Comscore Tracker

Berapa Lama Sperma Bisa Bertahan Hidup? 

Ternyata waktu hidup sperma dapat berbeda-beda

Kehamilan dapat terjadi karena adanya pembuahan sel telur dan sperma. Sel telur diproduksi oleh ovarium, sedangkan sperma dihasilkan testis. Namun, gambaran pembuahan tidak sesederhana itu. Sperma butuh perjuangan bertahan hidup, menyusuri sistem reproduksi perempuan, serta bersaing dengan sperma lain untuk menggapai sel telur.

Sekali ejakulasi tubuh laki-laki bisa mengeluarkan berjuta-juta sperma. Walaupun jumlahnya banyak, tidak semua sperma dalam kondisi prima. Lantas, berapa lama sperma bertahan di luar tubuh? Yuk, ikuti informasi lengkapnya.

1. Apakah sperma bisa bertahan lama di luar tubuh?

Berapa Lama Sperma Bisa Bertahan Hidup? ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Andrea Piacquadi)

Setelah keluar dari tubuh, sperma memerlukan waktu yang beragam untuk bertahan hidup. Keadaan yang berbeda-beda memengaruhi lama sperma hidup.

Apabila kamu menganggap sperma berfungsi optimal dalam jangka panjang di permukaan kulit, anggapan ini kurang tepat. Sperma perlahan akan mati pada permukaan kering seperti pakaian, meja, atau lantai. Di luar tubuh, sperma kira-kira dapat bertahan hidup sekitar 15 sampai 30 menit.

2. Waktu hidup sperma dalam tubuh perempuan

Berapa Lama Sperma Bisa Bertahan Hidup? ilustrasi sistem reproduksi (pexels.com/Nadezhda Moryak)

Sperma membutuhkan suhu dan lingkungan tepat untuk hidup. Dilansir Medical News Today, sperma bisa bertahan selama lima hari di dalam sistem reproduksi perempuan. Ekor sperma digunakan untuk berenang mencapai sel telur, tetapi perjalanan panjang membuat hanya sedikit sperma yang bisa bertahan.

Baca Juga: Sperma Kosong: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan

3. Apakah sperma dapat hidup di dalam air kolam?

Berapa Lama Sperma Bisa Bertahan Hidup? ilustrasi kolam renang (pexels.com/Sarah Schorer)

Pernah muncul pernyataan viral bahwa berenang bersama lawan jenis dapat memicu kehamilan. Benarkah kabar yang beredar tersebut?

Faktanya, sperma hanya bertahan hitungan detik di dalam air kolam renang dan perlahan mati. Laman Healthline menyebutkan bahwa suhu panas dan air yang mengandung bahan kimia akan membunuh sperma dalam beberapa detik. Kolam renang biasanya ditambahkan klorin untuk penjernih air serta membunuh bakteri. Adanya klorin di kolam renang membuat sperma cepat mati.

4. Lama sperma bertahan di tempat beku 

Berapa Lama Sperma Bisa Bertahan Hidup? ilustrasi membeku (pexels.com/Choice)

Istilah "bank sperma" mungkin masih terdengar asing. Meskipun Indonesia belum mengantongi izin keberadaannya, tetapi beberapa negara sudah melegalkannya. Bank sperma memfasilitasi pendonoran dan penyimpanan sperma. Bagaimana cara mereka bertahan?

Sperma tetap bisa hidup bertahun-tahun apabila disimpan pada tempat beku dalam perawatan yang tepat. Cara membekukannya dengan pemberian nitrogen cair bersuhu -196 derajat Celcius. Waktu penyimpanan sperma di bank sperma sesuai dengan kebijakan negara.

5. Faktor yang memengaruhi kesehatan sperma 

Berapa Lama Sperma Bisa Bertahan Hidup? ilustrasi olahraga (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kesehatan sperma menjadi salah satu aspek yang memengaruhi kesuburan kaum adam. Sperma yang sehat dapat dipengaruhi oleh gaya hidup, lingkungan, dan alasan medis. Dilansir Clearblue, ada beberapa saran untuk menjaga kesehatan sperma. Ini meliputi:

  • Berhenti merokok.
  • Hindari penggunaan obat terlarang.
  • Kurangi konsumsi minuman keras.
  • Konsultasi dokter tentang kondisi kesehatan reproduksi.
  • Rajin berolahraga.
  • Relaksasi dari stres.

Itulah ulasan tentang berapa lama sperma bisa bertahan hidup. Sperma hidup di luar tubuh tergantung suhu, kondisi, dan perlakuan lingkungan sekitar. Suhu dingin akan mengawetkan masa hidup sperma, sebaliknya suhu panas dan adanya zat kimia sekian detik melumpuhkan fungsinya.

Baca Juga: Mengenal Normozoospermia serta Ciri-Ciri Sperma Sehat

Septin SLD Photo Verified Writer Septin SLD

Bukan anak sastra, tapi kadang suka nulis saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya