TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan Alami Atasi Gatal di Selangkangan, Jangan Digaruk Nanti Lecet!

Bikin gak nyaman

ilustrasi selangkangan(pexels.com/id-id/cliff-booth)

Pernah mengalami gatal di selangkangan? Rasa gatal ini bikin gak nyaman. Dilansir American Academy of Dermatology, penyebab dari gatal selangkang dapat dari berbagai faktor yaitu, tidak menjaga kebersihan pakaian dalam dan kemaluan, kutu kemaluan, infeksi jamur, herpes genital, infrettigo, iritasi, hingga penyakit kelamin.

Faktor berat badan juga dapat menjadi penyebab selangkangan gatal. Seperti dijelaskan oleh Bruce Robinson, MD, Instruktur Klinis di Lenox Hill Hospital, New York, orang yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas sering mengalami masalah dengan kulit akibat gesekkan antar paha. 

Namun, kamu gak perlu khawatir, gatal di selangkangan ini dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami agar aman. Berikut lima bahan alami yang di maksud:

Baca Juga: 7 Penyebab Gatal di Selangkangan untuk Perempuan, Jangan Asal Duga

1. Bawang putih

ilustrasi bawang putih (pixabay.com/id/users/stevepb)

Bahan alami pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal di selangkangmu adalah bawang putih. Dilansir Stylecraze, bawang putih mempunyai senyawa bioaktif seperti, ajoene dan allicin. Keduanya bersifat anti jamur dan meringankan gejala gatal di selangkang.

Potong bawang putih menjadi dua lalu oleskan atau gosokkan pada selangkang yang gatal. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Cuka apel

ilustrasi cuka apel(pixabay.com/id/users/wicherek)

Bahan alami selanjutnya untuk mengatasi gatal selangkangan adalah cuka apel. Kandungan asam asetatnya dapat mengobati infeksi pada kulit. Dilansir Thehealthsite, cuka apel bersifat anti jamur dan anti mikroba sehingga dapat mencegah penyebaran gatal.

Bubuhi kapas dengan cuka apel lalu oleskan pada selangkangan yang gatal. Lakukan secara rutin hingga tidak terasa gatal lain. 

Baca Juga: 5 Hal Sepele Penyebab Vagina Sering Gatal, Harus Dihindari, Nih!

3. Minyak kelapa

ilustrasi minyak kelapa(pexels.com/id-id/tijana-drndarski)

Minyak kelapa atau coconut oil adalah minyak nabati yang diekstraksi dari  daging buah kelapa. Dilansir Thehealthsite, minyak kelapa mengandung asam laurat yang bersifat anti jamur sehingga minyak ini dapat digunakan untuk membantu menghilangkan rasa gatal. Sebuah penyelidikkan pada tahun 2016, ditemukan jika minyak kelapa dapat membunuh candida albicans penyebabkan infeksi jamur.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi gatal di selangkangan, hanya dioleskan pada area yang gatal, tiga kali sehari secara rutin. Namun, gunakan minyak kelapa murni yang berkualitas tinggi.

4. Lidah buaya

ilustrasi lidah buaya(pexels.com/id-id/fotocissa)

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E, bermanfaat sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Selain itu lidah buaya mempunyai efek mendinginkan kulit. Dilansir Stylecraze, lidah buaya memiliki sifat anti jamur dan antiseptik yang dapat menghambat infeksi jamur penyebab gatal di selangkangan.

Cara menggunakannya dengan membelah batang lidah buaya menjadi dua bagian. Ambil gelnya kemudian oleskan pada selangkangan yang gatal. Lakukan secara rutin hingga rasa gatal tersebut hilang.

Baca Juga: 8 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Perlu Diwaspadai

Verified Writer

A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya