Comscore Tracker

Serasa Dimengerti, Ini 10 Lagu Terbaik tentang Kesehatan Mental

Bisa bikin kamu lebih tenang, lho

Sejak 1992, tanggal 10 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia. Tujuannya menjegal stigma buruk yang melekat pada pengidapnya atau kecenderungan orang meremehkan esensi kesehatan mental. 

Selain edukasi formal, kesehatan mental turut disuarakan lewat berbagai unsur budaya pop. Salah satunya musik, seperti yang dilakukan beberapa musisi berikut lewat lagu rilisan mereka.

Liriknya bikin kamu serasa dimengerti, berikut rekomendasi lagu yang mengangkat soal kesehatan mental yang wajib kamu dengerin. Bikin tenang dan nyaman.

1. girl in red - "Serotonin"

https://www.youtube.com/embed/Gh8Gl2GwB6s

Diambil dari album If I Could Make It Go Quiet, penyanyi asal Norwegia ini dengan lantang menyuarakan rasanya menjadi pengidap penyakit mental. girl in red atau Marie Ulven mengatakan dalam wawancara dengan Vice bahwa ia mengidap OCD dan sering mendapatinya memikirkan hal-hal berbahaya dan aneh yang bisa menyakiti dirinya sendiri.

I get intrusive thoughts/ Like burning my hair off/ Like hurting somebody I love/ Like, does it ever really stop?/ When there's control, I lose it/ Incredibly impulsive/ So scared I'm gonna end up doing something stupid

2. Logic feat. Alessia Cara, Khalid - "1-800-273-8255"

https://www.youtube.com/embed/Kb24RrHIbFk

Lagu ini dirilis Logic pada 2018 dan berkolaborasi dengan lembaga pencegahan bunuh diri Amerika Serikat, National Suicide Prevention Lifeline. Liriknya pun sangat relevan dengan siapa pun yang pernah atau sedang merasakan dorongan mengakhiri hidup.

Lewat lagu ini, Logic berharap orang bersedia berpikir ulang sebelum benar-benar tindakan nekat tersebut. Salah satunya dengan menghubungi nomor hotline yang jadi judul lagu tersebut. 

I've been praying for somebody to save me, no one's heroic/ And my life don't even matter, I know it, I know it/ I know I'm hurting deep down, but can't show it/ I never had a place to call my own/ I never had a home, ain't nobody callin' my phone/ Where you been? Where you at? What's on your mind?/ They say every life precious but nobody care about mine

3. Neck Deep - "In Bloom"

https://www.youtube.com/embed/RPzf_4dcL28

"In Bloom" adalah salah satu single andalan band Neck Deep di album The Peace and The Panic yang dilepas pada 2017 lalu. Lagu ini merupakan ekspresi sang vokalis yang sedang mengalami masa sulit karena kehilangan orang terdekat. Rasa duka juga bisa jadi pemicu depresi dan penyakit mental lainnya, hanya saja banyak yang mengabaikannya. 

And stop calling me out, we're never going to/ Put the pieces back together/ If you won't let me get better/ And stop digging it up, or we're never gonna/ See it all in bloom

4. Movement - "Daylily"

https://www.youtube.com/embed/PedACuLiMxU

Dirilis pada 2017, lagu ini ditulis sang vokalis untuk kekasihnya yang mengidap gangguan kecemasan, depresi, dan eating disorder. Ditulis dari sudut pandang pengamat yang sabar menyemangati orang terkasihnya untuk sembuh. Sedih, tapi manis dan penuh optimisme. 

Outside for the first time in a long time/ You said you can't remember what it's like/ To feel more than cold on the inside/ But the sunrise will come again/ And you'll be just fine/ You'll be just fine

5. twenty one pilots – "Migraine"

https://www.youtube.com/embed/z-wYtUBBTuY

Lagu ini juga bernuansa gelap karena menggambarkan bagaimana rasanya memiliki pikiran-pikiran mengakhiri hidup yang datang kapan saja tanpa diundang. Namun, twenty one pilots menyisipkan pesan penting di akhir lagu. Kamu sudah sampai sejauh ini, terus bertahan, ya. 

And sometimes death seems better than the migraine in my head/ Am I the only one I know?/ Waging my wars behind my face and above my throat/ Shadows will scream that I'm alone/ But I know we've made it this far, kid

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lagu Buat Kamu yang Galau Biar Cepat Move On

6. Haim - "Now I'm in It"

https://www.youtube.com/embed/G-UnzRM24IM

Haim menciptakan lagu ini saat seorang di antara mereka mulai mengalami post tour depression. Depresi ini sering menghinggapi musisi dan orang-orang yang harus sering bepergian dan biasanya muncul saat mereka pulang ke rumah. 

Pelarian mereka adalah terus bekerja dan berkarya hingga melupakan aspek lain dalam hidup mereka seperti kesehatan fisik dan hubungan dengan orang-orang terdekat. 

Looking in the mirror again and again/ Wishing the reflection would tell me something/ I, I can't get a hold of myself/ I can't get outta this situation

7. Kehlani - "24/7"

https://www.youtube.com/embed/gdmI_8bw03k

"24/7" dirilis Kehlani sebagai lagu pertama setelah ia keluar dari rumah sakit pascausahanya mengakhiri hidup pada 2016 lalu. Inti lagu ini adalah mengakui bahwa kita tidak baik-baik saja setiap saat. Ada kalanya kita merasakan kepedihan dan butuh bantuan.

It's okay to not be okay/ To dive in your pain/ And it's alright to not be alright/ To search for your light/ And it's all good to not be all good/ To feel like you shouldn't feel any better

8. Green Day - "Basket Case"

https://www.youtube.com/embed/NUTGr5t3MoY

Dirilis sebelum kesehatan mental jadi isu yang normal dibahas, Green Day terinspirasi dari pengalaman mereka berkenaan dengan gangguan kecemasan dan serangan panik yang membuat seseorang jadi merasa teralienasi dari dunia luar.

Lagunya memang bikin berjingkrak, khas lagu punk 90-an, namun sebenarnya mengandung pengalaman yang gak mengenakkan. Coba kamu dengerin, deh.

Sometimes I give myself the creeps/ Sometimes my mind plays tricks on me/ It all keeps adding up/ I think I'm cracking up/ Am I just paranoid/ Or am I just stoned?

9. Radiohead - "Paperbag Writer"

https://www.youtube.com/embed/ZAl2BPPb-Ac

Tak banyak komentar yang dilontarkan Radiohead tentang lagu ini, namun banyak pihak yang yakin lagu ini dibuat untuk orang-orang yang mengidap gangguan kecemasan dan serangan panik. Liriknya berisi anjuran untuk atur napas, jangan menyangkal, dan istirahat. 

Take your armor off/ You're not under attack/ Come on, come on/ Blow into this paperbag/ Go home, stop grinning at everyone

10. Jeremy Zucker - "Therapist"

https://www.youtube.com/embed/wCk--S7BfPA

"Therapist" adalah lagu yang diambil dari album terbaru Jeremy Zucker, CRUSHER. Lagu ini ditulis dari sudut pandang orang pertama yang menjalin hubungan dengan seseorang dengan gangguan mental. Kita memang gak bisa setiap waktu jadi pahlawan untuk orang lain, bantuan ahli lebih disarankan. 

I do my best to stay away/ 'Cause I can't save you every day/ I'm waiting for the hurricane/ You're spinning out and I'm in the eye/ Dying inside, honestly terrified, yеah

Sambil mendengarkan pesan dari lagu-lagu di atas, tetap ingat kalau kesehatan mental tak kalah penting dibanding kesehatan fisik. Jangan remehkan dan cari bantuan dari ahlinya bila perlu. Tetap semangat, because you're matter!

Baca Juga: 5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental yang Bikin Pikiran Tenang 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya