Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Jepang Lawas Ini Siap Temani Nostalgiamu 

Ceritanya sangat manis #IDNTimesHype

Sejak dulu film-film produksi Jepang memang tak bisa dipandang sebelah mata, ceritanya yang sederhana dengan konflik yang realistis ditambah paras para pemainnya yang rupawan mampu menghipnotis penonton sejak dulu.

Di bawah ini ada beberapa film jepang lawas yang jadi rekomendasi untuk ditonton sambil bernostalgia bersama teman-teman atau keluarga, apa saja ya? Langsung simak, yuk!

1. Hana and Alice (2004) 

https://www.youtube.com/embed/42FDVfk8BC0

Film ini bercerita tentang dua orang sahabat yang sangat dekat bernama Hana dan Alice. Saat mereka naik kereta, mereka bertemu dengan dua orang siswa SMA yang cukup tampan, Hana dan Alice saling berbisik untuk memilih salah satu dari dua siswa SMA tersebut yang mereka sukai. Selang beberapa lama, Alice sudah melupakan dua siswa SMA tersebut namun tidak untuk Hana, diam-diam Hana menguntit salah satu siswa SMA yang dia sukai ketika di kereta sampai Hana tamat SMP dan melanjutkan ke SMA.

Tanpa diduga, ternyata siswa SMA yang disukai Hana juga bersekolah disitu, dia bernama Miyamoto Masashi. Suatu ketika, Miyamoto yang hendak pulang sekolah terjatuh dan membuatnya pingsan, Hana yang setiap hari menguntitnya berusaha menolong Miyamoto sampai sadar. Ketika sadar, Miyamoto yang memang tidak mengenali Hana, menanyakan siapa dirinya. Hana yang menyukainya, mengambil kesempatan untuk melakukan kebohongan dengan mengatakan kalau dirinya adalah pacarnya. 

Kebohongan Hana berlanjut dan melibatkan sahabatnya Alice, namun hal itu malah membuat Miyamoto dan Alice saling jatuh cinta.

2. Love Letter (1995)  

https://www.youtube.com/embed/P6JAtpSC0EA

Bercerita tentang seorang perempuan bernama Hiroko yang masih berduka atas kematian tunangannya yang bernama Fuji Itsuki dua tahun lalu, karena terjatuh di gunung. Saat peringatan hari kematian tunangannya tersebut, Hiroko berkunjung ke rumah tunangannya dan melihat-lihat kamarnya.

Di sana ada sebuah buku tahunan SMP milik Fuji Itsuki yang memuat alamat rumah Fuji Itsuki yang lama, Hiroko pun mencatat alamat rumah tersebut, berharap bisa mendapatkan balasan dari Surga. Hiroko yang masih mencintai Fuji Itsuki mencoba untuk mengirim surat pada tunangannya yang sudah meninggal ke alamat rumah tersebut. Tapi alangkah kagetnya Hiroko ketika surat yang dikirimnya dibalas oleh seseorang yang bernama Fuji Itsuki. Dia merasa bahwa tunangannya membalas suratnya dari Surga.

Tapi setelah beberapa kali berkirim surat, akhirnya kesalahpahaman itu terjawab, yang membalas surat Hiroko adalah Fuji Itsuki yang lain yang merupakan seorang perempuan dan kebetulan merupakan teman sekelas tunangan Hiroko. Hiroko pun meminta Fuji Itsuki untuk menceritakan bagaimana sosok tunangannya semasa SMP.

Fuji Itsuki pun mencoba menggali kembali ingatannya tentang teman sekelasnya yang bernama sama itu yang menurutnya menyebalkan. Seiring dengan kenangan Fuji Itsuki yang tergali, Hiroko mulai menyimpulkan bahwa Fuji Itsuki merupakan cinta pertama tunangannya tersebut dan Hiroko pun merasa cemburu.

Baca Juga: 7 Film Terlaris di Jepang Sepanjang Masa dengan Pendapatan Tertinggi 

3. April Story (1998) 

https://www.youtube.com/embed/2M3s86wPUWg

Bercerita tentang seorang perempuan bernama Uzuki Nireno yang datang dari Hokaido untuk kuliah di Tokyo. Nireno yang memiliki sifat pemalu itu pada awalnya merasa asing dengan lingkungan barunya, namun karena tujuannya ke Tokyo untuk bertemu dengan Yamazaki, cinta pertamanya ketika masih SMA, maka dia berusaha untuk beradaptasi.

Film ini berpusat pada Uzuki yang mencari-cari keberadaan cinta pertamanya dan perubahan karakter Uzuki yang awalnya pemalu menjadi lebih terbuka dan ceria.

4. Memories of Matsuko (2006)

https://www.youtube.com/embed/14eEHsh8xQE

Film ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Sho Kawajiri yang menjalani hikikomori karena merasa hidupnya tidak berguna. Suatu ketika, ayahnya datang ke tempat Sho untuk datang ke apartemen Matsuko yang merupakan bibi Sho yang baru saja meninggal karena dibunuh orang tak dikenal untuk membereskan barang-barang Matsuko. Sho tidak menyangka bahwa dirinya memiliki seorang bibi, apalagi ayah Sho mengatakan bahwa Sho dan Matsuko memiliki kemiripan. Karena penasaran Sho pun bersedia pergi ke apartemen Matsuko.

Ketika Sho bertemu dengan seorang polisi yang tengah memecahkan kasus pembunuhan Matsuko, cerita pun dimulai menyorot ke perjalanan hidup Matsuko yang dulunya berprofesi sebagai guru SMP. Karena kesalahpahaman, Matsuko dipecat dari tempatnya mengajar ditambah lagi hubungan dengan orangtuanya tidak baik yang membuat Matsuko kabur dari rumah.

Kehidupan Matsuko yang berliku pasca kabur dari rumah dimulai dari dirinya yang menjadi wanita simpanan seorang karyawan swasta, lalu menjadi wanita penghibur hingga terlibat dalam kasus pembunuhan yang membuatnya di penjara selama 8 tahun sampai suatu ketika Matsuko tewas terbunuh. Kisah hidup Matsuko membuat Sho merasa kasihan dengan sosok bibi yang tak pernah ditemuinya itu. Dan hal itu membuatnya memikirkan hidupnya lagi.

5. Fish Story (2009)  

https://www.youtube.com/embed/Th-aWq1UNeM

Film ini bercerita tentang sebuah lagu berjudul "Fish Story" yang dibawakan oleh band musik rock yang sudah bubar dan tidak terkenal yang disinyalir akan menyelematkan bumi dari serangan komet. Namun cerita awal dari sebuah penciptaan lagu tersebut justru merupakan unsur ketidaksengajaan, meskipun demikian lagu tersebut berdampak sangat besar untuk orang-orang di masa depan.

Nah, itulah kelima rekomendasi film Jepang lawas yang cocok ditonton sambil bernostalgia.

Baca Juga: Baper Sampai Kocak, 6 Film Korea Ini Adaptasi dari Film Jepang Lho!

asih purwanti Photo Verified Writer asih purwanti

Perempuan biasa yang suka membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya