Comscore Tracker

5 Arc Terbaik dalam Seri Attack on Titan

Arc mana favoritmu?

Attack on Titan adalah salah satu anime terpopuler karya Hajime Isayama. Pertama kali dirilis pada 2013, Attack on Titan menceritakan tentang perjuangan Eren Yeager dalam berperang melawan Titan dan merebut kembali kebebasan umat manusia.

Sementara seri manganya sudah berakhir, anime Attack on Titan masih memiliki satu musim terakhir yang bagian terakhirnya akan dirilis pada 2023 mendatang. Sepanjang seri berjalan, terhitung Attack on Titan sudah memiliki sembilan arc.

Dari kesembilan arc yang sudah ditampilkan dalam seri ini, kali ini penulis sudah merangkum lima arc terbaik dalam seri Attack on Titan. Simak ulasan berikut.

1. Return to Shiganshina

5 Arc Terbaik dalam Seri Attack on TitanShiganshina (dok. WIT STUDIO/Attack on Titan)

Return to Shiganshina memiliki banyak momen tidak terlupakan yang membuat arc ini layak disebut sebagai arc terbaik dalam seri ini. Pada arc ini, Erwin harus memimpin serangan bunuh diri demi membuka kesempatan bagi Levi untuk menyerang Beast Titan.

Sementara kematian Erwin menjadi momen paling memilukan, momen epik terjadi ketika Levi mengamuk dan hampir membunuh Zeke, orang yang ada di balik Beast Titan. Di sisi lain, Armin juga mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Colossal Titan. Levi sempat disudutkan dengan dua pilihan sulit, antara menyelamatkan Erwin atau Armin.

Selain itu, terjadi juga pertarungan epik antara Eren dan Reiner sebagai Armored Titan. Pertempuran ini dimulai ketika Pasukan Pengintai kembali ke Shiganshina untuk mencari tahu rahasia apa yang disimpan di ruang bawah tanah keluarga Yeager. Namun, setibanya di sana, mereka dihadang oleh Armored Titan, Colossal Titan, Beast Titan, dan Cart Titan.

2. War for Paradis

5 Arc Terbaik dalam Seri Attack on TitanRumbling (dok. MAPPA/Attack on Titan: The Final Season)

War for Paradis adalah arc kesembilan sekaligus arc terakhir dalam seri Attack on Titan. Sementara semua momen epik ada di arc Return to Shiganshina, perang terbesar dalam seri terjadi pada War for Paradis arc. Dalam arc ini, Eren akhirnya mengungkapkan tujuan utamanya, yaitu Rumbling.

Dengan menggunakan kekuatan Founding Titan, Eren bertujuan untuk melepaskan ratusan ribu Colossal Titan yang berdiri di Paradis untuk menghancurkan dunia. Mau tak mau, Pasukan Pengintai harus bekerja sama dengan Unit Prajurit Marley demi menghentikan Eren.

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Hal yang Mendorong Eren untuk Memulai Rumbling

3. Marley

5 Arc Terbaik dalam Seri Attack on TitanWar Hammer Titan (dok. MAPPA/Attack on Titan)

Marley adalah arc pertama yang mengambil latar di luar Paradis. Arc ini sedikit lebih berfokus pada orang-orang Marley, seperti Reiner, Zeke, Gabi, dan Falco. Dalam arc ini, terungkap alasan Reiner dan teman-temannya pergi ke Paradis dan menghancurkan Shiganshina pada 4 tahun yang lalu.

Puncak pada arc ini adalah ketika terjadi pertempuran antara Pasukan Pengintai dengan Unit Prajurit Marley di Liberio. Pada festival yang mempertemukan bangsa-bangsa sekutu Marley, Willy Tybur mendeklarasikan perang terhadap Shiganshina untuk mencegah potensi Rumbling yang akan dilakukan oleh Eren.

Namun, Eren yang sudah mempersiapkan semuanya sejak lama langsung menghancurkan Liberio sebelum mereka dapat menyerang Paradis.

4. Clash of the Titans

5 Arc Terbaik dalam Seri Attack on TitanAttack Titan vs. Armored Titan (dok. WIT STUDIO/Attack on Titan)

Dalam arc ini, terungkap bahwa Reiner dan Bertholdt adalah Armored Titan dan Colossal Titan. Dengan terungkapnya fakta tersebut, itu berarti bahwa Reiner dan Bertholdt secara tidak langsung bertanggung jawab atas kematian ibu Eren.

Tidak hanya mengaku kepada Eren bahwa dirinya adalah pembunuh ibu Eren, Reiner juga mencoba untuk membawa Eren ke kampung halamannya. Namun, beruntung Eren berhasil diselamatkan oleh Pasukan Pengintai meskipun Erwin harus mengorbankan salah satu tangannya.

5. The Female Titan

5 Arc Terbaik dalam Seri Attack on TitanFemale Titan (dok. WIT STUDIO/Attack on Titan)

Seperti judulnya, arc ini menampilkan pertarungan antara Pasukan Pengintai dengan Female Titan. Sebelum Reiner mencoba untuk menculik Eren, Female Titan sudah melakukan percobaan tersebut terlebih dahulu.

Sementara Female Titan berusaha untuk menculik Eren, Pasukan Pengintai berusaha untuk menangkap Female Titan dan mengungkap siapa orang di balik Titan tersebut. Setelah terungkap bahwa Female Titan adalah Annie, Pasukan Pengintai menyiapkan strategi jebakan untuk menangkap Annie.

Attack on Titan memang tidak memiliki arc yang buruk. Seri ini sama sekali tidak memiliki bab atau episode yang membosankan. Namun, tidak diragukan lagi jika kelima arc di atas adalah arc yang paling membuat Attack on Titan sangat menarik. Jadi, dari kelima arc di atas, arc mana yang paling kamu sukai?

Baca Juga: 5 Karakter Attack on Titan dengan Pengembangan Karakter Terbaik

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya