Comscore Tracker

Manfaat dan Risiko Stem Cell, Benarkah Juara Anti-Aging? 

Kabarnya stem cell bisa membuat wajahmu tidak menua

Beberapa bulan terakhir, praktik stem cell atau sel punca mencuri perhatian masyarakat. Menurut kabar yang beredar, terapi ini bagus untuk kecantikan dan kesehatan pengguna. Pada umumnya, stem cell dimasukkan ke tubuh melalui transplantasi.

Namun sayang sekali, tren stem cell diikuti dengan banyaknya praktik bodong alias abal-abal. Polisi telah menemukan sejumlah klinik kecantikan palsu yang menawarkan terapi stem cell yang tak sesuai dengan aturan. Banyak orang yang terjebak karena keterbatasan informasi mengenai praktik kecantikan yang satu ini. 

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan stem cell? Manfaat apakah yang akan dibawanya untuk kecantikan dan apakah aman? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Apa yang dimaksud dengan stem cell?

Manfaat dan Risiko Stem Cell, Benarkah Juara Anti-Aging? khn.org

Dilansir Mayo Clinic, sebenarnya stem cell atau sel punca adalah sel tubuh kita yang bisa merangsang sel lain untuk berfungsi dengan baik. Dalam keadaan yang baik, mereka dapat terbagi untuk membentuk sel baru yang disebut sebagai daughter cells (sel anak). 

Lalu apa pengaruhnya terhadap tubuh kita? Sel anak yang dihasilkan kemudian akan menjadi stem cell baru atau menjadi sel lain dengan fungsi yang spesifik. Misalnya sel darah, otak, jantung, tulang, kulit, dan lain-lain. Keahlian ini hanya dimiliki oleh stem cell, lho!

2. Praktik ini dilakukan dengan cara transplantasi

Manfaat dan Risiko Stem Cell, Benarkah Juara Anti-Aging? forbes.com

Gimana, sih, cara praktik ini dilakukan? Menurut sumber yang sama, stem cell adalah prosedur yang melibatkan proses transplantasi. Jadi, sel yang rusak akan diambil dan digantikan dengan stem cell baru. 

Sel itu bisa berasal dari berbagai sumber. Yang paling banyak dipakai adalah sel dari embrio, tali pusar (untuk wanita yang baru melahirkan), sumsum tulang, hewan, binatang, atau dari rekayasa genetis. Melihat kerumitan dari praktik ini, tak semua rumah sakit bisa melakukannya. 

Baca Juga: 12 Penyakit yang Bisa Membunuhmu Hanya dalam 24 Jam, Mengerikan!

3. Kabarnya bisa menjadi skin care dengan khasiat dewa, benarkah?

Manfaat dan Risiko Stem Cell, Benarkah Juara Anti-Aging? cloudfront.net

Pada umumnya, stem cell memang digunakan sebagai praktik penyembuhan. Mulai dari diabetes tipe 1, parkinson, penyakit jantung, stroke, kanker, radang sendi, hingga alzheimer bisa disembuhkan melalui terapi ini.

Namun ternyata stem cell juga bisa menjadi praktik skin care yang memiliki khasiat dewa. Beberapa artis tanah air melakukannya, lho! Lalu apa sebenarnya yang dilakukan stem cell pada kulit kita?

Manfaat dan Risiko Stem Cell, Benarkah Juara Anti-Aging? giphy.com

Mengutip Dermstore, stem cell mampu memperbaiki sel kulit sehingga kita gak akan terlihat menua. Mereka juga akan memberikan kelembapan, antioksidan, dan kolagen. Selain itu, sel tersebut juga bisa melindungi kulit dari ancaman eksternal, seperti sinar UV, radikal bebas, dan lain-lain.

Mungkin terdengar biasa saja tetapi kamu harus tahu bahwa khasiat stem cell bisa dibilang sangat kuat jika dibandingkan dengan perawatan kulit lainnya. Khasiat peremajaan kulitnya bisa membuatmu terlihat menolak tua. Para artis pun rela merogoh kocek jutaan hingga miliaran untuk bisa mendapatkan transplantasi ini. 

4. Banyak klinik dan produk skin care yang menggunakan iming-iming stem cell

Manfaat dan Risiko Stem Cell, Benarkah Juara Anti-Aging? garnierusa.com

Karena manfaat kecantikannya yang digemari, banyak klinik abal-abal yang menggunakan iming-iming stem cell. Padahal sebenarnya stem cell yang mereka pakai abal-abal, palsu, atau bahkan didapatkan secara ilegal. 

Masih baik jika memang praktik tersebut dilakukan dengan skin care biasa, tanpa stem cell sama sekali. Yang menjadi masalah adalah ketika sel punca tersebut diambil dari orang yang tidak jelas atau binatang.

Transplantasi sel secara ilegal tanpa label dari BPOM bisa membahayakan penggunanya. Sebab kita tak tahu penyakit apa yang bisa dikandung stem cell abal-abal tersebut. Bukan hanya itu, laboratorium juga seharusnya berada di tempat yang steril agar stem cell aman ditransplantasikan. Sementara praktik di klinik ilegal tidak memenuhi syarat itu. 

5. Apa yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan praktik ini?

Manfaat dan Risiko Stem Cell, Benarkah Juara Anti-Aging? nationalpostcom.com

Sebenarnya melakukan transplantasi stem cell itu sah-sah saja jika kamu memiliki budget lebih untuk kecantikan. Namun kamu harus benar-benar mengetahui dari mana sel itu berasal, di manakah tempat penyimpanannya, hingga sekredibel apa dokter yang melakukan praktik tersebut. 

Sebaiknya hindari saja ketika stem cell berasal dari hewan atau orang lain yang tak kamu kenal. Hindari pula klinik yang menawarkan harga terlalu murah di bawah pasaran. 

Terakhir, jangan sampai kamu tergiur harga yang murah. Kalau hasil gak sesuai ekspektasi, kamu hanya akan bisa meratapinya. Maka dari itu, pertimbangkan baik-baik, ya!

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamu

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya