Comscore Tracker

5 Gejala yang Muncul saat Tubuh Kamu Kekurangan Kadar Asam Lambung

Asam lambung berperan penting dalam proses pencernaan

Asam lambung atau asam yang dihasilkan oleh lambung ini bernama asam hidroklorik. Seperti yang dilansir healthline.com, asam lambung memiliki peran penting untuk membantu memecahkan makanan, memilah, dan menyingkirkan zat atau mikroba berbahaya yang ada dalam makanan. Jadi, tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Pada beberapa kondisi tertentu, kadar asam lambung dalam tubuh bisa menurun. Jika kadar asam lambung ini menurun bisa menghambat penyerapan nutrisi dan vitamin dari makanan yang kita konsumsi dan menimbulkan beragam macam penyakit yang berbahaya. Sebelum terlambat, kenali lima gejala yang muncul akibat kekurangan asam lambung berikut. Jika dari lima gejala di bawah ini sedang dialami olehmu, segera periksa ke dokter!

Baca Juga: 5 Hal Ini Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari Stres!

1. Diare

5 Gejala yang Muncul saat Tubuh Kamu Kekurangan Kadar Asam Lambungilustrasi sakit diare (pexels.com/SoraShimazaki)

Pertumbuhan bakteri jahat pada perut disebabkan karena kurangnya kadar asam lambung. Kadar asam lambung yang rendah tidak bisa menghilangkan bakteri pada makanan, karena asam lambung sendiri memiliki peran penting untuk membunuh bakteri jahat dari makanan yang kita makan sehari-hari. Apabila bakteri jahat lebih banyak dari bakteri yang baik ini akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.

2. Rambut rontok

5 Gejala yang Muncul saat Tubuh Kamu Kekurangan Kadar Asam Lambungilustrasi rambut rontok (unsplash.com/TowfiquBarbhuiya)

Rambut rontok disebabkan karena kekurangan vitamin D. Vitamin D di metabolisme di kulit oleh sel keratinosit. Sel keratinosit sendiri berperan memproses keratin untuk pertumbuhan rambut. Selain itu pembentukan folikel yang merupakan pori-pori tempat tubuhnya rambut di kepala ini dipengaruhi oleh kadar vitamin D dalam tubuh.

Kurangnya kadar asam lambung bisa menghambat nutrisi dan vitamin dari makanan yang kita konsumsi. Semua vitamin seperti vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan rambut akan hilang tidak terserap oleh tubuh dan hal inilah yang menyebabkan rambut menjadi rontok.

Baca Juga: Benarkah Stres Menyebabkan Asam Lambung Naik? 

3. Perut kembung setelah makan

5 Gejala yang Muncul saat Tubuh Kamu Kekurangan Kadar Asam Lambungilustrasi mengalami kembung (unsplash.com/TowfiquBarbhuiya)

Kembung setelah makan merupakan tanda bahwa sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik. Jika tubuh tidak cukup memiliki asam lambung, makanan yang kita makan tidak tercerna dengan sempurna. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan gas dalam perut dan mengakibatkan kembung.

4. Masalah kulit seperti jerawatan

5 Gejala yang Muncul saat Tubuh Kamu Kekurangan Kadar Asam Lambungilustrasi wajah berjerawat (unsplash.com/KennyTimmer)

Usus yang sehat membantu menjaga kesehatan kulit juga, sayangnya kadar asam lambung yang rendah bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebih. Tentunya ini bisa menyebabkan masalah pada kulit. Menurut penelitian 40 persen orang yang memiliki jerawat disebabkan karena memiliki kadar asam lambung yang rendah.

5. Berat badan terus menurun

5 Gejala yang Muncul saat Tubuh Kamu Kekurangan Kadar Asam Lambungilustrasi berat badan (unsplash.com/iYunmai

Asam klorida dalam lambung membantu untuk memecahkan, mencerna, dan menyerap nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral. Kadar asam lambung yang rendah dapat berdampak besar pada kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi dengan baik. 

Berat badan yang terus menurun merupakan gejala dari kekurangan asam lambung. Walaupun makanan yang dikonsumsi sehari-hari mencukupi kebutuhan harian tubuh, tetap saja saat kadar asam di lambung rendah semua nutrisi dari makanan yang kita makan tidak bisa terserap oleh tubuh dan akan hilang begitu saja. Jika tidak diobati, tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Saat kamu mengalami lima gejala seperti di atas ini , berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah yang terbaik.

Baca Juga: Asam Lambung Sering Naik? Atasi dengan 5 Tips Berikut

Tiya Ananta Photo Verified Writer Tiya Ananta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya