Comscore Tracker

5 Penyebab Keracunan Makanan yang Harus Kamu Ketahui

Jangan sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman!

Keracunan makanan adalah jenis penyakit yang tidak boleh dianggap sepele. Berdasarkan data dari WHO (World Health Organization), 1 dari 10 orang di dunia mengalami keracunan akibat terinfeksi Campylobacter setiap tahunnya. Minuman atau makanan yang mentah atau kurang matang yang kita konsumsi biasanya mengandung jenis bakteri ini.

Dilansir Healthline, gejala yang dirasakan saat terkena keracunan makanan adalah mual, muntah, diare, demam, keram pada area perut, merasa lemah, hingga sakit kepala.

Keracunan makanan sudah pasti disebabkan oleh mikroba, seperti virus, bakteri, dan parasit. Namun, bagaimana makanan atau minuman yang kita konsumsi dapat mengandung mokroba penyebab keracunan makanan ini? Yuk, simak penjelasannya!

1. Makanan kurang matang

5 Penyebab Keracunan Makanan yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi daging (pexels.com/Mark Stebnicki)

Dilansir dari laman NHS, salah satu penyebab makanan dapat mengandung mikroba adalah akibat makanan yang dimasak kurang matang. Jenis makanan seperti daging, daging unggas, ikan, dan telur, dapat mengandung mikroba berbahaya jika tidak dimasak dengan tingkat kematangan yang baik.

Oleh karena itu, kita harus lebih teliti ketika memasak makanan-makanan tersebut sehingga mikroba penyebab keracunan makanan dapat mati secara sempurna.

2. Makanan atau minuman yang sudah kedaluwarsa

5 Penyebab Keracunan Makanan yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi kalender (pexels.com/pixabay)

Dilansir NHS, makanan atau minuman yang dikonsumsi setelah tanggal kedaluwarsa juga dapat menyebabkan keracunan makanan. Makanan atau minuman yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa sudah pasti tidak layak untuk dikonsumsi, bahkan jika minuman atau makanan tersebut masih tidak berbau dan secara tampilan masih bagus. Mengonsumsi makanan atau minuman kedaluwarsa sangat tidak aman dan tidak dianjurkan bagi siapa saja.

Baca Juga: Apa Iya Makanan Mentah Lebih Sehat Daripada Makanan Matang?

3. Makanan atau minuman yang tidak dibungkus atau tidak disegel dengan benar

5 Penyebab Keracunan Makanan yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi makanan disegel (pexels.com/Julia M Cameron)

Dilansir dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, keracunan makanan juga dapat diakibatkan karena makanan yang tidak dibungkus atau tidak disegel dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan mikroba dapat dengan mudah masuk kapan dan di mana saja ke dalam produk makanan.

Medium mikroba untuk mencapai ke dalam produk makanan adalah udara, sehingga mikroba akan masuk pada sela-sela area yang tidak dibungkus atau tidak disegel dengan benar. Akibatnya, makanan akan langsung terkontaminasi dengan mikroba.

4. Makanan atau minuman yang dikerjakan oleh orang sakit atau orang yang tidak mencuci tangan

5 Penyebab Keracunan Makanan yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi orang sakit mencuci tangan (pexels.com/Anna Shvets)

Dilansir NHS, ketika makanan atau minuman dalam proses produksinya dikerjakan oleh orang dalam keadaan sakit atau orang-orang yang tidak mencuci tangan, hal ini dapat menjadi penyebab terkontaminasinya makanan atau minuman oleh mikroba sehingga terjadi keracunan makanan.

Orang sakit bisa menyebarkan mikroba pada makanan atau minuman yang diproduksi ketika tidak menggunakan alat pelindung diri, seperti masker. Selain itu, sangat penting juga untuk mencuci tangan oleh siapa pun ketika hendak atau selesai melakukan hal-hal tertentu, khususnya ketika ingin memasak makanan. 

5. Makanan atau minuman yang ditinggalkan dalam waktu yang lama

5 Penyebab Keracunan Makanan yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi makanan (pexels.com/Rachel Claire)

Makanan atau minuman yang ditinggalkan begitu saja tanpa ditutup atau mungkin tidak disimpan dengan benar dapat menyebabkan makanan atau minuman tersebut terkontaminasi oleh mikroba dengan mudah. Dilansir Insider, mikroba seperti bakteri akan sangat mudah berkembang terutama ditempat dengan suhu antara 4,4 hingga 60 derajat celsius.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamankan makanan atau minuman dengan benar, seperti menyimpannya di dalam kulkas, dan sebaiknya ditutup, hal ini dilakukan guna menghindari mikroba lain di dalam kulkas yang dapat mengkontaminasi makanan atau minuman tersebut.

Baca Juga: Resep Ganjang Gejang, Kepiting Mentah Khas Korea Selatan yang Unik

Lia Dee Photo Verified Writer Lia Dee

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya