Comscore Tracker

Gen Z Doyan Musik Pop, YouTube dan Podcast Paling Diminati

IDN Times meluncurkan Indonesia Gen Z Report 2022

Jakarta, IDN Times - Percaya gak sih kalau di tengah serbuan smartphone dengan berbagai fitur audio yang ciamik ternyata masih ada orang yang mendengarkan musik melalui MP3 Player dan CD Player?

Percaya atau nggak harus percaya. Sebab fakta ini terungkap dalam survei yang digelar IDN Research Institute dan Populix. Lebih mengejutkan lagi, ternyata orang yang masih menggunakan MP3 Player dan CD Player adalah Gen Z!

Gen Z adalah generasi kelahiran 1997 hingga 2012. Generasi ini paling melek teknologi dan paling memahami digitalisasi. Bahasa kerennya digital native. Tapi ternyata gak semua Gen Z melek teknologi.

Sebab, dari 74.93 juta atau 27 .94 persen Gen Z di Indonesia, ternyata masih ada yang setia dengan MP3 player dan CD Player. Fakta ini setidaknya mengindikasikan tak semua Gen Z tergoda teknologi. 

Masih eksisnya MP3 Player dan CD Player juga menandakan Gen Z adalah generasi yang unik dan karenanya perlu dikenali secara lebih dekat, salah satunya dengan riset dan survei. 

Riset yang digelar IDN Research Institute bersama Populix melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 12 kota pada 27 Januari-7 Maret 2022, dengan menggunakan metode survei multistage random sampling, dan Margin of error sebesar < 5 persen. 

Hasil lengkap riset tertuang dalam report berjudul 'Indonesia Gen Z Report 2022'. Report ini dirilis bersamaan dengan acara Indonesia Millennials and Gen Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada 29-30 September 2022.

Banyak hasil riset yang mengejutkan, berikut beberapa di antaranya. 

1. Sebagian besar Gen Z mendengarkan musik melalui smartphone, YouTube jadi platform pilihan

Gen Z Doyan Musik Pop, YouTube dan Podcast Paling Diminatiimr 2022

Hasil riset menemukan fakta bahwa 94 persen responden Gen Z menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik. Sementara Gen Z yang mendengarkan musik melalui televisi hanya sebesar 13 persen.

Jumlah Gen Z yang mendengarkan musik melalui laptop lebih kecil lagi, yakni 10 persen. Uniknya, ternyata masih ada Gen Z yang mendengarkan musik melalui MP3 player (7 persen), radio (4 persen), dan bahkan CD player (1 persen).

Sementara untuk platform yang paling diminati Gen Z adalah YouTube sebesar 65 persen, diikuti JOOX (25 persen), Spotify (20 persen), dan YouTube Music (13 persen). Sebanyak 10 persen lainnya menyatakan tidak memiliki flatform khusus untuk mendengarkan musik.

Uniknya lagi, ternyata hanya 30 persen dari responden Gen Z yang tertarik untuk berlangganan platform musik. Namun angka ini masih lebih besar dari responden Generasi Millennials yang hanya 23 persen dari mereka tertarik berlangganan platform musik. 

2. Pop jadi musik favorit Gen Z

Gen Z Doyan Musik Pop, YouTube dan Podcast Paling DiminatiIMR 2022

Sebagian besar Gen Z ternyata menyukai jenis musik pop. Fakta ini terungkap dari hasil riset yang menyebutkan 60 persen responden Gen Z memilih musik pop sebagai musik favorit mereka, sementara sebanyak 16 persen responden menyatakan tidak memiliki preferensi musik dan menyukai semua genre musik. Selain itu ada 9 persen responden Gen Z yang menyukai musik Top 40 di radio.

Fakta lainnya, hanya 21 persen dari responden Gen Z yang bersedia membeli tiket virtual konser dan hanya 20 persen responden yang mau membayar untuk berlangganan musik. Sementara 45 persen responden lainnya tidak berminat untuk langganan musik berbayar.

3. Berapa banyak Gen Z yang tertarik pada K-Pop?

Gen Z Doyan Musik Pop, YouTube dan Podcast Paling DiminatiIMR 2022

Saat ini demam K-Pop memang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia. Hasil riset IDN Research Institute dan Populix menemukan fakta bahwa 1 dari 4 (24 persen) Gen Z suka mendengarkan K-Pop. Sementara Generasi Millennials yang suka mendengarkan K-Pop hanya sebesar 14 persen.

Musisi Korea yang menjadi favorit Gen Z pencinta K-Pop di Indonesia yaitu BTS, BLACKPINK, and IU. Beberapa Gen Z juga menyebutkan nama-nama spesial favorit mereka, seperti Lisa from BLACKPINK, Jungkook, dan Taehyung dari BTS.

4. Podcast bukan hanya untuk hiburan

Gen Z Doyan Musik Pop, YouTube dan Podcast Paling DiminatiIMR 2022

Di Indonesia, podcast tidak hanya hadir dalam bentuk audio tapi juga video. Podcast juga bisa dinikmati di berbagai platform, seperti YouTube, Spotify, Apple Podcast, dan Google Podcast. Karena itu podcast pun menjadi perhatian Gen Z.

Sebanyak 32 persen responden Gen Z mengatakan mereka mendengarkan podcast, sebagian besar (64 persen) untuk topik-topik hiburan seperti komedi dan drama. Meski begitu, 1 dari 3 pendengar podcast juga mengukuti akun berita dan politik.

Berikut jumlah responden Gen Z yang mendengarkan podcast berdasarkan topik: budaya (30 persen), kesehatan  (26 persen), bisnis (26 persen), sports (23 persen), investigatif journalism (19 persen), dan agama religion (17 persen).

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya