Comscore Tracker

5 Perbedaan antara Anime dan Manga Fullmetal Alchemist

Di manga, Ed takut terhadap Scar?

Fullmetal Alchemist memiliki tiga versi, yaitu versi manga, anime 2003, dan Brotherhood. Secara garis besar, ketiganya memiliki premis yang sama, yaitu menceritakan tentang perjalanan Edward dan Alphonse Elric yang mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.

Meskipun begitu, ketiga versi ini tetap memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah lima perbedaan antara anime dan manga seri Fullmetal Alchemist. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Percakapan antara Ed dan Hohenheim

5 Perbedaan antara Anime dan Manga Fullmetal AlchemistHohenheim berbincang dengan Ed. (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Dalam Brotherhood, setelah Ed bertemu kembali dengan ayahnya, Hohenheim berbicara dengan Ed tentang tindakan yang dilakukan oleh anaknya. Kemudian, Ed pergi begitu saja, seolah menghindari ayahnya.

Sementara itu, Ed bersikap lebih kasar kepada Hohenheim dalam versi manga. Ed mengungkapkan rasa frustasinya terhadap apa yang sudah ia alami. Percakapan juga dilakukan dengan jarak yang cukup berjauhan, di mana Hohenheim mengikuti Ed dari belakang sementara Ed terus berusaha menjauh dari Hohenheim.

2. Keadaan Resembool

5 Perbedaan antara Anime dan Manga Fullmetal AlchemistResembool (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Dalam anime 2003, kampung halaman Ed dan Al, Resembool, tampak sepi karena dampak dari Perang Saudara Ishval. Selain bengkel automail milik Winry dan Pinako, tidak ada apa-apa di Resembool selain kehidupan pertanian.

Namun, dalam manga, Resembool tampak lebih ramai dari Resembool di anime 2003. Beberapa panel memperlihatkan Ed yang berbincang dengan teman lamanya, saat Ed dalam perjalanan menuju makam ibunya. Hal ini juga diperlihatkan dalam Brotherhood.

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Lebih Kuat dari Scar "Fullmetal Alchemist"

3. Pertarungan melawan Blue Squad

5 Perbedaan antara Anime dan Manga Fullmetal AlchemistBlue Squad (dok. Netflix/Fullmetal Alchemist)

Untuk alasan tertentu, tidak jarang anime tidak menampilkan beberapa adegan dalam manganya. Hal ini juga terjadi pada adegan pertarungan antara Ed dan Al melawan Blue Squad di kereta api.

Dalam manga, terdapat adegan di mana Ed dan Al mencoba merebut kembali kereta yang dibajak oleh Bald dan Blue Squad. Ketika Bald menyadari keberadaan Ed, Bald langsung menembaki Ed dan salah satu pelurunya berhasil mengenai automail Ed.

Adegan ini muncul dalam anime 2003, namun dengan beberapa penyesuaian. Sementara itu, adegan ini benar-benar dilewatkan dalam versi Brotherhood. Bahkan, Brotherhood sama sekali tidak pernah memperkenalkan Blue Squad.

4. Pertemuan Ed dengan Scar

5 Perbedaan antara Anime dan Manga Fullmetal AlchemistEd vs Scar (dok. Netflix/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Dalam manga, Ed benar-benar ketakutan saat dirinya pertama kali bertemu dengan Scar. Sementara dalam anime 2003, Ed sudah mengundurkan diri dari Alkemis Negara sehingga dirinya sudah tidak menjadi target pembunuhan Scar.

Dalam Brotherhood, terjadi pertarungan yang sengit ketika Ed dan Al pertama kali bertemu dengan Scar. Pertemuan ini berakhir sama dengan versi manganya, di mana Ed dan Al diselamatkan oleh Roy Mustang dan Al memarahi Ed karena hampir menyerahkan hidupnya kepada Scar.

5. Trauma Ed terhadap Transmutasi Manusia

5 Perbedaan antara Anime dan Manga Fullmetal AlchemistEd bermimpi buruk. (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Setelah gagal melakukan Transmutasi Manusia, Ed mulai memiliki trauma yang besar terhadap Transmutasi Manusia. Tak jarang, hal ini membuat Ed bermimpi buruk. Setelah apa yang dilakukan oleh Shou Tucker kepada putrinya, Ed kembali diserang oleh mimpi yang mengerikan.

Mimpi tersebut dimulai dengan kilas balik saat Ed menghabiskan waktu bersama ibunya. Namun, mimpi tersebut berakhir dengan mengerikan sehingga membuat Ed terus merasa bersalah atas apa yang sudah ia perbuat.

Meskipun adegan ini juga muncul dalam Brotherhood, namun Brotherhood memberikan adegan tambahan sehingga membuat mimpi Ed semakin mengerikan.

 

Itulah lima perbedaan antara anime dan manga Fullmetal Alchemist. Di antara versi manga, anime 2003, dan Brotherhood, versi yang mana yang lebih kamu suka?

Baca Juga: Fullmetal Alchemist: 5 Kekuatan Terbesar yang Dimiliki Edward Elric

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya