Comscore Tracker

5 Fakta Fungal Acne, Masalah Kulit yang Sering Disalahartikan 

Sering diartikan beruntusan atau jerawat, lho! 

Sudah merawat wajah dengan baik bahkan pakai skincare mahal, tapi beruntusan dan jerawat di wajah gak kunjung hilang? Bisa jadi itu bukan beruntusan atau jerawat, girls, melainkan fungal acne! Fungal acne ini sendiri disebabkan oleh pertumbuhan jamur bernama malassezia. Jamur ini pula yang memicu terjadinya eczema di kulit wajah.

Ingin tahu lebih lanjut seputar fungal acne? Yuk, simak beberapa fakta fungal acne seperti yang dilansir dari situs Allure.com berikut ini.

1. Sering disebut pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis 

5 Fakta Fungal Acne, Masalah Kulit yang Sering Disalahartikan skyntherapyblog.com

Dalam dunia ilmiah, fungal acne sering disebut sebagai pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis. Sebutan ini diklasifikasikan sebagai jamur yang biasa terdapat di antara atau di dalam bulu-bulu halus di wajah.

Shreene Idriss, seorang dermatologis New York mengatakan kalau pertumbuhan jamur ini dapat menimbulkan rasa gatal di sekitar kulit wajah. Tapi jangan sesekali menggaruknya guna menghindari kemerahan dan iritasi pada kulit.

2. Fungal acne cukup sulit didiagnosa atau diketahui 

5 Fakta Fungal Acne, Masalah Kulit yang Sering Disalahartikan zula.sg

Mengetahui apakah itu fungal acne atau tidak ternyata sangat sulit, girls! Berbeda dengan jerawat, kerutan, atau penuaan dini yang cenderung mudah diketahui. Hal ini tak lepas dari bentuk dan rupa si fungal acne yang tidak jelas, kadang dapat berupa jerawat, beruntusan, ataupun whiteheads.

Tapi tenang, kamu bisa mengamati perubahan pada kulit wajah sebelum dan sesudah menggunakan skincare penghilang jerawat. Apabila tidak ada perubahan atau malah bertambah parah, itu artinya fungal acne sedang berkembang biak di wajahmu.

Baca Juga: 7 Jenis Jerawat di Wajah dan Penyebabnya yang Paling Umum

3. Kemunculannya terkadang disebabkan oleh kondisi cuaca maupun pakaian 

5 Fakta Fungal Acne, Masalah Kulit yang Sering Disalahartikan mnn.com

Kondisi cuaca seperti panas dan lembab dapat memicu terjadinya fungal acne. Selain itu, pakaian yang kamu kenakan juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur ini. Hindari mengenakan pakaian yang ketat, terutama saat cuaca panas karena dapat menghambat proses pernapasan pada kulit.

Cobalah untuk segera mandi setelah berkeringat atau mengenakan pakaian ketat. Dengan demikian, kulit jadi lebih bersih dan pertumbuhan fungal acne pun dapat berkurang.

4. Fungal acne terjadi pada siapa saja 

5 Fakta Fungal Acne, Masalah Kulit yang Sering Disalahartikan evoke.ie

Masalah kulit seperti penuaan dan kerutan biasanya menimpa orang-orang berusia 30 tahun ke atas. Hal ini berbeda jauh dengan si fungal acne karena bisa terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia. Bahkan orang yang sudah sangat detail memilih skincare dan menjaga gaya hidupnya pun bisa terkena imbas.

Agar tidak semakin bertambah parah, sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid. Atau diskusikan langsung ke ahlinya untuk menghindari kasus salah menggunakan produk.

5. Bisa ditemukan di tubuh juga! 

5 Fakta Fungal Acne, Masalah Kulit yang Sering Disalahartikan reddit.com

Selain di wajah seperti kening, fungal acne juga bisa ditemukan di sekitar area tubuhmu, lho! Misalnya saja di punggung, bahu, maupun di sekitar dada. Sebaiknya jaga kebersihan tubuh, dan gunakan sabun yang mengandung sulfur atau belerang karena sabun ini dipercaya sebagai anti-fungal dan anti-bakteri.

Sebagai tambahan, pastikan kamu selalu mengecek ingredients pada setiap produk skincare yang kamu gunakan. Hindari bahan-bahan pemicu fungal acne, sehingga kulitmu bisa segera bersih.

Baca Juga: 5 Olahan yang Dapat Menjadi Pemicu Jerawat, Jangan Banyak-banyak!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya