Comscore Tracker

5 Anime tentang Kehidupan Ayah Tunggal yang Bisa Membuat Emosional

Perjuangan seorang ayah tidak mudah, loh! 

Jika berbicara tentang orang tua tunggal, film anime berjudul Wolf Children mungkin menjadi salah satu yang terbaik. Mengisahkan tentang seorang ibu tunggal yang harus mengurus dua putri manusia serigala setelah suaminya yang ternyata seorang manusia serigala meninggal, anime ini benar-benar berhasil mengaduk-aduk perasaan.

Selain ibu tunggal, ada juga beberapa anime yang menyoroti kisah perjuangan seorang ayah tunggal, bahkan tidak kalah emosional dari anime tentang ibu tunggal. Sama seperti kasih sayang ibu yang tiada tara, kasih sayang seorang ayah juga begitu. Hal tersebut bisa dilihat dalam beberapa anime yang menayangkan usaha ayah tunggal yang memainkan peran ganda di bawah ini.

1. Kakushigoto (2020) 

https://www.youtube.com/embed/qQxX-wzByIE

Diadaptasi dari manga Koji Kumeta, Kakushigoto berfokus pada seorang mangaka bernama Kakushi Gotou. Setelah putrinya, Hime, lahir, dia bertekad untuk merahasiakan pekerjaannya. Namun, suatu hari, istrinya menghilang sehingga dia pun harus merawat putri semata wayangnya sendirian.

Meskipun penghasilan yang Kakushi dapat dari menggambar manga lumayan, dia tetap berusaha keras untuk merahasiakan pekerjaannya yang tidak patut dibanggakan. Hingga suatu hari, malapetaka menimpa dirinya. Semenjak itu, rahasia yang dia miliki perlahan-perlahan terkuak.

2. Somalia to Mori no Kamisama (2020)  

https://www.youtube.com/embed/zoQytu0i7yY

Di dunia yang dihuni oleh iblis, cyclopes, golem dan makhluk fantasi lainnya, manusia hanyalah makhluk buangan. Mereka yang penuh ambisi, mudah marah, dan saling berlomba, membuat mereka terlibat perang yang menghancurkan umat mereka sendiri. Beberapa dari mereka yang tersisa kerap dipandang sebagai santapan lezat oleh makhluk fantasi.

Suatu hari, Golem, pelindung alam yang berkeliaran, menemukan seorang gadis kecil yang sedang berjalan sendirian. Akhirnya, dia pun membawa gadis yang bernama Somalia tersebut. Dia bertekad untuk membantu Somalia di sisa hidupnya yang tinggal satu tahun. Bersama-sama, dia dan gadis tersebut memulai perjalanan untuk menemukan orang tua Somalia.

Baca Juga: Ayah Tunggal, 9 Potret Quality Time Sahrul Gunawan dengan Si Bungsu

3. Uchi no Ko no Tame naraba, Ore wa Moshikashitara Maou mo Taoseru kamo Shirenai (2019) 

https://www.youtube.com/embed/dbDovK5jB3E

Dale Reki adalah seorang pengelana terkemuka di kota Kreuz yang berumur 18 tahun. Suatu hari, dia bertemu dengan seorang gadis kecil yang berpakaian compang-camping sendirian ketika dia berburu binatang ajaib. Dia memutuskan untuk membawa gadis kecil yang bernama Latina pulang setelah mengetahui bahwa gadis tersebut ialah iblis: ada tanduk kecil yang patah di kepalanya.

Hari demi hari, Dale mulai sering mempertanyakan misteri seputar Latina. Meskipun dia mulai menikmati peran sebagai orang tua, berbagai pertanyaan masih kerap bermunculan di benaknya. Pada saat yang sama, dia bisa melihat bahwa Latina sudah mulai terbiasa dengan kehidupan baru. Dia pun mulai mengalami cobaan yang datang dalam membesarkan seorang anak sendirian.

4. Amaama to Inazuma (2016) 

https://www.youtube.com/embed/pRhWDcKv2WE

Semenjak kematian istrinya, Kouhei Inuzuka harus mengurus putrinya yang masih kecil, Tsumugi, sendirian. Dia berusaha keras dengan mengerahkan kemampuan terbaiknya. Namun, dia tidak bisa memasak sebab dia sibuk dengan pekerjaannya sebagai guru. Akhirnya, dia selalu membelikan makanan cepat saji untuk Tsumugi.

Lama-kelamaan Kouhei merasa frustasi. Dia tahu bahwa makanan cepat saji tidak cukup baik untuk Tsumugi yang masih dalam masa pertumbuhan. Dia pun menerima tawaran muridnya, Kotori Iida, untuk datang makan malam di restoran keluarga. Setelah mengetahui bahwa Kotori juga jago memasak, dia meminta muridnya untuk mengajarinya memasak.

5. Usagi Drop (2011) 

https://www.youtube.com/embed/PlWk-96JHz4

Daikichi Kawachi adalah seorang bujangan berusia 30 tahun yang memiliki pekerjaan terhormat. Suatu hari, dia kembali ke rumah keluarganya untuk menghadiri pemakaman kakeknya. Ketika tiba, dia bertemu dengan gadis kecil bernama Rin, anak haram dari mendiang kakeknya.

Daikichi memutuskan untuk merawatnya setelah dia tahu bahwa Rin dikucilkan di keluarganya, bahkan tidak ada seorang pun yang mau merawatnya. Dia merasa marah dengan sikap keluarganya. Meskipun dia tidak memiliki pengalaman mengasuh anak sebelumnya, dia tetap bertekad untuk membesarkan Rin dengan penuh kasih sayang.

Ada beberapa keluarga yang hanya bergantung pada satu orang tua karena kondisi tertentu. Maka dari itu, bisa diketahui bahwa membesarkan anak bukanlah perkara sepele. Tidak mudah untuk membesarkan anak. Untuk itu, dibutuhkan sebuah niat yang benar-benar niat agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan kemudian hari.

Baca Juga: 5 Film Anime yang Bikin Kamu Makin Sayang Keluarga, Bikin Emosional!

Ervina Emma Wardani Photo Verified Writer Ervina Emma Wardani

limited.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya