Comscore Tracker

Dietmu Gak Akan Berhasil Kalau 6 Hal Ini Masih Suka Kamu Lakukan

Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang

Berat badan yang ideal merupakan keinginan setiap orang. Menurunkan berat badan bukanlah hal yang instan. Butuh usaha yang konsisten untuk bisa mencapainya. Ada kalanya seseorang sudah sangat berusaha untuk menurunkan berat badan namun jarum timbangan tidak juga bergeser ke kiri. Mungkin ada yang salah dari program dietnya. Berikut hal yang harus dihindari agar program diet berhasil.

1. Makan melebihi kebutuhan kalori

Dietmu Gak Akan Berhasil Kalau 6 Hal Ini Masih Suka Kamu Lakukanthriftymommaramblings.com

Setiap orang mempunyai kebutuhan energi yang berbeda. Orang yang bekerja di lapangan dengan yang bekerja duduk di depan komputer tentu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang melebihi kebutuhan bisa meningkatkan berat badan karena kelebihan kalori yang masuk akan disimpan dalam tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Rata-rata wanita membutuhkan 2000 kalori perhari dan pria 2500 kalori perhari. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori perhari. Dengan begitu berat badan akan turun 0,5-1 kg perminggu.

2. Ngemil gorengan dan junkfood

Dietmu Gak Akan Berhasil Kalau 6 Hal Ini Masih Suka Kamu Lakukanmedicalnewstoday.com

Kebanyakan makanan cepat saji atau junk food dan gorengan memiliki kandungan lemak yang berlebih. Hal itu bisa menyebabkan berat badan naik dengan cepat. Jika kamu ingin ngemil, sebaiknya makanlah buah-buahan.

3. Kurang minum

Dietmu Gak Akan Berhasil Kalau 6 Hal Ini Masih Suka Kamu Lakukanmedicalnewstoday.com

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda namun rata-rata adalah 2 liter untuk satu hari. Air minum membantu proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu air putih juga mengurangi rasa lapar atau craving. Saat merasa lapar cobalah untuk minum dulu, karena bisa jadi itu hanya rasa haus. Jadi jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air minum saat diet ya. Dan jangan minum air minum berenergi karena mengandung gula dan kalori yang akan semakin menumpuk dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Fakta Ilmiah Kenapa Makan Pelan Bikin Cepat Kenyang, Pas untuk Diet

4. Pola makan tidak teratur

Dietmu Gak Akan Berhasil Kalau 6 Hal Ini Masih Suka Kamu Lakukantelegraph.co.uk

Makan tidak teratur atau sering melewati waktu makan akan membuat semakin lapar. Rasa lapar yang berlebih tersebut akan membuat kita ingin makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya. Sehingga asupan kalori yang masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan.

5. Begadang

Dietmu Gak Akan Berhasil Kalau 6 Hal Ini Masih Suka Kamu Lakukanbrainblogger.com

Tidur dan istirahat sangat penting untuk tubuh. Jika kurang tidur maka tubuh akan merasa lelah dan tidak berenergi sehingga bisa menyebabkan rasa lapar yang bertambah besar. Selain itu kurang tidur juga mengakibatkan keluarnya hormon yang meningkatkan nafsu makan. Stres hormon juga akan keluar jika kurang tidur dan semakin memperburuk dietmu.

6. Stres

Dietmu Gak Akan Berhasil Kalau 6 Hal Ini Masih Suka Kamu LakukanLivescience.com

Saat stres tubuh mengeluarkan hormon bernama neuropeptide. Hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu nafsu makan seseorang bisa meningkat saat stres yang mengakibatkan pertambahan berat badan. Diet yang tidak kunjung berhasil juga bisa mengakibatkan stres sehingga menjadi lingkaran setan. Sebisa mungkin hindari stres ya.

Menurunkan berat badan itu bukan hal yang instan. Kamu harus konsisten dan sabar. Karena penurunan berat badan yang drastis justru menandakan diet yang tidak sehat. Cukup turunkan berat badan sebesar 0,5-1 kg dalam seminggu sampai berat badanmu normal.

Baca Juga: 7 Jenis Diet Populer di Dunia, Kamu Lebih Cocok yang Mana?

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya