Comscore Tracker

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!

#MenjagaIndonesia Merenggut ratusan ribu hingga jutaan nyawa

Indonesia merupakan negara yang memiliki jutaan permasalahan, salah satunya di bidang kesehatan. Negara kita tercinta ini sering diserang wabah penyakit, bahkan sejak berabad-abad yang lalu. Salah satunya adalah pandemik COVID-19 yang sedang kita hadapi saat ini. 

Ingin tahu wabah apa saja yang pernah membuat Indonesia jatuh bangun? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini!

1. Kolera

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!who.int

Wabah kolera menyerang Indonesia setidaknya enam kali. Yang pertama terjadi sekitar tahun 1819, ketika Indonesia masih berada di tangan Belanda. Saat itu, penyakit menular ini pertama kali ditemukan di Jakarta, atau dulunya dikenal sebagai Batavia.

Kolera lebih populer dengan sebutan muntaber atau muntah berak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Vibrio cholerae yang biasa ditemukan di perairan. Gejala yang ditimbulkan utamanya berupa diare, mual, muntah, dan kram perut. 

Pada saat itu, kondisi masyarakat sangatlah buruk. Dilansir Historia, melalui buku berjudul "Verschillende Reizen en Lotgevallen", Roorda van Eysinga menyaksikan sendiri wabah yang menjangkit masyarakat pribumi ini. Dia mengatakan bahwa setidaknya ada 160 orang yang mati dalam sehari. Para petugas medis juga kewalahan menangani pasien yang tak ada habisnya. 

2. Campak

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!publicbroadcasting.net

Campak adalah penyakit yang sering kali mewabah dan mendapatkan status Kejadian Luar Biasa di Indonesia. Salah satunya terjadi di masa kolonial Hindia Belanda. Sampai-sampai, pemimpin Belanda kewalahan dan akhirnya menyediakan imunisasi untuk warga Indonesia. 

Penyakit yang satu ini memang sangat mudah untuk menyebar karena disebabkan oleh infeksi virus. Penularan pada umumnya terjadi melalui percikan air liur yang dikeluarkan penderita ketika berbicara, batuk, atau bersin. Orang yang belum mendapatkan imunisasi lebih rentan untuk tertular.

3. Pes

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!insider.com

Pagebluk pes atau yang dikenal sebagai Black Death juga sempat menyerang Indonesia di masa penjajahan Belanda. Pada tahun 1905, dua orang Tiongkok di Pelabuhan Bandar Deli, Sumatra Utara, dilaporkan terjangkit penyakit ini. Pemerintah kolonial awalnya tidak peduli dan menganggapnya angin lalu. 

Sekitar lima tahun berselang, terjadilah krisis beras di Jawa, terutama di Malang, Jawa Timur. Pemerintah kolonial terpaksa mengimpor dari Myanmar. Padahal, negara tersebut sedang terserang pes.

Benar saja, terdapat banyak tikus yang membawa bakteri pes di kapal pengangkut. Saat itu, penyakit tidak menyebar sama sekali. Baru setelah paket beras tiba di Malang, pes mewabah dari daerah ke daerah. Sebab, saat itu Malang juga dilanda banjir, membuat bakteri semakin mudah berkembang biak.

Alih-alih mengadakan pengobatan massal dan imunisasi, semua pihak saling menuduh dan saling menyalahkan. Akibatnya, ratusan ribu warga meninggal dunia. 

Baca Juga: Mengenal Happy Hypoxia, Gejala Tak Biasa COVID-19 yang Ancam Nyawa

4. Difteri

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!newsbricks.com

Berikutnya ada difteri yang hampir setiap tahun menjadi wabah di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu yang paling parah terjadi di tahun 2017. Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan ada 20 provinsi yang terserang dengan total kasus mencapai 622. 

Difteri begitu cepat menyebar karena ditularkan melalui droplet, mirip COVID-19. Tak hanya itu, penyakit ini juga mematikan, lho. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tingkat kematiannya mencapai 10 persen dan bisa meningkat hingga 20 persen bila dialami oleh anak-anak usia di bawah 5 tahun.

5. Polio

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!premiumtimesng.com

Polio merupakan penyakit saraf yang bisa menimbulkan kelumpuhan permanen. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung serta makanan dan minuman yang terkontaminasi virus polio (fecal-oral). 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa polio cukup sering menyerang wilayah Asia Tenggara. Indonesia bahkan baru mendapatkan sertifikat bebas polio di tahun 2014. Walaupun begitu, masyarakat masih harus waspada dan meningkatkan kesadaran untuk mendapatkan vaksin polio. 

6. Flu Spanyol

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!indonesiaatmelbourne.unimelb.edu.

Flu Spanyol adalah pandemik paling fenomenal dalam sejarah. Setidaknya ada 500 juta orang yang terinfeksi atau setara dengan sepertiga populasi dunia saat itu, dengan angka kematiannya mencapai sekitar 50 juta jiwa.

Indonesia pun tak luput dari serangan flu Spanyol. Menurut laporan The Conversation, pandemik ini menelan 906 ribu korban di Pulau Jawa dari September 1918 hingga September 1919. 

Selama wabah ini berlangsung, kondisi Indonesia cukup memprihatinkan. Tenaga medis kewalahan, orang-orang tak berani keluar rumah, sehingga perekonomian pun menurun. Terlebih lagi, saat itu Indonesia masih berada di tangan pemerintah kolonial Hindia Belanda. 

7. Flu burung

Selain COVID-19, Ini 7 Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Indonesia!outbreaknewstoday.com

Terakhir ada flu burung. Penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 ini berasal dari Tiongkok. Muncul pertama kali di negara ini pada tahun 2005, flu burung menyerang Indonesia berkali-kali hingga tahun 2015.

Seperti namanya, flu burung awalnya menginfeksi unggas. Namun, ketika manusia mengonsumsinya, virus pun berpindah dan bermutasi di dalam tubuh. Tingkat kematiannya di negara kita pun sangat tinggi, yaitu mencapai 85,7 persen. 

Itulah sejumlah wabah yang pernah menyerang Indonesia selain COVID-19 yang sedang kita hadapi saat ini. Tetaplah berpikiran positif, pandemik ini pasti akan usai suatu hari nanti seperti yang wabah yang disebutkan di atas. Ingat, selalu jaga kesehatan dan lakukan semua protokol kesehatan yang dianjurkan, ya!

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: 7 Tips Memakai Face Shield yang Benar agar Terhindar dari COVID-19

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya