8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rindu

Yakin, kamu pecinta drama Korea tapi belum nonton ini?

Virus drama korea sepertinya sudah mewabah di Indonesia. Mulai dari remaja sampai orang dewasa menyukai drama Korea. Ceritanya yang unik dan tidak membosankan membuat drama korea banyak digemari. Apakah kamu salah satu dari penggemar drama Korea? Jika iya, coba simak drama-drama lama terbaik dibawah ini! Apa saja yang sudah dan belum kamu tonton?

1. Boys Before Flowers (2009)

8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rindudramafever.com

Genre: School-life, romance, friendship.

Siapa sih yang tidak tahu drama paling fenomenal yang satu ini? Mungkin hampir semua orang mengetahuinya. Drama korea ini sudah beberapa kali ditayangkan dalam stasiun televisi nasional. Bisa dibilang, drama ini adalah awal mula drama korea mulai dikenal masyarakat Indonesia.

Drama ini merupakan adaptasi dari manga jepang, Hana Yori Dango. Sebelum Korea, Taiwan lebih dulu mengadaptasi manga ini dengan judul Meteor Garden. Drama Boys Before Flower bercerita tentang Geum Jandi (Ku Hye Sun), seorang siswa miskin yang mendapat undangan spesial untuk bersekolah di suatu sekolah favorite di Korea karena keberaniannya.

Tanpa diduga, Gu Jung Pyo (Lee Minho), anak dari pemilik sekolah tersebut yang terkenal sombong dan egois menyukai Geum Jandi. Sedangkan Geum Jandi yang sejak pertama kali bersekolah di sekolah itu sudah kagum pada sosok Yoon Jihoo (Kim Hyun Joong), sahabat Gu Jun Pyo yang terkenal tampan dan baik. Konflik pun dimulai saat ternyata, Yoon Jihoo juga menyukai Geum Jandi.

Drama ini penuh dengan kisah manis serta konflik yang mendebarkan. So, apa kamu tertarik untuk menonton drama yang rilis tahun 2009 ini?

2. Playful Kiss (2010

Genre: School-life, romance, friendship.

Untuk daftar yang ke-2, Playful Kiss juga tidak kalah seru dengan Boys Before Flower. Playful Kiss merupakan adaptasi dari manga Jepang, Itazura Na Kiss. Drama ini dibintangi oleh salah satu pemain Boys Before Flower, Kim Hyun Joong, dan Jung So Min untuk pemeran wanitanya. Drama ini juga pernah ditayangkan di statisun televisi nasional.

Drama Playful Kiss menceritakan tentang Oh Hani, salah satu siswi bodoh yang menyukai Baek Seung Jo, siswa terpintar di sekolahnya. Akhirnya, Oh Hani memberanikan diri untuk menyatakan perasaannya dengan mengirim sebuah surat pada Baek Seung Jo.

Sayangnya, ia ditolak mentah-mentah oleh Baek Seung Jo dan mengatakan bahwa ia tidak menyukai orang bodoh. Suatu hari, Oh Hani mengalami musibah. Rumahnya terkena gempa. Akhirnya, ia yang hanya tinggal bersama ayahnya memutuskan untuk menumpang di rumah teman ayahnya. Tak disangka, ternyata teman ayahnya adalah ayah Baek Seung Jo.

Perjuangan Oh Hani yang tanpa kenal lelah walaupun Baek Seung Jo tidak juga membalas perasaannya membuat drama ini menjadi menarik untuk ditonton. Karena banyaknya minat akan drama ini, pihak produksipun membuat Playful Kiss Season 2 dan Seung Jo's dairy yang dipublikasikan di youtube. Seung Jo's Diary berisi curahan hati Seung Jo.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, tonton sekarang!

3. To the Beautiful You (2012)

8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rinduwikia.com

Genre: School-life, romance, friendship.

Bagi kamu yang juga menyukai Kpop, apalagi penggemar dari boyband Shinee atau girlband f(x), pasti tahu drama korea yang satu ini. Drama To the Beautiful you diadaptasi dari manga Hanazakari no Kimitachi e dan diperankan oleh Minho Shinee sebagai Kang Tae Joon, seorang atlet lompat tinggi dan Sulli ex-f(x) yang berperan sebagai Goo Jae Hee yang diceritakan merupakan penggemar dari Kang TaeJoon.

Diceritakan bahwa Kang TaeJoon memutuskan untuk berhenti menjadi atlet lompat tinggi karena cedera yang dialaminya. Goo Jae Hee yang berniat membantu sang idola untuk kembali bersemangat menjadi atlet lompat tinggipun nekad pergi ke Korea setelah sebelumnya tinggal di luar negri dan berpura-pura menjadi laki-laki di sekolah atlet berasrama khusus laki-laki yang sama dengan Kang TaeJoon. Beruntungnya, ia mendapat kamar yang sama dengan idolanya tersebut.

Pada awalnya, TaeJoon tidak suka dengan anak baru yang sekamar dengannya tersebut. Sampai pada suatu hari, kakak laki-laki Jae Hee, Daniel, datang ke Korea untuk sementara waktu dan mengetahui bahwa adiknya menyamar menjadi laki-laki di sekolah khusus laki-laki. Ia pun segera menyuruh Jae Hee pindah sekolah. Saat Jae Hee mencoba untuk memberikan alasannya kenapa ia menyamar menjadi laki-laki, Tae Joon tidak sengaja mendengar percakapan mereka, termasuk tahu bahwa Jae Hee adalah perempuan.

Tae Joon yang mengetahui ini semua karena dirinya pun berniat tidak memberi tahu Jae Hee tentang dirinya yang sudah mengetahui identitas asli Jae Hee dan memutuskan untuk berjuang kembali menjadi atlet lompat tinggi.

Lama-kelamaan, kedok Goo Jae Hee yang berpura-pura menjadi laki-laki pun terbongkar sedikit demi sedikit. Lalu bagaimana nasib Goo Jae Hee selanjutnya? Apakah Kang TaeJoon bisa kembali menjadi atlet lompat tinggi?

4. Dream High (2011)

8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rindubeyondhallyu.com

Genre: School-life, friendship, romance.

Pasti banyak yang tahu drama yang satu ini. Sama seperti Boys Before Flowers dan playful kiss, drama ini termasuk fenomenal terutama di Indonesia, apalagi drama ini dibintangi oleh banyak idol kpop. Dream High juga beberapa kali ditayangkan dalam stasiun televisi nasional.

Dream High mengangkat tema yang lumayan berbeda dengan drama lainnya. Drama ini berkisah tentang sekumpulan remaja yang ingin mewujudkan impiannya menjadi sebuah penyanyi dengan mendaftarkan diri ke sekolah seni Kirin. Mereka adalah Jin Kuk (Taecyeon 2pm), Song Sam Dong (Kim Soo Hyun), Go Hye Mi (Suzy Miss A), Kim Pil Suk (IU), Jason (Wooyoung 2pm), Yoon Baek Hee (Eunjung T-ARA). Menjadi penyanyi tentu saja tidak mudah. Banyak perjuangan yang harus mereka lakukan untuk mewujudkan impian mereka. Ditambah lagi, konflik persahabatan dalam drama ini yang sangat menegangkan dan sayang untuk dilewatkan!

5. Dream High 2 (2012)

8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rindudramafever.com

Genre: School-life, romance, friendship.

Plot dalam Dream High 2 tidak berkelanjutan dengan dream high yang pertama. Tetapi, dream high 2 juga tidak kalah seru! Sama seperti sebelumnya, drama ini menceritakan sekumpulan remaja yang ingin mewujudkan impiannya menjadi seorang penyanyi. Setting sekolah drama ini seperti sebelumnya, yaitu sekolah seni kirin. Perbedaannya, dalam dream high 2 ini diceritakan para pemain dream high 1 yang sudah menjadi sukses sebagai penyanyi dan ada beberapa idol lain yang juga sudah menjadi penyanyi tetapi tetap bersekolah di sekolah kirin.

Pada Dream High 2, diceritakan bahwa sekolah seni Kirin mengalami kebangkrutan. Akhirnya, sekolah ini diambil alih oleh OZ Entertaiment. Perusahaan ini kemudian mentransfer pelatih muda dan terjadilah persaingan antara siswa Kirin dengan siswa transferan perusahaan tersebut.

Drama ini diperankan oleh Im Jae Bum (JB GOT7) yang berperan sebagai JB, Kang Sora yang berperan sebagai Shin Hae Sung, Park Jinyoung(JR GOT7) yang berperan sebagai Jung Ui Bong, Jiyeon T-ARA yang berperan sebagai RIAN, Jin Woon 2AM yang berperan sebagai Jin Yoo Jin, solois Ailee, Hyoryn SISTAR, dan masih banyak lagi idol lainnya.

Dream High 2 ini lebih menekankan kepada konflik percintaan, tidak seperti dream high 1 yang lebih menekankan pada persahabatan dan perjuangan.

6. Secret Garden (2010)

8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rinduthisyouneed.com

Genre: Romance, fantasy, Comedy.

Drama Secret Garden adalah drama dengan penulis naskahnya adalah Kim Eun Sook, yang sekarang namanya sering disebut-sebut karena semua drama yang ia ciptakan berakhir sukses. Sebut saja A Gentleman Dignity, The Heirs, Descendant of The Sun dan Goblin! Secret Garden dibintangi oleh pemain papan atas, Hyun Bin yang berperan sebagai Kim Joo Won, seorang CEO kaya yang arogan dan Ha Ji Won yang berperan sebagai Gil Ra Im, seorang stuntwomen miskin.

Pertemuan JooWon dan Ra-Im berawal dari JooWon yang salah mengira Ra-Im adalah seorang aktris pemeran utama dalam sebuah drama, karena Ra-Im adalah seorang pemeran pengganti sang pemeran utama sehingga pakaian yang mereka kenakan sama.

Bayangan Ra-Im pun entah kenapa selalu muncul dalam pikiran Joo Won. Konflik dimulai ketika suatu hari, badan mereka tertukar! Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Bagaimana mereka menjalani hari mereka dengan badan yang tertukar?

7. My Girlfriend is Gumiho (2010)

8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rinduthisyouneed.com

Genre: Romance, Fantasy.

Drama yang dibintangi oleh Lee SeungGi dan Shin Min Ah ini sukses menarik perhatian banyak penonton pada tahun 2010. Lee SeungGi berperan sebagai Dae Woong, seorang mahasiswa yang bermimpi untuk bisa bermain dalam sebuah film. Sedangkan Shin MinAh, berperan sebagai Miho, seekor rubah ekor 9 yang dikutuk di dalam sebuah lukisan.

Konflik drama ini dimulai ketika keinginan Miho untuk menjadi manusia. Untuk menjadi manusia, Miho melakukan simbiosis mutualisme dengan Dae Woong agar meminum ramuan permata yang dimiliki Miho. Jika minuman itu bisa bertahan dalam tubuh Dae Woong dalam 100 hari, maka Miho bisa menjadi seorang manusia, sedangkan Dae Woong memanfaatkan ramuan tersebut untuk membuat lukanya sembuh demi syuting sebuah film yang sangat diimpikannya.

Sayangnya, niatnya malah dimanfaatkan oleh seseorang untuk mencelakakan Dae Woong. Siapakah orang itu? Lalu apakah Miho bisa menjadi seorang manusia?

8. My Love From the Star (2013)

8 Rekomendasi Drama Korea Awal Tahun 2000an Terbaik, Bikin Rindupocketwifikorea.com

Genre: Romance, Fantasy.

Nah, ini dia recommended drama terakhir! Siapa yang tidak tahu drama Korea yang sempat menjadi topik hangat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia ini? Drama ini juga sempat ditayangkan di salah satu stasiun nasional. My love from the Star adalah drama yang ditulis oleh penulis naskah terkenal, Park Ji Eun. Drama ini dibintangi oleh aktor tampan Kim Soo Hyun dan aktris cantik Jun Jihyun.

Drama ini berkisah tentang seorang alien tampan, Do Min Joon yang diperankan oleh Kim Soohyun. Ia sudah hidup beratus-ratus tahun di bumi dan tidak pernah mengalami jatuh cinta setelah terakhir kali ia jatuh cinta pada gadis yang pertama kali ia temui di bumi. Saat dirinya akan kembali ke tempat asalnya dalam beberapa bulan, ia bertemu dengan seorang aktris terkenal Cheon Song Yi yang diperankan Jun Jihyun. Cheon Song Yi adalah aktris yang fenomenal sekaligus dibenci pada saat itu karena kebodohan dan sikapnya, sehingga ia seringkali mendapat komentar buruk dari haters. Saat itulah, kehidupan Do Min Joon mulai berubah, ia pun merasa enggan untuk kembali.

 

Nah, itu dia daftar 8 rekomendasi drama Korea terbaik yang dikutip dari tahun 2009-2013 dan wajib kamu tonton! Adakah yang menarik perhatianmu?

Abidah Ardelia Photo Writer Abidah Ardelia

Football, politics, korean drama, movie, and writing enthusiasm. Feel free to discuss or little talk, instagram @abidahac

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya