Comscore Tracker

Film Seram Bikin Kamu Sehat? Ini Penjelasannya!

Berita bagus untuk pecinta film horror, nih!

Saat membaca judul ini, kamu mungkin bertanya-tanya, "Kok bisa?"

Akan tetapi, benar adanya, lo! Saat menonton film horor, mungkin tak terpikir olehmu efeknya sama seperti olahraga. Terbukti dari beberapa penelitian, penggemar film horor menikmati beragam manfaat kesehatan dari ketegangan yang mereka rasakan.

Nah, apa saja keuntungan medis yang mereka dapatkan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan medisnya!

1. Efektif membakar kalori

Film Seram Bikin Kamu Sehat? Ini Penjelasannya!ilustrasi menonton film horor (cbc.ca)

Kamu jarang ke pusat kebugaran namun suka menonton ulang film Insidious? Kamu beruntung! Sebuah penelitian dari University of Westminster, Inggris, tahun 2012 memaparkan bahwa menonton film horor yang biasanya berdurasi 90 menit dapat membakar kalori, sedikitnya 113 kkal. Jumlah tersebut setara dengan jalan kaki selama 30 menit.

Sebagai contoh, setelah menonton film The Shining karya Stephen King, para penonton kehilangan setidaknya 184 kkal.

Saat menonton film horor pastinya kamu mengantisipasi jumpscare. Antisipasi dan dag-dig-dug itu menciptakan dorongan adrenalin yang menjadi bahan bakar pembakaran kalorimu.

2. Terapi melawan rasa waswas

Film Seram Bikin Kamu Sehat? Ini Penjelasannya!ilustrasi menonton film horor (knowpathology.com.au)

Saat menonton film horor, bagian hipotalamus pada otak menciptakan reaksi lari-atau-lawan (fight-or-flight). Reaksi psikologi itu kemudian memicu adrenalin, glukosa, dan kortisol di sekujur badan kita.

Dilansir Castle Craig Hospital, saat penonton dengan rasa waswas menonton perlawanan sang protagonis melawan hantu atau monster, mereka merasa mendapat dorongan untuk mendapat keberanian yang sama. Mau contoh? Simak perlawanan Lorraine Warren melawan Valak dalam film The Conjuring 2. Langsung merasa berani, kan?

Selain itu, menonton film horor dapat menciptakan konsep dalam pikiran mereka bahwa bahaya dunia nyata lebih kecil daripada bahaya di film. Bandingkan rasa deg-degan saat mau menaiki roller coaster dan menonton film horor.

Walaupun tidak menjamin akan menghilangkan rasa waswasmu, film horor bisa menjadi salah satu sarana untuk menanggulanginya.

Baca Juga: Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenang

3. Meningkatkan sistem imun

Film Seram Bikin Kamu Sehat? Ini Penjelasannya!ilustrasi menonton film horor (zeenews.india.com)

Kamu takut jarum suntik? Jangan, dong! Imunisasi itu perlu. Akan tetapi, kamu harus tahu kalau film horor juga bisa membuatmu lebih jarang sakit. Kok, bisa? 

Sebuah penelitian dari Coventry University, Inggris, mengungkap bahwa aktivitas darah putih (leukosit) meningkat saat menyaksikan sesuatu yang menegangkan. Aktivitas darah putih biasanya meningkat saat melawan infeksi luka.

Dari 32 responden yang dites darahnya sebelum dan setelah menonton film horor berdurasi 80-an menit yang belum pernah mereka tonton sebelumnya (yaitu Texas Chainsaw Massacre, 1974), para peneliti menemukan peningkatan pada sirkulasi leukosit, konsentrasi hemoglobin, dan hematokrit sebagai respons tanggapan perasaan tegang tersebut.

4. Film horor menstimulasi DNA

Film Seram Bikin Kamu Sehat? Ini Penjelasannya!ilustrasi menonton film horor (womensday.com)

Tanpa kita sadari, sebagai manusia, kita menginginkan hal yang menegangkan. Life is never flat kalau kata orang. Mengungkap aspek psikologis pada leluhur kita, para peneliti di Aarhus University, Inggris, memaparkan bahwa adrenalin mereka makin tinggi saat memburu hewan untuk disantap. 

Film Seram Bikin Kamu Sehat? Ini Penjelasannya!ancient-origins.net

Oleh karena itu, mereka terus melatih reaksi mereka untuk sesuatu yang terduga. Hal itu terbawa hingga saat ini, saat kamu sedang menonton film horor dan mengantisipasi jumpscare.

Sebagai contoh, peneliti tersebut kemudian membandingkan ketakutan terhadap zombi dan vampir pada refleks saat menghindari terkaman singa dan menghindari bangkai hewan. Maka dari itu, manusia mengembangkan rasa takut saat melihat zombi yang membusuk dan vampir dengan taringnya.

5. Meningkatkan aktivitas pada otak

Film Seram Bikin Kamu Sehat? Ini Penjelasannya!ilustrasi menyaksikan tayangan horor (allure.com)

Terakhir, menonton film horor dapat meningkatkan aktivitas otak. Saat kamu menonton film horor lalu adegan jumpscare melintas, pasti tubuhmu akan mengalami kejutan kecil.

Peneliti dari Manhattan College, Amerika Serikat, mengatakan bahwa walaupun saraf motorik kita otomatis menjadi pasif saat menonton, jumpscare cukup kuat untuk mengaktifkan saraf motorik kembali. Sekali lagi, itu sudah ada dalam DNA kita untuk merespons rangsangan mengejutkan baru memprosesnya.

Begitulah, moviegoers, manfaat yang kamu dapatkan saat menonton film horror. Namun, ingat, pastikan jantungmu dalam keadaan sehat, ya!

Baca Juga: 7 Manfaat Positif Mendengarkan Musik untuk Kesehatan, Seberapa Sering?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R F
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya