Comscore Tracker

5 Film Dokumenter Tentang Sisi Gelap Dunia Bisnis yang Menohok

#IDNTimesHype Juaranya Dokumenter Terbaik Oscar, nih!

Dunia bisnis modern sangat kompetitif, namun juga penuh ketidakpastian. Keharusan untuk inovasi terus-menerus dalam industri tertentu dapat mendorong mereka ke tepi jurang saat mereka harus berjuang untuk mempertahankan namanya di pasar dunia. 

Untuk mempertahankan eksitensinya, tidak sedikit yang rela menghalalkan segala cara, termasuk cara ilegal. Berbagai sisi gelap dunia bisnis itu akan terangkum dalam lima film dokumenter berikut ini. Mereka menyajikan hal-hal yang tak pernah terbayangkan oleh masyarakat. Wajib nonton!

1. Dirty Money  

https://www.youtube.com/embed/CsplLiZHbj0

Serial dokumenter Netflix ini akan merilis musim ketiganya pada Maret 2021. Banyak penonton yang terpikat oleh kisah kekayaan dan korupsi yang terkonsentrasi. Dirty Money menyoroti berbagai kontroversi di Amerika Serikat, di antaranya skandal emisi Volkswagon, skandal penipuan akun Wells Fargo, hingga karier Donald Trump sebagai pebisnis. 

2. The Inventor: Out For Blood In Silicon Valley  

https://www.youtube.com/embed/wtDaP18OGfw

Elizabeth Holmes adalah mantan pengusaha wanita Amerika yang cukup brilian dalam kemampuannya membuat para pemimpin keuangan lansia menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar di perusahaan teknologi analisis darah yang dibuat-buatnya dan tidak praktis. Namun, dia tidak cukup cerdas untuk membuktikan bahwa orang-orang yang meragukannya itu salah. Termasuk mantan profesor Holmes yang diwawancarai dalam film - dalam hal kemampuannya menghasilkan produk yang layak.

Holmes akhirnya diliputi tuntutan hukum dan sekarang menderita penghujatan publik. Film dokumenter HBO ini melakukan penyelidikan yang sangat menarik dalam menceritakan kenaikan dan penurunan cepat reputasi Holmes.

Baca Juga: 7 Pemain Film Hebat yang Selalu Bermain dalam Film yang Buruk

3. American Factory  

https://www.youtube.com/embed/m36QeKOJ2Fc

Film dokumenter 2019 ini mengikuti kisah seorang miliarder Cina yang membuka kembali pabrik General Motors yang terbengkalai dan kemudian mempekerjakan dua ribu orang Amerika. Meski hari-hari awal ada nada harapan dan optimisme, namun prosesnya mengalami kemunduran ketika perusahaan Tiongkok yang berteknologi tinggi itu bentrok dengan kelas pekerja Amerika.

Dokumenter ini menggambarkan kehidupan para buruh era modern yang penuh tekanan. Film ini memenangkan Fitur Dokumenter Terbaik di Academy Awards 2020.

4. Inside Job  

https://www.youtube.com/embed/FwXpG6fjUdU

Film dokumenter yang dinarasikan Matt Damon ini menyelidiki labirin peristiwa yang menyebabkan Resesi Hebat 2007-2009. Inside Job berkeliling dunia, mengunjungi benteng keuangan di seluruh dunia, mewawancarai pemain utama yang terlibat dalam konspirasi melawan Amerika.

Film dokumenter Charles Ferguson telah disebut sebagai mahakarya oleh para kritikus dan kemudian memenangkan Fitur Dokumenter Terbaik di Academy Awards. 

5. Food Inc.  

https://www.youtube.com/embed/Rjh5aZKgtSY

Dokumenter ini bisa saja merusak nafsu makan karnivora kamu selama beberapa hari, minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Penonton Amerika bahkan marah dengan rekaman film dokumenter yang mengejutkan tentang kondisi tidak sehat dan penganiayaan terhadap ternak. Film ini sendiri dinominasikan untuk Academy Award tetapi kalah dari The Cove.

Bisnis memang menjadi pusat berjalannya perekonomian dunia. Kompetisi dan  inovasi yang terus menerus adalah keharusan untuk menjadi sebuah perusahaan yang sangat besar. Meski demikian, tidak sedikit yang menghalalkan segala cara demi meraih keuntungan. Sisi gelap itu bisa kita lihat lewat deretan dokumenter di atas yang memberikan sudut pandang berbeda.

Baca Juga: 28 Film Horor Hollywood Paling Top, Ngerinya Kebayang Terus!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya