Comscore Tracker

Dari Anime, 10 Lagu Jepang bertema Kesedihan dan Semangat Hidup

Ga Perlu Ngerti Bahasanya, dijamin menggetarkan hati

Jepang adalah negara yang penduduknya yang sangat perfeksionis. Semua yang mereka kerjakan diusahakan harus sempurna sampai ke detail terkecil. Salah satu contohnya bisa dilihat dari kualitas produksi animasinya yang sangat keren.

Demi menghasilkan karya yang berkualitas, Studio Animasi Jepang rela menggaet penyanyi terkenal untuk membuat lagu yang cocok dan bisa menyentuh hati para penonton. Ditambah lagi karena hampir semua anime Jepang bertemakan mengenai perjuangan hidup, maka lagunya harus bisa mengilhami para pendengarnya baik dari segi tempo nada ataupun liriknya. Tidak perlu mengerti Bahasa Jepang, hanya dengan mendengar lantunan lagu berikut ini akan bikin hati kalian bergetar dan ingin terus berjuang.

1. Luck Life - Lily

https://www.youtube.com/embed/bxbXUMy4kok

Siapa yang jatuh cinta begitu mendengar lagu dari anime Bungo Stray Dogs Season 3 di atas? Band asal Osaka ini selalu berhasil membuat lagu dengan tema gabungan kesedihan dan pengharapan. Menekankan pesona serial animenya tentang pergulatan batin orang-orang berkemampuan super dalam menghadapi masalah hidup, lagu Lily bercerita tentang seseorang yang berusaha menahan tangis dalam usahanya memperoleh pengakuan.

2. Sajou no hana - Gray

https://www.youtube.com/embed/py6MgBsXjYc

Band yang dibentuk oleh Watanabe Sho, Kitani Tatsuya dan Sana. Sang vokalis, Sana menyanyikan lagu ini khusus hanya untuk episode 7 anime Mob Psycho 100 Season 2. Lagu ini dibuat untuk menjelaskan tentang Reigen yang ketahuan telah menipu banyak orang tetapi muridnya, Mob tetap percaya padanya. Dia bilang “Aku tahu sejak awal bahwa guru adalah orang yang baik.”

3. Nagi Yanagi – Here and There

https://www.youtube.com/embed/FDvaS3HHB-Q

Sejak memulai debut tahun 2012, Yanagi sudah menghasilkan 22 album dan banyak lagunya digunakan dalam berbagai Anime. Salah satunya adalah adaptasi novel terkenal di Jepang yaitu Kino No Tabi: The Beautiful World yang bercerita tentang perjalanan seseorang bernama Kino berkeliling ke berbagai tempat bersama motornya, Hermes. Lirik lagunya menjelaskan tentang keberanian mewujudkan mimpi  dengan memulai sebuah perjalanan

4. Radwimps - Sparkle

https://www.youtube.com/embed/a2GujJZfXpg

Penggemar Kimi No Nawa pasti ingat dengan lagu ini. Lagu yang dinyanyikan saat Mitsuha bersama teman-temannya berjuang menyelamatkan penduduk desanya dari meteor yang jatuh dan klimaksnya ketika Mitsuha menyadari Taki menuliskan perasaannya di tangannya sungguh sangat mengena di hati. Nama Radwimps langsung melejit berkat kontribusinya dalam film terlaris Makoto Shinkai ini.

5. Ryokuoshoku Shakai - Kesshou

https://www.youtube.com/embed/DM1zy4qCGBo

Lagu yang baru dirilis tanggal 3 Februari 2021 berhasil mendapatkan urutan ke 15 dalam Oricon. Digunakan dalam anime Yashahime: Princess Half Demon, lagu ini menunjukkan ikatan yang telah terbentuk akan tetap ada untuk selamanya. Animenya sendiri adalah sekuel dari anime terkenal di zaman dahulu yang berjudul Inuyasha dan bercerita tentang persaudaraan anak-anak Inuyasha dan Sesshomaru.

Baca Juga: Mau Tamat, 12 Soundtrack Drama Youth of May yang Bikin Nostalgia

6. Mob Choir & Sajou no Hana - Ikiru Hitobito

https://www.youtube.com/embed/nqkDhMr3hfk

Lagu penutup spesial episode terakhir anime Mob Psycho 100 Season 2 yang dinyanyikan Sana. Judulnya Ikiru Hitobito bisa diartikan kehidupan setiap orang. Lirik lagunya menjelaskan tentang jangan pernah menganggap diri kita sendirian di dunia ini karena kehidupan kita semua terhubung satu sama lain.

7. Nagi Yanagi - Sadotama No Tsuki

https://www.youtube.com/embed/L8HPiSV5iMU

Satu lagi lagu dari Nagi Yanagi. Lagu tahun 2017 yang dipakai sebagai penutup dalam remake anime Kino No Tabi tahun 2003. Jika lagu pembukanya adalah tentang memulai perjalanan maka dalam lagu penutup ini, Yanagi bercerita mengenai akhir perjalanan. Seperti melihat bulan yang indah dari jauh, ketika bisa didekati, pemandangannya akan berbeda.

8. Aimer - Brave Shine

https://www.youtube.com/embed/XeI8E20ZUE4

Dari judulnya sudah ketahuan lagu ini menceritakan keberanian. Aimer menyanyikannya untuk anime Fate/stay night: Unlimited Blade Works. Dengan suaranya yang unik, lagu ini langsung menduduki tempat keempat di Oricon dan banyak penyanyi amatir mengadaptasinya dalam berbagai bahasa.

9. Luck Life - Namae Wo Yobu Yo

https://www.youtube.com/embed/-g6MYL5lOZs

Lagu yang pertama kali melejitkan nama band Luck Life dan digunakan sebagai lagu penutup pertama dari anime Bungo Stray Dogs Season 1. Lagu yang menjelaskan tentang menerima diri sendiri apa adanya ini sangat sesuai dengan karakter tokoh utama animenya yang membenci dirinya sendiri. Dijamin bikin pendengarnya menangis.

10. RSP - Tabidatsu Kimi E

https://www.youtube.com/embed/ma0QDh9L6bQ

Band yang terbentuk dari hasil audisi Real Street Project beranggotakan dua orang wanita, Ai dan Saki. Video klip lagu ini menggambarkan tentang pertemanan dua orang sahabat yang sangat dekat tetapi mereka harus berpisah karena sahabatnya diterima di sekolah lain di tempat yang jauh. Lagu yang dirilis tahun 2010 ini menjadi penutup ke 22 untuk anime Bleach.

Demikianlah ulasan kesepuluh lagu Jepang di atas. Boleh dihayati sambil menonton animenya juga supaya lebih mengena.

Baca Juga: 10 Lagu Jadul yang Jadi Soundtrack Sinetron Indonesia 2000an, Kangen!

Elysia Kaori Tan Photo Writer Elysia Kaori Tan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya