencakup tekanan darah tinggi, obesitas, stroke, serangan jantung, dan depresi.

Buat kamu yang kesulitan tidur usahakan untuk membuat jam tidur dan bangun yang teratur. Tidurlah di tempat yang tenang, gelap, dan dengan temperatur yang pas. Selain itu, jangan terlalu banyak tidur siang dan kafein. Kamu juga perlu menghindari rokok dan alkohol ya!  

2. Masalah diet karena kurangnya asupan makanan sehat

unsplash.com/Jasmin Schreiber

Jangan salah. Semua orang itu perlu diet, bukan hanya buat orang gemuk. Inti dari diet itu adalah menjaga tubuh tetap sehat. Diet yang buruk menyebabkan kamu mudah lelah. Makan makanan sehat akan membuatmu tetap bugar menghadapi dunia ini. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi makanan 5 sempurna, mencakup makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah, dan produk susu.

3. Gaya hidup yang buruk

unsplash.com/Bradley Wentzel

Rutinitas yang melelahkan jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan terus setelahnya. Itu hanya akan membuatmu merasa lelah berkepanjangan. Bangun dan bergeraklah. Lakukan aktivitas fisik yang menyehatkan. Kamu bisa mulai dengan jalan-jalan santai, kemudian olahraga yang lebih berat. Pastikan kamu gak hanya duduk-duduk seharian sambil nonton film ya.

4. Stres yang berlebihan juga bisa bikin kamu merasa lelah terus

unsplash.com/Verne Ho

 

Stres bisa datang dari mana pun, seperti masalah kerja, keluarga, hubungan percintaan, finansial, dan lain-lain. Untuk itu, cobalah untuk mengendalikan stresmu. Caranya dengan mencari tahu masalah utama yang membuatmu stres. Catat dalam buku harian atau jurnalmu. Jangan sungkan untuk membagi masalahmu kepada orang yang kamu percaya atau yang ahli di bidangnya. Jangan lupa gunakan waktumu untuk menenangkan pikiran dan beribadah.

5. Masalah kesehatan

unsplash.com/Marcelo Ieal

Meski kamu merasa sudah aman dari faktor-faktor di atas, kamu juga perlu perhatikan riwayat kesehatanmu. Ada banyak kondisi yang menyebabkan orang terus merasa lelah, seperti diabetes, anemia, gangguan khawatir, penyakit jantung, masalah tiroid, infeksi saluran kemih, intoleransi makanan, kehamilan, atau sindrom kelelahan kronis.

Gimana? Apakah kamu sudah tahu kenapa kamu lelah setiap saat? Kalau kamu merasa gak mampu menanganinya sendiri, jangan sungkan untuk konsultasi ke dokter ya! Salam sehat!

Line Ads

Topic:

  • Tania

Just For You

I Want More !