Comscore Tracker

5 Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Memandang Komputer Terlalu Lama

Cocok buat pekerja kantoran atau pelajar yang banyak tugas

Merasa pusing atau mual setelah memandang layar dengan lama? Kamu Sebagai pekerja kantoran atau siswa/mahasiswa dengan tugas yang luar biasa banyak, duduk dan memandang ke layar komputer untuk waktu yang lama bukanlah suatu hal yang bisa dihindari.

Namun tahukah kamu kalau aktivitas tersebut dapat menyebabkan mata lelah? Nah, coba deh lakukan aktivitas cara menyegarkan mata lelah agar matamu bisa kembali fokus!

1. Menutup mata dengan telapak tangan

5 Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Memandang Komputer Terlalu Lamalifehack.org

Menutup mata kamu dengan telapak tangan adalah cara yang bagus untuk mengendurkan otot-otot di sekitar mata Kamu sehingga bisa menghilangkan stres dan kelelahan. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah setiap 90 menit saat kamu sedang menatap layar komputer.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tutup mata kamu;
  2. Dengan kedua telapak tangan berada di mata dan jari-jari berada di dahi, tekan dengan lembut mata kamu;
  3. Lakukan ini sampai matamu rileks kembali.

2. Angka 8

5 Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Memandang Komputer Terlalu Lamalifehack.org

Aktivitas ini terlihat memusingkan pada awalnya, tapi percayalah ini merupakan aktivitas yang bagus jika dilakukan secara perlahan. Kamu akan merasa nyaman ketika sudah terbiasa.

Lakukan langkah berikut ini:

  1. Bayangkan angka 8 tidur yang besar di depan kamu;
  2. buat angka 8 itu dengan mata kamu;
  3. buat angka 8 itu satu arah selama satu menit, dan buat dengan arah sebaliknya di satu menit selanjutnya

Baca Juga: 6 Hal Penting tentang Kacamata Minus yang Ternyata Cuma Mitos

3. Berkedip

5 Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Memandang Komputer Terlalu Lamapexels.com

Pengguna komputer tanpa sadar berkedip lebih sedikit dari seharusnya saat mereka sedang fokus bekerja. Faktanya, berkedip menjaga matamu tetap segar dan tidak kering.

Berkedip membantumu untuk berfokus kembali kepada pekerjaan dan meningkatkan konsentrasimu, membuatmu lebih produktif. Jadi, saat kamu sedang mengerjakan suatu tugas yang membutuhkan konsentrasi penuh, ambil waktu beberapa kali untuk berkedip dengan sengaja agar kamu tetap fokus.

4.Melirik ke kanan dan kiri

5 Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Memandang Komputer Terlalu Lamapexels.com

Senam mata singkat ini dapat menyegarkan matamu yang kelelahan karena terlalu lama menatap layar komputer. Pertama-tama, luruskan pandanganmu ke depan, lalu ke sebelah kanan, kembali ke depan, lalu ke sebelah kiri. Lakukan ini sebanyak 10-20 kali, baru pejamkan matamu selama beberapa detik agar kamu merasa relaks dan kembali segar. 

5. Membuat masker mata

5 Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Memandang Komputer Terlalu Lamapexels.com

Berolahraga adalah cara sempurna untuk menenangkan matamu. Selain itu, kamu bisa merilekskan mata dengan memberinya masker. Cobalah masker untuk matamu.

Persiapkan ketiga bahan ini:

  • 1 sendok makan wortel parut
  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh lidah buaya

Campur semua bahan dalam mangkuk, oleskan campuran di sekitar dan di bawah mata Anda dan biarkan masker selama 15-30 menit. Bilas masker dengan air.

Selain aktivitas di atas, tentu masih ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata kamu dan agar mata kamu tidak mudah kelelahan. Salah satunya yaitu untuk mengurangi aktivitas menatap layar itu sendiri. Jika kamu merasa lelah karena terlalu lama duduk di kantor, tidak ada salahnya untuk bangun sejenak dan berjalan sekadar kembali menyegarkan tubuh dan pikiran. 

Baca Juga: Ayo Bangun Pagi! Ini Lho 10 Manfaat Sinar Matahari Buat Tubuhmu

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya