Comscore Tracker

Hati-Hati, 6 Barang Ini Sebaiknya Gak Kamu Pinjam atau Pinjamkan 

Kelihatannya gak masalah, padahal berbahaya, lho 

Pinjam meminjam barang dengan orang lain adalah hal yang lumrah kita lakukan. Bagaimanapun, sebagai makhluk sosial, kita memang harus saling membantu. Makanya, kamu mungkin sering meminjam atau meminjamkan barang dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Namun, hati-hati, kadang meminjam atau meminjamkan barang bisa memberi efek negatif padamu atau orang lain, khususnya dalam hal kesehatan. Makanya, barang apa saja yang sebaiknya tidak kamu pinjam atau pinjamkan para orang lain dan apa alasannya? Ini dia enam benda di antaranya.

1. Pulpen 

Hati-Hati, 6 Barang Ini Sebaiknya Gak Kamu Pinjam atau Pinjamkan Freepik/snowing

Mungkin kamu sudah bisa menebak kenapa kamu gak sebaiknya pinjam meminjam pulpen dengan orang lain. Yap, transfer bakteri dan kuman bisa dengan mudah terjadi dari situ. Namun, apakah memang seburuk itu?

Menurut laman The Healthy, pulpen clipboard yang biasa terdapat di kantor untuk dipakai bersama memiliki bakteri 46 ribu kali lebih banyak daripada kursi toilet! Makanya, jauh lebih baik jika kamu membawa dan menggunakan pulpen sendiri daripada harus menggunakan pulpen yang disediakan untuk umum. Repot sedikit lebih baik daripada terkena penyakit, lho.

2. HP

Hati-Hati, 6 Barang Ini Sebaiknya Gak Kamu Pinjam atau Pinjamkan Freepik/drobotdean

Yang satu ini juga sepertinya sudah jelas. Namun, lagi-lagi, mungkin kamu gak menyangka seberapa kotornya HP kamu sebenarnya. Reader's Digest menyebut bahwa HP sekitar 10 kali lebih banyak bakteri daripada kursi toilet!

Meski sekilas tidak sekotor pulpen, HP justru lebih berbahaya karena kita kerap meletakannya di wajah saat sedang menelepon. Bakteri dari HP bisa menimbulkan jerawat dan komedo di wajah. Makanya, penting untuk secara berkala membersihkan HP, misalnya dengan tisu basah untuk menjaga kebersihannya dan kesehatanmu sendiri.

3. Makeup dan peralatan makeup

Hati-Hati, 6 Barang Ini Sebaiknya Gak Kamu Pinjam atau Pinjamkan Freepik/v.ivash

Jangan lupa juga bahwa kuman dan bakteri tidak hanya banyak terdapat di tangan kita, tapi juga di bagian-bagian tubuh lain. Itu termasuk wajah kita. Itulah kenapa berbagi makeup atau alat makeup sangat tidak dianjurkan, khususnya makeup yang bersentuhan langsung dengan bibir dan mata. Itu bisa menjadi jalan masuk kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Baca Juga: Isi Waktu Luang, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenisnya

4. Headset

Hati-Hati, 6 Barang Ini Sebaiknya Gak Kamu Pinjam atau Pinjamkan Freepik/drobotdean

Telinga kita pun adalah tempat tinggal bakteri, yang hidup pada lilin alami yang dihasilkan telinga. Bakteri itu sendiri tidak berbahaya, tapi jika terlalu banyak bisa menyebabkan infeksi. Nah, penumpukan lilin telinga beserta bakterinya biasa terdapat di headset, terutama jika headset tersebut jarang dibersihkan.

Risiko infeksi bisa semakin besar jika kamu menggunakan headset terlalu lama karena itu bisa menyebabkan sedikit lecet pada lubang telinga yang bisa jadi jalan masuk bakteri. Makanya, selain tidak pinjam meminjam headset dengan orang lain, jagalah selalu kebersihan headset kamu dan jangan gunakan terlalu lama.

5. Sisir 

Hati-Hati, 6 Barang Ini Sebaiknya Gak Kamu Pinjam atau Pinjamkan Freepik/freepik

Kalau kamu pikir pinjam meminjam sisir itu gak ada risikonya, kamu salah. Sel kulit mati, minyak, dan debu bisa menempel pada sisir sehingga menjadi sarang bakteri. Lalu bakteri tersebut bisa masuk ke tubuh melalui pori-pori kepala dan menyebabkan penyakit. Untuk mencegahnya, cucilah sisirmu secara berkala dengan sabun antibakteri.

6. Gunting kuku 

Hati-Hati, 6 Barang Ini Sebaiknya Gak Kamu Pinjam atau Pinjamkan Freepik/freepik

Kuku tangan maupun kaki juga bisa jadi tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak karena biasanya kotoran menempel di sela-sela kuku kita. Nah, pinjam meminjam gunting kuku bisa jadi media penyebaran bakteri tersebut. Pada saat menggunting kuku, bisa jadi tanpa sadar ada luka kecil yang terjadi sehingga darah kita pun menempel pada gunting kuku tersebut.

Kontak dengan darah orang lain adalah salah satu cara paling mudah terjadinya penyebaran penyakit. Itu termasuk hepatitis C yang bisa berakibat fatal, lho! Maka jagalah kebersihan gunting kukumu dan jangan pinjam meminjam dengan orang lain.

Itulah enam benda yang sebaiknya tidak kamu pinjam atau pinjamkan pada orang lain karena bisa menyebabkan penyakit. So, pinjam meminjam barang boleh-boleh saja, tapi bersikaplah selektif, ya!

Baca Juga: 7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancar

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya