Comscore Tracker

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Bagus

Bahayanya juga tak kalah seram dari dehidrasi!

Kamu mungkin sering mendengar orang mengatakan, "Minum air yang banyak, ya!" dengan alasan menghindari dehidrasi dan membuat tubuh tetap sehat. Namun sesungguhnya, minum banyak air bukan berarti hal yang tepat.

Bagaimanapun, apa saja yang berlebihan tidaklah baik. Faktanya overhidrasi juga sama bahayanya. Minum terlalu banyak dapat membuatmu keracunan air atau yang biasa disebut hiponatremia.

Hiponatremia adalah kondisi saat kadar natrium dalam darah berkurang, karena larut akibat terlalu banyaknya air yang tersimpan di tubuh. Pada kasus yang parah, gangguan kesehatan ini bahkan dapat menyebabkan kejang, koma, hingga kematian.

Jadi, apa saja tanda kalau kamu minum terlalu banyak air?

1. Kamu terus minum walau tidak haus

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Bagus

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Menurut Tamara Hew-Butler PhD dari Oakland University, tubuh sesungguhnya telah diprogram dengan baik untuk melawan dehidrasi. Salah satu bentuk proteksi  ini adalah dengan munculnya rasa haus.

Semakin banyak kamu membutuhkan air artinya semakin tinggi kadar haus yang dirasakan. Jadi kalau kamu tetap saja minum bahkan dalam kondisi sama sekali tidak haus, mungkin kini saatnya kamu lebih berhati-hati.

2. Terus minum hingga urine berwarna jernih

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Bagusgirlsgonestrong.com

Banyak yang meyakini bahwa semakin jernih warna urine artinya tubuh terhidrasi dengan baik. Nyatanya, kalau kamu minum dalam jumlah yang sehat, maka warna urine yang dihasilkan justru cenderung kekuningan transparan. Sebaliknya, bila urine yang kamu hasilkan justru tak ada pigmentasinya sama sekali, boleh jadi kamu sudah tergolong overhidrasi.

3. Buang air kecil terus-menerus

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Baguslivescience.com

Menurut Cleveland Clinic, sebagian besar orang buang air kecil sebanyak enam hingga delapan kali dalam sehari. Kalau kamu mendapat buang air kecil hingga lebih dari 10 kali sehari (apalagi sampai sering terbangun di tengah malam untuk buang air kecil), kemungkinan kamu terlalu banyak minum air. Namun, hal ini juga dapat terjadi karena kafein dan kantung kemih yang terlalu aktif. 

4. Perubahan warna atau pembengkakan pada bibir, tangan, dan kaki

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Bagusindependent.co.uk

Dalam banyak kasus hiponatremia, penderita mengalami pembengkakan atau perubahan warna yang terlihat pada bibir, tangan, dan kaki. Saat sel-sel dalam tubuhmu membengkak karena menyimpan air terlalu banyak, kulit pun akan ikut membengkak. Selain itu, terlalu banyak minum air juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup tiba-tiba karena kelebihan air pada aliran darah.

Baca Juga: Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya

5. Merasa lelah

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Baguspulmonaryfibrosisnews.com

Ginjalmu bertanggung jawab untuk melakukan fungsi filtrasi terhadap apa yang kamu minum. Selain itu, organ ini juga harus memastikan agar kadar cairan dalam aliran darah tetap seimbang.

Ketika kamu minum terlalu banyak, artinya kamu pun memaksa ginjal untuk bekerja lebih berat sehingga menghasilkan berdampak pada tubuh yang merasa tertekan dan capai. Jadi kalau kamu terus-menerus minum air dan mendapati dirimu merasa lelah, overhidrasi mungkin penyebabnya.

6. Mual dan muntah

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Bagusfitnesstipss.com

Hew-Butler mengatakan bahwa gejala overhidrasi terlihat mirip dengan gejala dehidrasi. Saat kamu minum terlalu banyak air, ginjal akan kesulitan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan air pun akan tersimpan di dalam tubuh. Kalau sudah begini, berbagai efek yang membuatmu tak nyaman seperti mual, muntah, dan dehidrasi bukannya tak mungkin terjadi.

7. Sakit kepala berdenyut sepanjang hari

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Bagussoyummy.com

Sama seperti poin 6, sakit kepala merupakan gejala baik overhidrasi maupun dehidrasi. Pada overhidrasi, sakit kepala muncul karena kandungan garam pada darah berkurang sehingga sel-sel dalam organ tubuh pun akan membengkak. Otak pun akan mengalami perubahan ukuran menjadi lebih besar karena kondisi ini hingga membentur tengkorak sehingga kamu pun menjadi sakit kepala dan berdenyut, bahkan hingga sulit bernapas.

8. Otot melemah dan mudah kram

8 Tanda Kamu Minum Air Putih Terlalu Banyak, Kebanyakan Juga Gak Bagusrd.com

Menurunnya kadar elektrolit karena terlalu banyak air dalam tubuh dapat mengakibatkan kejang dan kram otot. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti asupan beberapa gelas air putih dengan air kelapa yang mengandung banyak elektrolit.

Bagaimanapun, saran yang paling tepat adalah, "Minumlah secukupnya." Walau bagi kebanyakan orang 8 hingga 10 gelas per hari adalah ukuran standarnya, angka ini dapat berubah sesuai dengan tinggi badan, berat badan, dan pola olahraga setiap orang. Jadi, pastikan kamu tahu dengan tepat kapan dan seberapa banyak tubuhmu membutuhkan air agar tetap dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, ya.

Baca Juga: Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya