Comscore Tracker

Perbedaan G-Spot dan A-Spot, Titik Rangsang Orgasme Perempuan

Beda titik rangsang, beda pula sensasinya

Sama halnya dengan pepatah ada banyak jalan menuju Roma, pun demikian dengan klimaks. Selain stimulasi klitoris, ada pula titik rangsang populer yang dinamakan g-spot dana-spot yang katanya bisa memicu orgasme hebat. 

Lantas, apa pengertian serta perbedaan g-spot dan a-spot? Ulik pembahasan lengkapnya di bawah, ya.

Apa itu g-spot?

Perbedaan G-Spot dan A-Spot, Titik Rangsang Orgasme Perempuanilustrasi letak g-spot (wikimedia.org)

G-spot merupakan titik yang berada di dalam vagina. G sendiri merujuk pada nama Gräfenberg yang diperkenalkan oleh Dr. Beverly Whipple. Untuk menjangkaunya, kamu perlu melakukan stimulasi menggunakan jari atau penis seperti gerakan ‘ke sini’ atau menggaruk bagian atas saat penetrasi. 

Meski demikian, g-spot bukanlah satu titik seperti tombol yang bisa dikenali pada setiap pemilik vagina. Alih-alih area yang terpisah, g-spot sejatinya masih bagian dari klitoris. G-spot dan klitoris menjadi dua bagian dalam dan luar yang terhubung sekitar 4 inci. 

Beberapa mengatakan g-spot adalah titik kunci orgasme penetrasi. Apakah benar? Jawabannya mungkin sedikit rumit. Publikasi penelitian dalam The Journal of Sexual Medicine menyebutkan gak semua orang memiliki g-spot sebagai titik rangsang untuk memicu orgasme. Hal ini wajar, kok. Sebab, perbedaan anatomi setiap tubuh memungkinkan kamu memiliki titik rangsang yang berbeda dengan orang lain.

Dilansir Healthline, gak adanya peta khusus yang menyebutkan di mana letak g-spot, karena memang setiap orang berbeda. Eksplorasi sangat diperlukan untuk mengetahui area g-spot yang memberikan sensasi menyenangkan pada tiap individu. Meski demikian, benar adanya jika mendapat rangsang pada g-spot dapat memicu orgasme dan ejakulasi vagina.

2. Apa itu a-spot?

Perbedaan G-Spot dan A-Spot, Titik Rangsang Orgasme Perempuanilustrasi letak a-spot (wikimedia.org)

Sebagian orang menganggap a-spot sebagai anterior fornix erogenous zone (AFE). A-spot termasuk lima zona erotis yang merupakan bagian titik rangsang bagian dalam vagina (DVZs). Stimulasi yang diberikan pada a-spot mampu memberikan rangsang dan meningkatkan lubrikasi.

Dilansir Medical News Today, rangsangan pada a-spot diyakini mampu membantu beberapa masalah disfungsi seksual. Terlebih gangguan vagina kering yang menyebabkan hubungan seksual menyakitkan.

Lalu, siapa yang memiliki a-spot? Secara teoritis, siapa pun yang lahir dengan vagina mungkin memiliki AFE. Sama seperti g-spot, gak ada peta khusus yang menunjukkan letak titik a dalam tubuh. 

Namun, beberapa penelitian menunjukkan perempuan memiliki zona sensitif seksual di area yang diklaim sebagai a-spot. Salah satunya penelitian yang dipublikasi dalam Archives of Sexual Behaviour. Penelitian yang melibatkan 27 partisipan menunjukkan dinding depan atas dan dinding belakang bawah vagina adalah zona erotis vagina yang paling umum.

Letak a-spot berada jauh di dalam vagina dan dekat dengan serviks. Kamu bisa menggunakan jari, mainan seks, atau penis guna mencapainya. Untuk merangsangnya, berikan tekanan pada dinding bagian atas vagina. Ini adalah dinding yang paling dekat dengan perut. Mulai dari tengah dinding dan merambat ke atas untuk menemukan titik a ini.

Baca Juga: Benarkah Meniup Vagina Berbahaya? Ini Penjelasannya

Perbedaan g-spot dan a-spot

Setelah menguraikan masing-masing pengertian, kamu mungkin sudah mendapatkan poin perbedaan g-spot dan a-spot. Nah, berikut uraiannya: 

  • Letak yang berbeda. Meski sama-sama berada di dalam vagina, letak g-spot lebih dekat dengan pintu masuk, sedangkan a-spot perlu masuk lebih dalam dekat dengan serviks
  • Stimulasi yang diberikan. Saat ingin mencapai g-spot, stimulasi yang diberikan cenderung ringan seperti belaian jari yang membentuk kait. Adapun a-spot, kamu perlu melakukan penetrasi cukup dalam untuk bisa mengeksplor bagian sensitif a-spot
  • Orgasme yang dihasilkan. G-spot memberikan puncak kepuasan ejakulasi bahkan squirt, sedangkan a-spot memberikan efek terapeutik dengan menghasilkan cairan lubrikan alami.

Posisi untuk menstimulasi g-spot dan a-spot

Perbedaan G-Spot dan A-Spot, Titik Rangsang Orgasme Perempuanilustrasi posisi seks (pexels.com/yan krukov)

Perbedaan g-spot dan a-spot juga memengaruhi pada posisi seks yang dilakukan. Jika kamu tertarik menstimulasi titik rangsang ini, ada beberapa posisi yang bisa diterapkan.

Posisi stimulasi g-spot

Untuk merangsang titik g-spot, beberapa posisi yang mendukung yakni:

  • Cowgirl. Pemberi tidur terlentang dan penerima duduk mengangkang di atasnya. Buat gerakan maju mundur dengan sudut yang pas untuk merangsang g-spot
  • Doggy style. Penerima setengah tengkurap dengan bertumpu pada lutut dan siku, lalu pemberi melakukan penetrasi dari arah belakang. Sesuaikan tinggi punggung untuk mendapatkan posisi yang pas dengan titik g-spot
  • Misionaris tertutup. Variasi seks posisi misionaris ini cocok untuk memberikan rangsang dangkal sesuai letak g-spot. Caranya, penerima berbaring terlentang dengan kaki merapat, lalu pemberi melakukan penetrasi dari atas.

Posisi stimulasi a-spot

Adapun jika kamu tertarik merangsang titik a, gak ada salahnya memasukkan posisi berikut selama momen bercinta dengan pasangan.

  • The raised missionary. Mirip dengan posisi misionaris klasik, tambahkan bantal di bawah pinggul sehingga pantat lebih terangkat. Dengan begitu, pemberi bisa melakukan penetrasi dalam dan mencapai area a-spot
  • The door frame a game. Posisi seks berdiri ini bisa merangsang dinding belakang vagina. Caranya, penerima berdiri membelakangi pemberi dengan kaki terbuka Pemberi menyandarkan tubuh hingga kemiringan tertentu, lalu melakukan penetrasi
  • Doggystyle. Posisi anjing ini memungkinkan kamu dan pasangan menyesuaikan kedalaman penetrasi. Termasuk meraih titik a yang berada di pangkal vagina.

Perbedaan g-spot dan a-spot mungkin agak membingungkan, ya. Namun, mau titik g ataupun titik a, keduanya bisa memberikan sensasi orgasme yang menggairahkan selama aktivitas seksual bareng pasangan maupun sendirian.

Baca Juga: Titik Rangsang U-Spot, Beri Sensasi Menyenangkan pada Vagina

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya