TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

30 Alat Bantu Sex yang Bikin Momen Intim Makin Bergairah

Mau sendirian atau dengan pasangan, oke untuk dicoba

ilustrasi alat bantu seks (pexels.com/Dainis Graveris)

Ada yang suka, tapi ada pula yang tidak. Meski begitu, alat bantu sex tetap populer di beberapa kalangan. Mau berpasangan atau sendiri, adanya sex toy bisa membantu meningkatkan gairah seksual hingga mencapai kepuasan maksimal.

Jika mencarinya di internet, akan muncul berbagai macam dan bentuk mainan seks,  mulai yang manual hingga bergetar menggunakan remote control. Nah, berikut ini beberapa jenis sex toys yang umum digunakan.

Dildo

ilustrasi perempuan dan mainan seks (freepik.com/wayhomestudio)

Lisa Finn, seorang pendidik seks di butik mainan seks Babel dalam Healthline mengatakan bahwa dildo adalah mainan seks yang memiliki, menyerupai, atau dirancang seperti bentuk lingga alias penis. Mainan ini digunakan untuk melakukan penetrasi di vagina, anus, maupun mulut.

Dildo terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing memiliki bentuk dan sensasi berbeda meski umumnya digunakan dengan cara yang sama.

  • Dildo standar

Disebut juga dildo ujung tunggal, bentuknya sangat menyerupai penis. Dildo jenis ini digunakan utnuk merangsang a-spot dan g-spot pada vagina. 

  • Dildo bertekstur

Sesuai namanya, dildo ini mengalami inovasi dengan mengubah sedikit bentuknya. Tujuannya tentu menambah sensasi selama digunakan saat penetrasi. Misalnya, dildo dengan bulatan-bulatan memanjang.

  • Dildo ujung ganda

Dildo ini memiliki dua ujung di bagian kepalanya. Panjangnya bisa 30-60 sentimeter dengan bentuk mirip dua dildo menyatu atau letter U. Bentuk dildo ini memungkinkan kamu mendapatkan sensasi penetrasi ganda. Bisa di lubang yang sama atau berbeda.

  • Strapless strap-on 

Alat bantu sex ini merupakan dildo yang memiliki dua ujung berbentuk L. Ujung ini bisa dimanfaatkan untuk penetrasi ke diri sendiri sembari melakukannya pada orang lain. Jadi, kamu dan pasangan bisa saling menikmatinya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Masturbasi untuk Perempuan

Harness

ilustrasi harness (pexels.com/Kamaji Ogino)

Ada beberapa jenis harness yang ada di pasaran, termasuk untuk strap on dildo hingga versi BDSM. Saat  membeli, usahakan memilih ukuran paling pas supaya harness tidak teruntai dan kurang nyaman saat digunakan. 

  • Strap-on

Merupakan harness yang digunakan seperti cawat atau celana dalam. Alat ini berfungsi untuk menaikkan pantat atau sebagai base ketika menggunakan dildo tambahan. Pada versi laki-laki, biasanya terdapat dua lubang, satu untuk penis, satu untuk dildo tambahan guna penetrasi ganda.

  • Pakaian dalam

Bentuknya serupa celana dalam biasa. Kamu bisa mengenakannya bahkan saat melakukan aktivitas di luar rumah. Fungsi utamanya, membungkus pantat sehingga tampak lebih padat dan berisi.

  • Bondage harness

Berbeda dengan dua opsi sebelumnya, ini benar-benar ‘tali kekang’. Jenisnya ada tiga, chest harness, collar harness, hingga full body harness. Sesuai namanya, jenis ini biasanya digunakan untuk seks yang melibatkan BDSM. Mirip seperti yang ditampilkan dalam film Fifty Shades of Grey. 

Vibrator eksternal

ilustrasi vibrator (pexels.com/cottonbro)

Alat bantu sex ini identik sebagai girl things karena dirancang untuk menstimulasi klitoris atau vagina. Meski demikian, ada juga yang berbentuk ring dan digunakan oleh laki-laki. Fungsinya, untuk memberikan sensasi ganda saat seks penetrasi penis ke vagina.

Indigo Wolfe, seorang pendidik seks dan sex toy reviewer dalam Healthline mengatakan bahwa semua vibrator eksternal dirancang sedemikian rupa dengan fitur dan kelebihan masing-masing. Menentukan pilihan vibrator eksternal bagus, bergantung pada mana yang kamu nikmati sebagai pengguna.

Ada banyak jenis vibrator yang tersedia di pasaran, paling populer yakni:

  • Palm vibrator

Bentuknya mirip mouse laptop. Cara menggunakannya cukup digenggam dan diletakkan di atas klitoris dan labia. Fungsinya, tentu merangsang area vulva luar dengan getaran.

  • Jewelry vibrator

Sesuai namanya, alat getar ini berbentuk mirip pendant kalung. Kamu bisa mengenakannya sebagai aksesoris dan menggunakannya sebagai vibrator bahkan saat berada di luar ruangan. 

  • Panty vibrator

Bentuknya seperti celana dalam biasa, tetapi memiliki kemampuan bergetar untuk stimulasi vulva. Pada beberapa produk yang dijual di pasaran, panty vibrator dilengkapi remote control sehingga bisa dinyalakan dari jarak jauh.

  • Vibrator tongkat

Alat bantu seks ini termasuk old but gold dengan bentuk menyerupai microphone, bagian kepalanya bisa bergetar. Daripada bentuk lain, vibrator tongkat memiliki getaran paling kuat.

  • Vibrator jari

Fungsinya mirip palm vibrator, tapi bentuknya lebih kecil. Cara menggunakannya dengan dijepit di antara dua jari, lalu diarahkan pada area yang ingin dirangsang.

  • Vibrator peluru

Vibrator peluru berbentuk seperti tongkat kecil yang bisa diselipkan di mana saja. Penggunaannya mirip dengan vibrator tongkat. Dengan getaran yang lebih rendah, alat ini cocok untuk digabungkan dengan harness untuk stimulasi tambahan.

  • Clitoral vibrator

Fungsinya sama, merangsang area klitoris. Bedanya, kamu tidak perlu memeganginya selama penggunaan alat ini. Sebab, clitoris vibrator didesain untuk menempel secara hands-free, sehingga kamu bisa menyibukkan diri dengan aktivitas lain.

  • Cincin penis

Merupakan alat berbentuk lingkaran yang dipasang di pangkal penis. Alat ini menawarkan rangsangan skrotum dan klitoris secara bersamaan ketika digunakan saat penetrasi vaginal.

  • Vibrator penis

Secara fisik, vibrator ini berbentuk dudukan letter L dengan lubang di bagian yang tegak. Nantinya, penis akan dimasukkan ke dalamnya, lalu bagian horizontal akan menyentuh area perineum untuk memberikan sensasi lebih.

Vibrator internal

ilustrasi sex toys (pexels.com/cottonbro)

Tenang, Guys! Masih ada banyak jenis alat bantu seks yang bisa kamu pinang. Salah satunya vibrator internal yang digunakan dengan cara penetrasi ke anus maupun vagina. Kamu akan mendapatkan sensasi bergetar sekaligus intercourse dari alat ini.

Hal yang perlu diperhatikan, sebisa mungkin gunakan vibrator sesuai fungsinya, ya. Terlebih ketika penetrasi anal, pastikan untuk memilih alat dengan area lebih besar pada pangkal guna menghindari risiko tertelan dalam anus.

  • G-spot vibrator

Sekilas bentuknya mirip tongkat dildo dengan lengkungan layaknya sendok. Konsep ini disesuaikan dengan fungsinya untuk menstimulasi titik rangsang g-spot yang dipercaya ada di bagian depan vagina. Alat ini cocok bagi kamu yang menyukai penetrasi tidak terlalu dalam.

  • A-spot vibrator

Lebih panjang dari sebelumnya, alat ini digunakan untuk merangsang area pangkal vagina yang diyakini sebagai letak a-spot. Bukan hanya itu, vibrator internal ini juga memberikan sensasi penetrasi yang dalam.

  • Egg-on-a-stick vibrator

Dari segi fisik, bentuk alat ini mirip vibrator peluru, tetapi beda segi penggunaan. Egg-on-a-stick vibrator dirancang lebih besar dan diaplikasikan dengan penetrasi ke dalam vagina. Catatan: alat ini tidak digunakan untuk penetrasi anus.

  • Vibrator anal

Tidak semua vibrator vagina bisa digunakan untuk anus. Umumnya, vibrator anal memiliki bentuk pangkal yang melebar yang berfungsi mencegah alat tertelan dalam anus. Salah satu yang paling populer ada butt plug yang bergetar.

Vibrator kombinasi

ilustrasi sex toys (pexels.com/cottonbro)

Belum cukup di sana, masih ada alat bantu seks yang memberikan sensasi 'double kill' selama aktivitas intim. Berbeda dengan vibrator lain, alat-alat berikut dirancang untuk stimulasi ganda. 

  • Vibrator kelinci

Dinamakan demikian karena memiliki dua lengkungan. Ujung pertama untuk stimulasi klitoris, sedangkan ujung lainnya digunakan untuk rangsangan g-spot. Alat ini cocok bagi perempuan yang menginginkan sensasi penetrasi dan mencapai klimaks klitoris. 

  • Vibrating prostate massager

Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk memijat prostat, yakni jaringan saraf yang diperkirakan 5 sentimeter di dalam rektum. Pada laki-laki, titik ini bisa menjadi rangsangan yang menimbulkan sensasi kuat.

Perangsang vulva

ilustrasi sex toy pengisap klitoris (pexels.com/IFONNX toys)

Alat perangsang vulva tidak melulu vibrator. Ada pula alat lain yang bisa menghisap klitoris hingga 'bola-bola lucu' yang digunakan di vagina.

  • Clit suction

Mainan ini mengambil konsep dari rangsangan oral pada klitoris. Alih-alih bergetar, alat bantu seks ini menghisap klitoris. Bonusnya, kamu bisa menggunakan clit suction untuk menstimulasi puting.

  • Bola Ben Wa

Alat ini sejatinya merupakan alat bantu kegel untuk memperkuat otot panggul. Namun, kini juga digunakan sebagai mainan seks terlebih pada pasangan dengan kink BDSM, yakni menahan bola di dalam vagina selama mungkin.

Baca Juga: 5 Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Sex Toys bagi Kesehatan

Perangsang penis

ilustrasi sex toys (pexels.com/cottonbro studio)

Vibrator bukan satu-satunya pilihan ketika membicarakan alat bantu seks untuk laki-laki. Bukan hanya untuk bercinta dengan pasangan, alat-alat ini bisa membantumu saat masturbasi.

  • Pulsator

Mirip penghisap pada klitoris, pulsator memberikan efek berdenyut pada penis. Mainan ini membungkus penis dan membantu pelepasan menggunakan osilasi alias teknologi pulseplate.

  • Masturbator otomatis

Menggunakan tangan untuk masturbasi bisa membuat kurang puas. Di sinilah peran masturbator otomatis hadir. Cukup oleskan pelumas dan lakukan ‘penetrasi’ pada mainan seks jenis ini.

  • Cincin ayam

Berbeda dengan cincin vibrator yang bergetar, cincin ayam biasanya terbuat dari silikon, nitril, atau baja tahan karat. Fungsinya pun merangsang darah agar tidak cepat kembali ke tubuh. Dengan begitu, ereksi lebih awet hingga menunda ejakulasi.

  • Ohnut

Mirip cincin ayam, tetapi fungsinya lain. Alih-alih mainan, ohnut merupakan alat bantu seks yang mencegah penetrasi terlalu dalam.

Mainan pantat

ilustrasi sex toys (pexels.com/cottonbro studio)

Pilihan terakhir juga meliputi mainan seks untuk eksplorasi anus. Mainan pantat hadir untuk merangsang dan melengkapi seks anal.

  • Butt plug 

Alat ini dimasukkan ke anus ketika melakukan penetrasi vagina. Gunanya adalah memberikan sensasi penuh. Beberapa juga merasakan bahwa butt plug membantu rongga vagina lebih kencang.

  • Manik-manik anal

Bentuknya mirip bulatan-bulatan yang tergantung pada satu tali. Alat ini dirancang untuk memijat sphincter ketika dimasukkan dan menciptakan kesenangan saat ditarik keluar. Manik-manik anal juga tersedia dalam ukuran berbeda untuk sensasi yang lebih bervariasi.

Baca Juga: 9 Jenis Alat Bantu Seks Perempuan dan Tips Menggunakannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya