Comscore Tracker

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!

Gunakan dengan benar, ya...

Microwave jadi salah satu perangkat memasak andalan karena canggih dan praktis. Selain itu, kamu pun bisa menyajikan makanan dengan waktu yang relatif lebih singkat, baik untuk merebus, memanggang, hingga memanaskan.

Namun, mampukah microwave membunuh bakteri pada makanan dalam waktu singkat tersebut? Dilansir dari New York Times, berikut penjelasan selengkapnya!

1. Microwave bekerja dengan menggunakan gelombang mikro dalam tabung elektronik

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!geek.com

Saat dinyalakan, gelombang mikro ini akan menyebar dan memantul di dalam lempengan logam oven. Gelombang tersebut akan diserap oleh kandungan air dalam makanan dan menghasilkan getaran molekul air. Getaran molekul inilah yang berubah jadi panas.

2. Itu sebabnya tak sembarang wadah bisa digunakan untuk memanaskan makanan dalam microwave

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!harvard.edu

Untuk memasak makanan, kamu memerlukan wadah yang aman untuk microwave. Biasanya kamu bisa melihat simbolnya di bagian bawah wadah.

Tak sembarang wadah bisa digunakan dalam microwave. Hal itu bukan karena gelombang mikronya akan memanaskan wadah, tetapi wadah tersebut kena panas dari makanan.

3. Gelombang panas microwave memang bisa membunuh beberapa jenis bakteri, namun tak semuanya

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!safebee.com

Pada dasarnya, gelombang mikro panas bisa membunuh bakteri pada makanan. Namun, tak semuanya mati karena microwave hanya memanaskan makanan dari luar ke dalam, bukan sebaliknya.

Baca Juga: Jangan Pernah Makan Bagian “Bersih” di Roti Berjamur! Ini 10 Faktanya 

4. Bisa saja, gelombang mikro tak mencapai bagian tengah makanan sehingga jadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!instagram.com/rotinogat

Tiap makanan memiliki ketebalannya sendiri. Saat memanaskan makanan dengan microwave, kamu perlu mempertimbangkan ketebalan dan bentuk makanannya. Dengan begitu, kamu bisa tahu durasi dan tingkat panas yang perlu diatur.

5. Kasus keracunan makanan banyak terjadi karena hanya memanaskan makanan dalam microwave selama lima menit

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!deliberatelifewellness.com

Dilansir dari jurnal Epidemiological Infections, banyak kasus keracunan terjadi karena hanya memanaskan makanan dalam microwave selama lima menit.

6. Orang yang memanaskan makanan dengan microwave lebih rentan mengalami keracunan dibandingkan orang yang menggunakan oven biasa

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!wired.com

Untuk kamu yang menggunakan microwave, pastikan kamu tahu benar cara untuk memasak atau memanaskan makanan sampai ke dalam. Jika tidak, makanan tak akan matang dengan merata sampai ke dalam.

7. Perhatikan cara menggunakan microwave dengan benar

Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!journal.avers3.com

Untuk makanan kemasan, pastikan kamu mengikuti petunjuk penyajiannya dengan microwave di bagian belakang kemasan. Coba ubah posisi atau aduk makananmu untuk memastikan bahwa panasnya merata. Untuk lebih yakin, kamu bisa menggunakan termometer makanan dan pastikan makananmu mencapai suhu 60 derajat Celsius.

Dengan memperhatikan penggunaan microwave yang benar, kamu bisa mencegah bakteri jahat menjangkitimu. Pastikan juga makanan yang kamu olah tak kedaluwarsa, ya!

Baca Juga: Tas Daur Ulang Ternyata Rentan jadi Sarang Bakteri dan Bikin Keracunan

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You