Comscore Tracker

5 Manfaat Bunga Passiflora, Bisa Mengatasi Insomnia dan Kecemasan

Biasanya bunga ini dijadikan teh herbal, pernah coba?

Pernahkah kamu menjumpai bunga ini di taman? Bunga ini bernama passiflora, dikenal juga dengan nama passion flower. Habitat aslinya adalah Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan.  Akan tetapi, passiflora juga bisa ditemukan di Asia Tenggara dan kawasan Oceania (Australia, Mikronesia dan Polinesia).

Tidak hanya indah dipandang, bunga passiflora juga punya manfaat bagi kesehatan manusia. Mau tahu manfaat apa saja yang bisa diperoleh? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Bisa menenangkan pikiran

5 Manfaat Bunga Passiflora, Bisa Mengatasi Insomnia dan Kecemasanilustrasi bunga passiflora (gardenersworld.com)

Berdasarkan penelitian, bunga passiflora bisa meringankan insomnia dan gangguan kecemasan. Zat yang dikandung bunga ini akan meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak, dilansir Healthline. Senyawa ini berfungsi untuk menurunkan aktivitas otak, sehingga kamu bisa lebih rileks dan kualitas tidur membaik.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Anesthesia & Analgesia mengungkapkan bahwa pasien yang dijadwalkan untuk operasi akan lebih tenang dan mengalami sedikit kecemasan setelah mengonsumsi bunga passion flower berwarna ungu.

2. Mengobati masalah perut

5 Manfaat Bunga Passiflora, Bisa Mengatasi Insomnia dan Kecemasanilustrasi bunga passiflora (thesunlightexperiment.com)

Bunga passiflora juga ramah di perut! Menurut penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Pharmacology, bunga ini berpotensi untuk mengobati maag.

Selain itu, berdasarkan uji coba, bunga passiflora bisa mengurangi borok (luka) pada tikus. Ini mengacu pada studi yang dipublikasikan di BioMed Research International. Ekstrak dari daun dan batangnya bisa mengobati bisul pada tikus serta menunjukkan efek antioksidan, mengutip Healthline. Tentunya ini perlu diujikan pada manusia untuk memastikan khasiatnya.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Narkotika yang Dijadikan Obat pada Zaman Kuno

3. Memperbaiki kualitas tidur 

5 Manfaat Bunga Passiflora, Bisa Mengatasi Insomnia dan Kecemasanilustrasi bunga passiflora (britannica.com)

Kamu memiliki masalah susah tidur? Bunga passiflora bisa membuat tidurmu kembali nyenyak. Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa tikus yang diberi bunga passiflora akan tidur lebih cepat, mengurangi tidur di fase rapid eye movement (REM), dan meningkatkan fase deep sleep.

Di sisi lain, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Phytotherapy Research, peserta diminta untuk meminum teh herbal dari bunga passion flower berwarna ungu. Setelah tujuh hari, peserta melaporkan kalau mereka mengalami peningkatan kualitas tidur.

4. Mengobati gejala sakau

5 Manfaat Bunga Passiflora, Bisa Mengatasi Insomnia dan Kecemasanbackwaterbotanics.com

Berdasarkan penelitian tahun 2001 yang melibatkan 65 orang yang kecanduan opiat, mereka diminta untuk menjalani pengobatan selama 14 hari dengan ekstrak markisa plus clonidine dan passionflower plus clonidine. Apa yang terjadi?

Ternyata, kedua opsi sama-sama efektif dalam mengobati gejala fisik saat withdrawal (putus obat atau sakau). Akan tetapi, pengobatan dengan passionflower plus clonidine dinilai lebih menunjukkan hasil yang signifikan.

5. Bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas

5 Manfaat Bunga Passiflora, Bisa Mengatasi Insomnia dan Kecemasanilustrasi bunga passiflora (gardenia.net)

Terakhir, bunga passiflora bisa menghalau radikal bebas dari tubuh. Ini karena sifat antioksidan yang ada di dalamnya. Senyawa antioksidan tersebut adalah vitexin, isovitexin, kaempferol, kuersetin, rutin, apigenin, dan luteolin glikosida.

Selain itu, bunga passiflora bisa menghambat enzim yang bisa menyebabkan peradangan. Senyawa ini juga bisa meredakan nyeri punggung dan menenangkan sistem saraf. Penelitian lain menunjukkan kalau bunga passiflora bisa menurunkan tekanan darah.

Nah, itulah lima manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari bunga passiflora atau passion flower. Tak disangka, manfaatnya banyak banget, ya? 

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Bunga Iris, Tanaman Invasif Bunga Nasional Prancis

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya