Comscore Tracker

Ini Lho, 5 Koreografer Dibalik Indahnya Tarian Film India

Kira-kira siapa aja, ya?

Industri perfilman Bollywood memang tidak bisa dipisahkan dari nyanyian dan tarian. Kedua hal tersebut sudah menjadi ciri khas tersendiri yang sukses menarik banyak sekali penonton dari seluruh penjuru dunia.

Jadi, tidak heran jika untuk memproduksi sebuah film Bollywood, butuh waktu yang tidak sedikit. Mulai dari rekaman soundtrack, pendalaman karakter yang dilakukan oleh setiap pemainnya, hingga menghapal koreografi untuk tarian dari lagu-lagu yang tentunya menjadi nilai tambah untuk film tersebut.

Nah, berikut ini adalah lima koreografer handal yang jasanya sering dipakai oleh sineas Bollywood. Selain tariannya yang indah dan memorable, mereka juga sukses menyabet banyak penghargaan, lho!

1. Farah Khan

Ini Lho, 5 Koreografer Dibalik Indahnya Tarian Film IndiaSomething Haute

Sepanjang karirnya sebagai koreografer, Farah Khan berhasil membawa pulang 6 piala Filmfare sebagai Best Choreographer. Selain itu, dia juga sudah membuat koreografi tarian untuk lebih dari 80 film dan lebih dari seratus judul lagu. Ibu dari tiga orang anak ini dikenal berkat kerjasamanya bersama aktor dan aktris papan atas Bollywood. Tidak hanya itu, Farah Khan juga yang membuatkan koreografi tarian di film Kung Fu Yoga yang dibintangi Jackie Chan.

Salah satu koreografinya yang memorable adalah lagu Chhaiya Chhaiya dari film Dil Se (1999). Koreografinya tersebut berhasil membuatnya mendapatkan penghargaan Filmfare keduanya. Penghargaan Filmfare pertamanya diraih berkat kerja kerasnya membuat koreografi untuk lagu Dhol Bajne Laga dari film Virasat (1998).

Selain menjadi seorang koreografer, wanita kelahiran 9 Januari 1965 ini juga aktif sebagai sutradara dan produser film. Sesekali, Farah Khan juga muncul di film sebagai cameo.

2. Saroj Khan

Ini Lho, 5 Koreografer Dibalik Indahnya Tarian Film IndiaThe Indian Express

Wanita yang memiliki nama asli Nirmala Kishanchand Sadhu Singh Nagpal ini merupakan salah satu koreografer paling dihormati di industri perfilman Bollywood. Bagaimana tidak, Saroj Khan sudah membuatkan koreografi untuk lebih dari 2000 film! Keren banget, ya.

Jadi, tidak heran kalau wanita kelahiran 22 November 1947 ini memenangkan banyak penghargaan untuk koreografi terbaik di National Film Award, Filmfare, International Indian Film Festival, hingga American Choreography Award. Selain itu, Soraj Khan juga dikenal sebagai juri di berbagai kontes tari seperti Nach Baliye dan Jhalak Dikhla Jha.

Salah satu koreografi terbaiknya bisa kamu lihat di lagu Dola Re dari film Devdas (2002) yang mempertemukan dua aktris Bollywood yang terkenal mahir dalam menari, yaitu Madhuri Dixit dan Aishwarya Rai Bachchan.

Baca Juga: Menguras Emosi, 6 Film India Ini Layak Kamu Tonton Berkali-Kali

3. Ahmed Khan

Ini Lho, 5 Koreografer Dibalik Indahnya Tarian Film IndiaThe Indian Express

Berikutnya ada Ahmed Khan. Selain dikenal sebagai koreografer, Ahmed Khan juga dikenal sebagai aktor, sutradara, dan penulis. Ahmed Khan tidak hanya membuat koreografi untuk film Bollywood, dia juga membuat koreografi di industri film India lainnya seperti Chhollywood, Kollywood, Tollywood, dan masih banyak lagi.

Salah satu koreografi terbaiknya bisa kamu lihat di lagu Jumme Ki Raat dari film Kick (2014) yang sukses mengantarkannya sebagai Best Choreography di ajang penghargaan Filmfare pada tahun 2015 silam.

4. Prabu Devha

Ini Lho, 5 Koreografer Dibalik Indahnya Tarian Film IndiaThe Hindu

Koreografer yang satu ini sering dijuluki sebagai Michael Jackson dari India. Itu karena Prabu Devha dapat menirukan gerakan Michael Jackson dengan sempurna. Selain itu, dia juga terkenal berkat gerak tariannya yang enerjik dan memiliki beberapa gerakan yang tidak semua penari dapat lakukan.

Sebagai seorang koreografer, Prabu Devha sudah membuatkan banyak sekali koreografi untuk industri perfilman di India sana. Sepanjang karirnya, dia berhasil mendapatkan dua penghargaan National Film Award untuk koreografinya di film Lakhsya (2004) dan Minsara Kanavu (1997). Tidak hanya itu saja, Prabu Devha juga sukses membawa pulang penghargaan sebagai Best Choreography di berbagai ajang penghargaan seperti Filmfare, Screen Award, Vijay Award, dan masih banyak lagi.

5. Ganesh Acharya

Ini Lho, 5 Koreografer Dibalik Indahnya Tarian Film IndiaThe Live Mirror

Pasti kamu tidak menyangka kalau pria bertubuh tambun ini adalah seorang koreografer terkenal di industri perfilman India. Tenang, sekarang Ganesh nggak gemuk kayak dulu, kok. Selain menjadi seorang koreografer, Ganesh Acharya juga dikenal sebagai aktor dan sutradara.

Pamornya sebagai seorang koreografer naik setelah Ganesh memenangkan penghargaan sebagai Best Choreography di ajang Filmfare dan International Indian Film Festival pada tahun 2007 lewat koreografinya di film Omkara (2006). Setelah itu, Ganesh mendapatkan lebih banyak penghargaan dari National Film Award untuk koreografinya di film Toilet : Ek Prem Katha (2017) dan Bhaag Milkha Bhaag (2013), IIFA untuk koreografinya di film Agneepath (2012), dan masih banyak lagi.

Koreografer favorit kamu yang mana?

Baca Juga: Gak Cuma Jepang, 5 Kartun India Ini Pernah Tayang di Indonesia

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Merry Wulan

Just For You