Comscore Tracker

7 Film dan Serial Terbaik William Macy, Aktor Senior yang Menolak Tua

Aktif di usianya yang memasuki 70-an

Lahir pada 1950, William H. Macy tidak bisa dibilang muda lagi. Namun, sampai saat ini ia masih aktif berkarier sebagai aktor dan sutradara dalam berbagai proyek brilian. Aktor tersebut bahkan telah merebut puluhan nominasi atas kontribusinya dalam industri film Amerika Serikat. 

Memulai kariernya sebagai aktor Broadway, Macy kemudian merambah ke film pada tahun 1980-an. Dimulai dari proyek-proyek indie dan serial televisi, ia mulai masuk ke Hollywood pada 1990-an. 

Beberapa penampilan terbaiknya sudah direkap di bawah ini. Catat dan nikmati aktingnya yang menawan lewat film dan serialnya berikut ini. 

1. Fargo (1996)

https://www.youtube.com/embed/ju75Sd4yAZw

Fargo adalah proyek terbesar William H. Macy pada awal keikutsertaannya dalam industri film Hollywood. Tak disangka film karya sutradara Coen bersaudara ternyata sukses berat dengan menyabet 7 nominasi sekaligus pada ajang Academy Awards. Salah satunya Macy yang mendapatkan nominasi Aktor Pendukung Terbaik. 

Fargo berkisah tentang seorang salesman yang tak sengaja terlibat dalam kasus pembunuhan beberapa orang di sebuah kota. Film legendaris ini kemudian dibuat versi serialnya pada 2014 lalu oleh FX. 

2. Boogie Nights (1997)

https://www.youtube.com/embed/YN7pcEa83dU

Boogie Nights cukup kontroversial pada awal perilisannya. Film ini mengikuti orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film dewasa, mulai dari aktor hingga produsernya. 

Macy memerankan asisten sutradara bernama Bill. Selain Macy, ada beberapa nama prominen yang terlibat yaitu Mark Wahlberg, Julianne Moore, dan Burt Reynolds. Meski berlabel R-rated, film ini berhasil merebut tiga nominasi Oscar termasuk sutradara terbaik atas nama Paul Thomas Anderson. 

3. Magnolia (1999)

https://www.youtube.com/embed/TCJsZBK1JKE

Magnolia adalah proyek kedua Macy yang ia garap bersama sutradara Paul Thomas Anderson. Menariknya, hampir semua karakter di film ini punya porsi kontribusi yang hampir sama, termasuk karakter yang diperankan William H. Macy. 

Secara umum Magnolia mengikuti kehidupan orang-orang di sebuah kota yang tidak saling mengenal. Namun, pada akhirnya akan tumpang tindih dan menemukan korelasinya. Anderson berhasil merebut nominasi Naskah Terbaik pada Academy Awards. Bersama dengan Tom Cruise yang mendapat nominasi Aktor Pendukung Terbaik. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Horor Adaptasi Film Pendek, Ada Smile!

4. Door to Door (2002)

7 Film dan Serial Terbaik William Macy, Aktor Senior yang Menolak TuaWilliam H. Macy dalam film Door to Door (dok. Turner Network Television/Door to Door)

Macy banyak dipuji ketika berhasil memerankan sosok nyata bernama Bill Porter dalam film Door to Door. Porter merupakan seorang pengidap celebral palsy yang gigih bekerja sebagai salesman. Ia bahkan rela menjemput bola dengan mengetuk pintu satu per satu. 

Film yang tayang di televisi tersebut merebut 12 nominasi Emmy dan memenangkan 6 di antaranya. Termasuk aktor utama dan naskah terbaik yang ditulis William H. Macy dan Steven Schachter. 

5. Shameless (2011-2020)

https://www.youtube.com/embed/fUYhtQi-fG4

Tak hanya film, William H. Macy juga sering dapat proyek serial. Salah satu yang paling mencolok adalah Shameless (US Version). Ia berperan dalam 11 musim sebagai ayah 6 anak bernama Frank Gallagher. 

Bukannya jadi teladan dan mengayomi anak-anaknya, Frank diceritakan sebagai sosok narsis dan alkoholik yang membiarkan putra-putrinya mengurus diri sendiri. Barulah pada musim ke-8, sepeninggal istrinya, ia digambarkan mulai berusaha menjadi ayah yang baik untuk putra bungsunya, Liam. Lewat perannya ini, Macy berhasil merengkuh beberapa kali nominasi Emmy. 

6. Room (2015)

https://www.youtube.com/embed/E_Ci-pAL4eE

Tentu kamu sudah familier dengan film Room yang berjaya pada Academy Awards 2016. Film ini memang membuat orang mengenal sosok Brie Larson. Namun, William H. Macy ternyata dapat peran kecil yang cukup penting. 

Ia berperan sebagai ayah kandung sang lakon utama yang akhirnya dipertemukan setelah 7 tahun terpisah. Meski hanya tampil sebentar, karakter yang diperankan Macy menambah kedalaman cerita. 

7. The Dropout (2022)

https://www.youtube.com/embed/W7rlZLw9m10

The Dropout diadaptasi dari sebuah siniar berjudul sama yang menceritakan perjalanan seorang mahasiswi bernama Elizabeth Holmes yang berusaha mengeksekusi ide bisnisnya. Pada awalnya, idenya cukup prospektif. Ia pun memilih untuk tidak menyelesaikan kuliahnya dan fokus mengejar ambisinya. 

Ketika eksekusinya dapat banyak hambatan, Holmes justru menggunakan cara-cara curang yang berakibat fatal. Dalam proyek ini Macy memerankan Richard Fuisz, seorang pebisnis yang berusaha membuka kedok Holmes. 

William H. Macy boleh saja memasuki usia 70-an, tetapi kecintaannya pada akting belum juga padam. Penampilannya juga tak main-main. Ia punya ciri khas sendiri, tetapi tetap bisa menghayati tiap peran yang didapatkannya. Layak disebut legenda. 

Baca Juga: 30 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Ada Film Indonesia!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya