Comscore Tracker

5 Anime yang Lebih Gelap dari Versi Manganya

Kira-kira, apa saja animenya? #IDNTimesHype

Sebagian besar anime adalah hasil dari adaptasi manga. Meskipun secara garis besar anime dan mangga selalu memiliki cerita yang sama, kadang studio membuat perbedaan pada versi animenya karena alasan tertentu.

Dimulai dari anime Fullmetal Alchemist hingga Dragon Ball Z, berikut ini adalah lima anime yang lebih gelap dari versi manganya. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Fullmetal Alchemist

5 Anime yang Lebih Gelap dari Versi ManganyaEnding anime Fullmetal Alchemist versi 2003. (dok. Netflix/Fullmetal Alchemist)

Fullmetal Alchemist memiliki cerita yang cukup berbeda dan lebih gelap dari versi manganya atau versi Brotherhood. Dalam Fullmetal Alchemist 2003 cukup sulit untuk menentukan siapa yang salah dan siapa yang benar.

Sementara Brotherhood berakhir dengan happy ending di mana Ed menikah dengan Winry, Fullmetal Alchemist 2003 berakhir dengan Ed yang harus berpisah dengan Al.

2. Yu-Gi-Oh! Arc-V

5 Anime yang Lebih Gelap dari Versi ManganyaTangkapan layar anime Yu-Gi-Oh! Arc-V. (dok. Studio Gallop/Yu-Gi-Oh! Arc-V)

Manga Yu-Gi-Oh! memang memiliki konsep yang cukup gelap. Seri dimulai dengan Yugi yang membunuh banyak orang sebelum akhirnya seri berfokus pada permainan kartu. Meskipun begitu, Yu-Gi-Oh! Arc-V memiliki cerita yang lebih gelap dari seri Yu-Gi-Oh! mana pun.

Yu-Gi-Oh! Arc-V menceritakan tentang peperangan antara beberapa dimensi dengan menggunakan prajurit anak-anak. Meskipun peperangan ini masih melibatkan permainan kartu, permainan ini menjadi sangat berbahaya karena dapat menghapus dunia lain.

Baca Juga: 5 Cheater Terbesar yang Pernah Ada dalam Anime

3. My Hero Academia

5 Anime yang Lebih Gelap dari Versi ManganyaChisaki membunuh Magne dalam anime My Hero Academia. (dok. Funimation/My Hero Academia)

Salah satu hal yang membuat My Hero Academia menjadi salah satu seri shonen yang cukup digemari saat ini adalah karena seri ini tidak melakukan banyak perubahan pada versi animenya. Anime My Hero Academia benar-benar mengikuti versi manganya secara keseluruhan.

Namun, dengan memiliki animasi yang sangat baik, anime ini menampilkan adegan kekerasan dengan sangat jelas, suatu hal yang biasanya disembunyikan dalam satu panel manga. Setiap adegan pertarungan ditampilkan dengan sangat detail dalam versi animenya. Hal itu membuat pertarungan dalam anime tampak lebih brutal.

4. Trigun

5 Anime yang Lebih Gelap dari Versi ManganyaKematian Wolfwood dalam anime Trigun. (dok. Funimation/Trigun)

Anime Trigun tidak mengadaptasi keseluruhan cerita dalam manganya. Cerita pada manga lebih lengkap dari versi animenya. Pada akhirnya, manga berakhir setelah 1 dekade anime Trigun berhenti ditayangkan.

Ada beberapa perbedaan antara anime Trigun dengan versi manganya, salah satunya terdapat pada cerita Wolfwood. Meskipun tetap meninggal dalam versi anime maupun manga, Wolfwood meninggal dengan cara yang lebih menyedihkan dalam versi animenya.

5. Dragon Ball Z

5 Anime yang Lebih Gelap dari Versi ManganyaVegeta menghancurkan Planet Arlia dalam anime Dragon Ball Z. (dok. Funimation/Dragon Ball Z)

Pada arc filler Saiyan Saga, Vegeta tiba di Planet Arlia bersama Nappa. Di sana, mereka berhasil menghancurkan rezim korup hanya untuk kesenangan mereka. Namun, mereka tidak dapat disebut sebagai pahlawan karena pada akhirnya Vegeta memutuskan untuk menghancurkan planet tersebut sebelum pergi.

Dalam manga, Vegeta memang tidak pernah menjadi orang baik. Namun, kebanyakan kejahatan Vegeta selalu ditutupi dalam versi manganya. Sementara itu, anime benar-benar memperlihatkan bagaimana Vegeta melakukan kejahatannya.

Itulah lima anime yang lebih gelap dari versi manganya. Bagaimana pendapatmu tentang kelima karakter di atas?

Baca Juga: 5 Pengguna Perisai Terbaik yang Pernah Ada dalam Anime

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya