Comscore Tracker

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?

Belajar mengenal badanmu sendiri yuk!

Girls, ngerasa gak sih kalau kadang-kadang kita ngerasain sakit di bagian dada atau wilayah payudara? Waduh, ini bisa bikin parno juga lho, secara zaman sekarang kan banyak banget bermunculan penyakit-penyakit baru yang mengerikan itu? Dan kalau payudara sakit dibiarin aja, takutnya malah menjurus ke kanker! Hiii, takut banget sumpah!

Nah ketimbang khawatir berlebihan, mending kita bahas satu persatu yuk, mana sakit atau nyeri payudara yang normal dan mana yang mulai nggak normal.

1. Normal, kalau nyeri payudara terjadi beberapa hari sebelum menstruasi.

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?netdoctor.co.uk

Tenang, kalau rasa sakit di bagian dada kamu rasain beberapa hari menjelang mens, itu artinya kamu memang kagi memasuki masa PMS. Saat PMS ini wajar dan normal banget kalau payudara sedikit nyeri, ini cuma karena pengaruh hormon aja. Setelah menstruasi datang, biasanya nyeri ini akan hilang sendiri kok.

2. Normal, kalau setelah berolahraga berat atau menarik benda secara keras, bagian dada kamu terasa sakit.

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?strongertraining.org

Nggak hanya saat PMS aja payudara bakalan terasa sakit, usai olahraga berat atau melakukan aktivitas yang berlebihan kadang juga bisa bikin daerah payudara terasa sakit. Tapi rasa sakit ini sebenarnya bukan berasal dari payudara, melainkan dari jaringan otot di bawah payudara yang tertarik saat melakukan aktivitas fisik. Jadi normal-normal aja kalau otot yang meregang ini bisa membuat payudara nyeri.

3. Normal, kalau kamu pakai bra dengan ukuran yang kurang pas.

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?coach.nine.com.au

Pemakaian bra yang kurang tepat ternyata bisa juga memicu rasa sakit di payudara lho. Kalau kamu pakai bra yang ukurannya kecil, payudara bisa tersiksa apalagi kalau dipakai dalam jangka waktu lama. Sebaliknya, bra yang terlalu longgar bisa membuat payudara bergerak bebas dan memicu rasa sakit.

Baca Juga: 5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

4. Normal, kalau sakit terjadi setelah kamu berkeringat berlebihan.

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?today.com

Keringat yang berlebihan di bagian payudara juga rentan menimbulkan nyeri dan kurang nyaman. Ini biasanya terjadi saat kamu beraktivitas banyak dan mengeluarkan keringat. Solusinya, kamu bisa menggunakan bra khusus olahraga kalau aktivitasmu lagi padat banget.

5. Normal, kalau kamu hobi mengkonsumsi kafein.

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?huffingtonpost.com

Kamu suka minum teh atau kopi? Atau bahkan kamu mengkonsumsinya hampir tiap hari? Kalau iya, wajar-wajar saja kalau kamu sering merasakan nyeri di area payudara. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa rasa sakit di payudara bisa diminimalisir dengan mengurangi konsumsi teh dan kopi serta kafein lainnya. Ini artinya, kafein berlebihan bisa memicu sakit di payudara kan?

6. Masih dianggap normal, kalau kamu punya jaringan fibrocystic di bagian payudara.

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?rockymountainwomenshealthcenter.com

Ternyata ada lho perempuan yang memang memiliki benjolan normal sejak lahir di payudara. Tapi ini sama sekali gak ada hubungannya dengan kanker atau tumor ganas. Benjolan ini berupa jaringan fibrocystic yang berisi sedikit cairan. Meskipun kadang dikaitkan dengan kista, tapi umumnya benjolan ini nggak berbahaya. Dan benjolan ini hanya akan terasa sakit saat kamu sedang menstruasi. Namun jika gaya hidupmu tak sehat, benjolan ini bisa berbahaya.

7. Tapi mulai gak normal ketika rasa sakit di payudara disertai dengan munculnya benjolan di payudara, terjadi perubahan warna puting payudara, dan juga keluarnya darah di bagian puting.

Apakah Rasa Nyeri Payudara (Meskipun Sedikit) Itu Normal?independent.co.uk

Wah kayaknya udah mulai masuk tanda gawat darurat dan waspada kalau rasa sakit yang kamu rasakan di payudara itu terjadi terus menerus disertai dengan membengkaknya sebuah benjolan. Beda dengan poin sebelumnya, benjolan ini muncul secara tiba-tiba dan mengalami pembesaran dari waktu ke waktu. Apalagi kalau terjadi perubahan warna dan bentuk puting payudara serta adanya darah yang keluar dari puting payudara. Ini bisa jadi tanda awal penyakit kanker payudara lho. Kamu harus mulai berhati-hati dan segera memeriksakan diri ke dokter supaya dapat penanganan lebih lanjut.

So, selama gak ada tanda gawat saat merasakan nyeri payudara, gak perlu khawatir berlebihan ya, girls!

Baca Juga: Datang Diam-diam, 10 Fakta Kanker Serviks Ini Perlu Kamu Ketahui dari Sekarang

Topic:

  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya