Comscore Tracker

5 Fakta Fitosterol, Bentuk Lain Kolesterol Yang Justru Menyehatkan

Kamu perlu tahu tentang ini, nih

Kolesterol memang menjadi hal yang cukup menakutkan sebagai ancaman kesehatan. Jika ternyata keberadaannya berlebihan dalam tubuh maka kolesterol dapat mengakibatkan penyumbatan darah dan berhubungan erat dengan gangguan dan penyakit jantung. Hal ini tak hanya dialami orang yang telah lanjut usia, namun serangan kolesterol juga ternyata bisa menyerang manusia selagi muda.

Namun, ada satu hal yang menarik dari kolesterol ini, yaitu saudaranya, Fitosterol. Apa itu fitosterol dan apa pula fungsinya? Mari simak!

1. Memiliki bentuk yang mirip dengan kolestrol

5 Fakta Fitosterol, Bentuk Lain Kolesterol Yang Justru Menyehatkangetroman.com

Fitosterol merupakan steroida yang sangat mirip dengan kolesterol yang ada ditubuh kita. Hanya saja, fitosterol berasal dari sumber nabati berupa tanaman. Jika dilihat dari struktur kimianya, fitosterol dan kolesterol memiliki bentuk yang sama, hanya saja fitosterol mengandung gugus etil pada rantai cabangnya. Bahkan fitosterol terkadang juga disebut merupakan bentuk lain kolesterol karena memang keduanya memiliki bentuk yang serupa.

2. Kolesterol vs fitosterol

5 Fakta Fitosterol, Bentuk Lain Kolesterol Yang Justru Menyehatkanblog.bulletproof.com

Namun di balik kesamaannya, kolesterol dan fitosterol ternyata memiliki dampak yang berseberangan ketika terdapat dalam tubuh. Saat kita mengonsumsi fitosterol dari makanan, ternyata mampu menekan keberadaan kolesterol jahat dalam tubuh yang nantinya akan menyumbat peredaran darah dan menyebabkan berbagai penyakit lain seperti jantung. Jadi bisa dikatakan bahwa, keberadaan fitosterol dalam tubuh manusia akan menjadi salah satu sumber pengobatan kolesterol dengan cara yang paling aman. 

Baca Juga: 5 Khasiat Kranji si Buah Asam Anti Kolesterol, Coba Konsumsi Yuk!

3. Banyak terdapat pada sumber makanan sehari-hari

5 Fakta Fitosterol, Bentuk Lain Kolesterol Yang Justru Menyehatkanmedibank.com.au

Tak sulit mendapatkan fitosterol untuk dikonsumsi, karena secara alami kandungan fitosterol sudah terdapata pada beberapa jenis makanan seperti seperti kacang tanah, udang, cumi, kepiting, alpukat, bahkan hingga santan. Asal dikonsumsi dalam porsi cukup dan tidak berlebihan, kamu bisa mendapatkan manfaat fitosterol yang terkandung dalam berbagai jenis makanan di atas. 

4. Terbukti menyehatkan jantung

5 Fakta Fitosterol, Bentuk Lain Kolesterol Yang Justru Menyehatkannewsexperts.in

Karena funsi fitosterol mampu menekan kolesterol jahat, secara otomatis ia juga akan menjaga kesehatan jantung. Bahkan produk makanan yang mengandung fitosterol dizinkan mencantumkan kata "Menyehatkan jantung" pada kemasannya. Fitosterol juga dapat memperbaiki regulasi kolesterol darah pada tingkat normal. Mekanisme perlindungan jantung oleh fitosterol telah dimulai dari usus.

5. Tak menimbulkan efek samping jika dibanding obat kolestrol lainnya

5 Fakta Fitosterol, Bentuk Lain Kolesterol Yang Justru Menyehatkanthebriberyact.com

Jika dibanding pengobatan kimia, pengobatan kolesterol dengan fitosterol termasuk pada jenis atau pengobatan yang palin aman dan sedikit menimbulkan efek samping karena fitos teril dapat didapat dari bahan-bahan alami seperti makanan dan buah-buahan.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat fitosterol antara lain seperti diare. Jadi, tetap pastikan semua yang kamu konsumsi sesuai porsi dan tetap tidak berlebihan. 

Baca Juga: 5 Lalapan Ini Ampuh Halau Kolesterol, Cocok Dimakan Pakai Nasi

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You