Comscore Tracker

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanita

Hingga saat ini, metode penyembuhannya masih belum ditemukan

Pernahkah kamu mendengar istilah penyakit autoimun? Jika biasanya penyakit disebabkan oleh faktor eksternal, autoimun menjangkit karena adanya kesalahan di dalam tubuh kita. Sistem imun atau kekebalan tubuh terlalu aktif dan tidak bisa membedakan mana sel penyakit dan sel yang sehat. Alhasil mereka mengeluarkan antibodi untuk menyerang sel sehat.

Hingga saat ini, penyebab autoimun masih belum diketahui. Namun penyakit ini lebih sering ditemukan pada wanita. Menurut penelitian yang diterbitkan PubMed Central tahun 2016, 80 persen penderita autoimun adalah wanita. Khususnya mereka yang telah melahirkan.

Terdapat lebih dari 80 jenis penyakit autoimun di dunia ini, bergantung pada organ yang diserangnya. Berikut ini tujuh di antaranya yang paling umum terjadi!

1. Diabetes tipe 1

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanitaamericannursetoday.com

Jenis diabetes yang satu ini disebabkan karena pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk tubuh. Kenapa? Dilansir dari Healthline, ini disebabkan oleh antibodi yang terus menyerang sel penghasil insulin di organ tersebut.

Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Dengan keabsenannya, glukosa pun menumpuk di dalam tubuh sehingga kadar gula darah meningkat.

2. Multiple sclerosis

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanitaclevelandclinic.org

Ketika sistem imun tubuh menyerang sel saraf pusat, itu artinya kita menderita multiple sclerosis. Ketika ini terjadi, penyaluran informasi antara otak dan tulang belakang pun semakin lambat. 

Multiple sclerosis akan mengakibatkan berbagai gejala. Di antaranya gangguan penglihatan, sakit di berbagai bagian tubuh, kejang otot, kemampuan koordinasi yang buruk, serta sulit berjalan. Pada umumnya, penyakit ini lebih rentan terjadi pada orang lanjut usia.

3. Psoriasis

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanitadermazentrumzuerich.ch

Penyakit autoimun yang satu ini menyerang sel kulit. Mereka menjadi jauh lebih aktif daripada biasanya sehingga pertumbuhan kulit pun tidak terkontrol. Akibatnya, sel-sel tambahan tersebut pun meradang dan membentuk sisik atau plak. 

Dilansir dari Mayo Clinic, gejala psoriasis meliputi rasa panas, terbakar, gatal, dan sakit pada kulit. Bahkan peradangan yang terjadi juga bisa menyebabkan kulit berdarah. Jika tidak ditangani dengan baik, sistem imun akan menyerang sendi menjadi psoriasis arthritis.

Baca Juga: 7 Gejala Penyakit Seliaka, Gangguan Autoimun yang Disebabkan Gluten

4. Systemic lupus erythematosus

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanitaqueenslandrs.com.au

Penyakit autoimun berikutnya adalah lupus atau lebih tepatnya systemic lupus erythematosus. Menurut laman Medical News Today, dulunya dokter mengira bahwa penyakit ini menyerang kulit, tapi nyatanya tidak.

Ternyata lupus menyerang berbagai organ tubuh. Termasuk sendi, ginjal, otak, dan jantung, organ yang sangat penting untuk kita. Gejala utama yang nampak adalah munculnya ruam merah keunguan di wajah dan sakit persendian.

5. Rheumatoid arthritis atau radang sendi

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanitamedicalnewstoday.com

Rheumatoid arthritis lebih sering dikenal dengan sebutan radang sendi. Dalam kasus ini, sistem imun membuat persendian membengkak dan terkena inflamasi. Tidak hanya itu, dilansir dari Facty, jika tidak ditangani penyakit ini akan menyebabkan kerusakan yang permanen. Gejala dari psoriasis meliputi rasa sakit, panas, dan kaku di area-area yang terdampak.

6. Inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanitathesibodoctor.com

Kondisi di mana antibodi menyerang dinding usus disebut sebagai inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus. Gejalanya meliputi diare yang tak kunjung berhenti, pendarahan, sakit perut, demam, hingga penurunan berat badan.

Pada dasarnya, terdapat dua macam radang usus, yaitu ulcerative colitis dan crohn’s disease. Ulcerative colitis menyerang dinding usus besar dan rektum. Sedangkan crohn’s disease adalah peradangan pada sistem pencernaan dari mulut hingga anus. 

7. Graves’ disease

7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum, Sering Menyerang Wanitamedscape.com

Graves’ disease adalah penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroid di leher kita. Kelenjar tersebut bertugas untuk memproduksi hormon dan mengatur sistem metabolisme. Ketika menderita penyakit ini, tiroid akan lebih aktif daripada biasanya. 

Terlalu banyak hormon tiroid dalam darah akan mengakibatkan berbagai hal. Dilansir dari Healthline, di antaranya adalah detak jantung meningkat, merasa gelisah, berat badan menurun, tubuh lemah, serta mata membengkak hingga terlihat menonjol.

Penyakit autoimun termasuk sulit untuk dicegah dan diobati. Hingga saat ini, berbagai pengobatan hanya bisa meredam gejala tanpa benar-benar menyembuhkannya. 

Jika kamu atau orang di sekitarmu menderita penyakit-penyakit di atas, konsultasi secara rutin dengan dokter dapat membantu. Selain itu, kamu juga perlu mendapatkan asupan gizi yang seimbang serta olahraga teratur. 

Baca Juga: Kenali Penyakit Autoimun: dari Sebab, Gejala, hingga Cara Mencegahnya

Topic:

  • Izza Namira
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya