Comscore Tracker

Buat Cewek, Ini 5 Fakta Tentang Infeksi Ragi di Vagina

Kamu sudah tahu belum?

Sebagai cewek, mau tidak mau kamu harus tahu apa saja yang bisa terjadi pada vaginamu. Karena organ ini adalah organ vital, maka penyakit yang terjadi di dalamnya bisa mempengaruhi seluruh bagian tubuhmu yang lain.

Berikut adalah 5 hal yang harus kamu tahu tentang infeksi ragi pada vagina. Supaya kamu tahu bagaimana cara merawat vaginamu dengan benar dan terhindar dari infeksi ragi.

1. Makanan manis bisa membuat ragi tumbuh dengan liar

Buat Cewek, Ini 5 Fakta Tentang Infeksi Ragi di VaginaUnsplash.com/Yoori Koo

Tidak hanya bakteri buruk, ada juga bakteri baik penghasil asam dalam vagina yang disebut lactobacillus. Infeksi bisa terjadi saat bakteri baik itu tidak bisa mengendalikan perkembangan ragi. Yang memicu ragi tumbuh dengan liar adalah makanan manis. Walau bukan hanya itu, ada juga obat antibiotik yang kamu konsumsi juga bisa membunuh bakteri baik di vagina, tapi seseorang dengan kadar gula tinggi akan berakhir dengan ragi yang tak terkendali juga di vaginanya.

2. Gejala infeksi ragi sangat samar dan tidak kelihatan

Buat Cewek, Ini 5 Fakta Tentang Infeksi Ragi di Vaginabustle.com

Beberapa wanita akan mengira dirinya mengalami infeksi ragi padahal dia hanya iritasi dan alergi deterjen. Beberapa lagi sebaliknya, mengira hanya iritasi padahal infeksi ragi. Karena tanda-tandanya mirip, kamu mungkin akan sulit membedakannya dengan benar. Supaya kamu tidak salah, perhatikan intensitasnya saja. Kalau keputihan yang kamu keluarkan sangat tidak wajar dan dalam jangka waktu terus-menerus, bisa jadi kamu terkena infeksi ragi.

Baca juga: 5 Hal yang Jadi Penyebab Kenapa Vagina Bisa Kering, Sudah Tahu?

3. Infeksi ragi yang dibiarkan bisa mengakibatkan penyakit serius

Buat Cewek, Ini 5 Fakta Tentang Infeksi Ragi di Vaginawomen-secrets.ru

Sebenarnya, infeksi ragi bukanlah penyakit jahat yang perlu dikhawatirkan. Tapi, jika terus-menerus tanpa diobati, bisa menyebabkan penyakit serius seperti HIV. Jadi pekalah terhadap keadaan vaginamu, jika ada yang menurutmu tidak beres, segera konsultasikan dengan dokter.

4. Selain menemui dokter, perubahan gaya hidup juga bisa jadi obat yang baik

Buat Cewek, Ini 5 Fakta Tentang Infeksi Ragi di Vaginabustle.com

Seperti memodifikasi diet dan lebih selektif tentang apa yang kamu makan, menjauhi antibiotik kalau tidak sangat dibutuhkan atau juga menjaga mood supaya kamu jangan stres. Hal ini bisa jadi obat alami terbaik menghilangkan infeksi ragi selain hanya menemui dokter.

5. Tingkat kecemasan atau stres bisa jadi pemicu infeksi ragi bertumbuh pesat

Buat Cewek, Ini 5 Fakta Tentang Infeksi Ragi di Vaginamenshealth.com

Bukan hanya karena makanan, perasaanmu juga berperan penting. Wanita yang mengalami infesksi ragi dan kemudian stres, malah akan membuat raginya tumbuh dengan liar dan memperbanyak tingkat keputihan yang kamu keluarkan.

Tenangkan pikiranmu sebisa mungkin demi kesehatan vaginamu juga. Jangan sampai kamu cuek dan tidak mau tahu. Walau vagina adalah organ tubuh yang bisa membersihkan dirinya sendiri, kamu harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihannya, ya!

Baca juga: 5 Fakta Aneh Tentang Vagina yang Belum Tentu Kamu Tahu

Line IDN Times

Topic:

Just For You