Comscore Tracker

5 Film Animasi Tentang Kehidupan Serangga yang Menarik Diikuti

Kisahnya seru dan menarik

Film animasi memang menghadirkan cerita menarik dan lucu dari beragam tema yang diusung. Salah satu tema animasi yang berbeda tapi memikat adalah mengenai serangga, di mana cukup jarang film yang menceritakan karakter serangga. Maka dari itu terdapat beberapa film menarik nih yang mengisahkan mengenai kehidupan serangga yang ceritanya antimainstream dan seru pastinya. 

Buat kalian yang mau tahu apa saja filmnya. Maka ikuti beberapa daftar dan ulasannya berikut ini ya. 

1. A Bug's Life (1998)

https://www.youtube.com/embed/mE35XQFxbeo

A Bug's Life menjadi salah satu film animasi bertema serangga yang paling populer dan sudah banyak dikenal baik anak-anak maupun orang dewasa pada era 90 dan 2000an. Film ini berkisah mengenai sekelompok serangga yang dipimpin oleh semut yang kurang populer. Di mana kemudian ia berteman dengan sekelompok serangga sirkus dan berusaha menyelamatkan koloni semutnya dari serangan belalang ganas. 

Film animasi komputer ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures. Film ini sudah dirilis pada tanggal 25 November 1998 dan mendapatkan keuntungan kotor sebesar 363 juta dollar AS. 

2. Antz (1998)

https://www.youtube.com/embed/iX_qRwVXWYQ

Antz juga termasuk salah satu film animasi populer di era 90an, yang tepatnya diluncurkan pada tanggal 2 Oktober 1998. Selain itu film ini juga masuk dalam ajang TIFF yang diselenggarakan pada bulan September 1998. Serta mampu meraih pendapatan kotor sejumlah 171.8 juta dollar AS. 

Sedangkan kisah film ini mengenai semut pekerja bernama Z4195 yang tidak setuju dengan sistem yang berlaku, di mana membedakan antara semut pekerja dan semut prajurit. Selain itu ia juga bekerjasama dengan putri Bala untuk menggagalkan rencana Jenderal Mandible yang ingin membuat perbedaan strata antara kedua jenis semut tersebut. 

3. The Ant Bully (2006)

https://www.youtube.com/embed/Mn_bNixJa3k

Berikutnya terdapat film The Ant Bully yang berkisah mengenai seorang bocah laki-laki berumur 10 tahun bernama Lucas Nickle yang baru saja pindah ke lingkungan baru. Disamping itu, Lucas Nickle juga mendapatkan siksaan dari anak geng setempat yang membuatnya menjadi seorang anak nakal dan menyiksa sarang semut agar melepaskan penatnya. Namun suatu saat terdapat seekor semut yang memiliki ramuan ajaib yang membuat Lukas berubah menjadi seukuran semut dan harus mengganti semua kerusakan yang ada. 

The Ant Bully mengadaptasi kisah dari buku cerita anak berjudul sama, karangan John Nickle yang terbit tahun 1999. Film produksi Warner Bros Pictures ini sudah ditayangkan sejak tanggal 28 Juli 2006. 

Baca Juga: 5 Pesan Moral dalam Film "Susi Susanti" yang Bisa Kamu Ambil

4. Bee Movie (2007)

https://www.youtube.com/embed/VONRQMx78YI

Bee Movie merupakan film animasi komputer rilisan tahun 2007 yang kisahnya mengenai seekor lebah bernama Barry B. Benson yang sudah lulus kuliah, namun masih ragu dalam melanjutkan karirnya. Kemudian ia melakukan perjalanan jauh di luar sarangnya dan ketika berada di New York City ia diselamatkan oleh seroang penjual bunga bernama Vanessa hingga jatuh cinta. Hingga pada akhirnya ia mengetahui jika manusia memakan madu dan ia pun mencoba untuk menuntut manusia agar berhenti mengonsumsi madu. 

Film animasi ini sudah dirilis sejak tanggal 2 November 2007 dan mendapatkan berbagai kritik positif maupun negatif dari penoton. 

5. Minuscule: Valley of the Lost Ants (2013, 2019)

https://www.youtube.com/embed/94QlYiCmWvg

Terakhir ada film asal Perancis dan Belgia berjudul Minuscule: Valley of the Lost Ants yang berkisah mengenai kepik yang terperangkap dalam peperangan antara dua koloni semut. Namun ia berteman dengan semut hitam dan berusaha untuk melawan koloni semut merah yang ganas dan berjumlah jutaan, serta menyelamatkan anthill dari serangan tersebut. 

Tayangan ini tidak menghadirkan dialog dan hanya menghadirkan efek suara dari karakter serta backsound. Selain itu film ini didasarkan pada serial Minuscule yang merupakan seri pantomin serangga. Tak hanya itu saja, pada tahun 2019 ini juga dirilis sequel film ini yang berjudul Minuscule 2 : Les Mandibules du bout du monde. 

Nah itu tadi beberapa film animasi yang mengisahkan kehidupan serangga. Mana nih yang jadi favorit kalian?

Baca Juga: 5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusan

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You