Comscore Tracker

5 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Jangan Disepelekan!

Jangan sampai enamel gigimu rusak!

Gigi berlubang adalah bagian gigi yang rusak secara permanen pada permukaan enamel gigi. Enamel merupakan lapisan keras pelindung pada gigi. Banyak faktor penyebab sakit gigi berlubang, di antaranya bakteri yang terdapat pada mulut, minuman, makanan, atau karena kebiasaan menyikat gigi yang buruk.

Lubang yang terbentuk pada gigi bisa menjadi besar secara bertahap dan rasa sakitnya akan bertambah parah  dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang manis, asam, dan minuman bersoda. Gigi berlubang dapat menjadi tempat tinggal bakteri yang dapat merusak kesehatan mulut serta berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikut beberapa penyebab sakit gigi berlubang yang kerap dianggap sepele.

1. Mengunyah es batu

5 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Jangan Disepelekan!Freepic/Pressmaster

Salah satu faktor penyebab sakit pada gigi berlubang yaitu mengunyah es batu dalam jumlah banyak. Tanpa disadari melakukan hal tersebut dapat menyebabkan keretakan dan kerapuhan pada gigi. Sehingga akan memunculkan masalah lebih lanjut seperti sensitivitas terhadap suhu maupun rasa sakit. Mengunyah es batu juga akan menyebabkan ngilu dan menjadikan rasa sakit pada gigi berlubang semakin bertambah.

2. Jarang menyikat gigi

5 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Jangan Disepelekan!Freepic/Pressmaster

Menyikat gigi merupakan cara paling baik untuk menjaga kesehatan mulut. Lakukan minimal dua sampai tiga kali sehari. Sebab jarang menyikat gigi dapat menjadikan sisa-sisa makanan menumpuk dan membentuk karang gigi dan plak. Dengan begitu, bakteri akan bersembunyi dan menumpuk di bawah karang gigi sehingga sulit dibersihkan. Sedangkan bakteri yang bersembunyi akan berbahaya karena dapat menyebabkan gigi membusuk, lemah, dan pada akhirnya menjadi berlubang.

3. Mengonsumsi minuman bersoda

5 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Jangan Disepelekan!Freepic/Soureivictoryia

Sering mengonsumsi minuman bersoda ternyata dapat menjadi penyebab sakit pada gigi berlubang. Hal tersebut karena soda dapat menimbulkan erosi pada gigi. Erosi ini dimulai ketika asam pada minuman bersoda bertemu dengan lapisan pelindung terluar gigi. Minuman bersoda juga dapat mempengaruhi lapisan dentin dan tambalan komposit. Sehingga kerusakannya dapat menjadikan gigi berlubang dan terasa sakit.

Baca Juga: Bukan Cuma Sikat Gigi, 6 Makanan ini Juga Menjaga Gigi Tetap Sehat

4. Makanan manis

5 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Jangan Disepelekan!Freepic/Freepik

Makanan manis akan mengundang datangnya bakteri jahat. Bakteri perusak yang ada dalam mulut bernama Streptococcus sorbrinus dan Streptoccus mutans. Keduanya sama-sama memakan gula yang terdapat pada mulut dan mampu membentu plak gigi dan menghasilkan asam. Plak yang dibiarkan menumpuk pada permukaan gigi akan mengikis lapisan enamel gigi. Pada akhirnya gigi menjadi tidak sehat dan lama-lama semakin berlubang.

5. Mulut kering

5 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Jangan Disepelekan!Freepic/eddows-animator

Air liur sangat penting untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan plak dari gigi, sekaligus menjaga kelembapan mulut. Kurangnya produksi air liur dapat menjadi penyebab mulut kering. Senyawa yang terdapat pada air liur dapat membantu melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri. Oleh karena itu mulut kering dapat menjadi penyebab gigi berlubang dan dapat  munimbulkan rasa sakit yang akan mengganggu kenyamananmu.

 

Itulah tadi beberapa penyebab yang patut kamu waspdai.Jangan sampai apa yang kamu konsumsi malah merusak kesehatan gigi, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Berdampak Buruk pada Susunan Gigi

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya