Comscore Tracker

Ini 11 Peserta 'King of Masked Singer' yang Memegang Berbagai Julukan

Dari yang termuda sampai tertua #WaktunyaKorea #HypeIDN

Acara besutan MBC berjudul 'King of Masked Singer' ini merupakan salah satu acara yang memiliki banyak audiens. Format acara yang mengharuskan pesertanya memakai topeng saat menyanyi menjadi salah satu keunikan yang diberikan oleh acara ini, sehingga para penikmatnya dibuat harus menebak-nebak identitas penyanyi tersebut.

Dari ratusan peserta yang didominasi oleh para entertainer di Korea Selatan ini, terdapat sebelas peserta yang memegang berbagai julukan. Mulai dari peserta terlama yang memegang takhta, peserta tertua yang memegang takhta, peserta termuda yang memegang takhta, hingga peserta yang melakukan cross-gender dan membuat para panelis dan penonton terkejut karenanya.

Penasaran siapa saja? Yuk, mari kita simak artikel di bawah ini!

1. Luna f(x)

https://www.youtube.com/embed/DbV3G8vkWbg

Luna f(x) adalah peserta 'King of Masked Singer' dengan julukan termuda saat menyandang takhta. Luna memenangkan kompetisi ini pada saat dirinya muncul di episode 2 di tahun 2015. Idol di bawah naungan SM Entertainment ini berhasil mempertahankan takhtanya hingga episode 4, sehingga total kemenangan yang diraihnya adalah 2 kali.

Pada saat Luna memenangkan takhta 'King of Masked Singer', dirinya baru berusia 21 tahun sehingga hal ini membuatnya menjadi yang termuda yang pernah memenangkan takhta. Sedangkan solois Hynn menjadi yang termuda kedua setelah Luna, karena pada saat Hynn memenangkan takhta di tahun 2020 dirinya baru berusia 22 tahun.

2. Ha Hyun Woo

https://www.youtube.com/embed/6mchZglLcn8

Ha Hyun Woo adalah peserta pria dengan raihan kemenangan terbanyak, atau dengan kata lain dia adalah peserta pria terlama yang memegang takhta. Sejak muncul di episode 43, Ha Hyun Woo yang saat itu memakai topeng bernama kapten musik berhasil mempertahankan takhtanya hingga ke episode 60. Total kemenangan yang diraih oleh Ha Hyun Woo sendiri mencapai 9 kemenangan, menjadi yang terbanyak di antara keseluruhan peserta yang pernah mengikuti acara ini.

Vokalis dari band rock Guckkasten ini mampu memberikan penampilan yang selalu dikagumi para panelis serta penonton. Salah satu penampilan Ha Hyun Woo yang ikonik adalah saat dirinya menyanyikan lagu "Fantastic Baby" milik BIGBANG. Kemenangannya yang ke-10 dihambat oleh penyanyi sekaligus pelatih vokal Jeong Soon Won atau yang lebih dikenal dengan nama "The One" yang mengalahkannya di episode 62.

3. Son Seung Yeon

https://www.youtube.com/embed/fenby3qMBfI

Sonnet Son atau Son Seung Yeon menjadi penyanyi wanita yang paling lama bertahan memegang takhta di acara 'King of Masked Singer' ini. Total kemenangan yang diraihnya mencapai 8 kali.

Penyanyi jebolan 'The Voice of Korea' ini awalnya muncul di episode 141 dan berhasil melaju hingga episode 156. Kualitas vokal yang dimiliki Son Seung Yeon tentunya tidak diragukan lagi karena dirinya sangat sering muncul sebagai tamu di acara musik Korea Selatan lainnya yaitu 'Immortal Songs'.

Salah satu penampilan fenomenal Son Seung Yeon adalah saat dirinya menyanyikan lagu milik SHINee yang berjudul "Sherlock (Clue + Note)". Meskipun penampilan tersebut merupakan penampilan yang bagus, Son Seung Yeon gagal melanjutkan kompetisi karena di episode yang sama dia harus berbesar hati dikalahkan oleh Han Dong Geun, solois pria jebolan ajang kompetisi menyanyi MBC bertajuk 'Star Audition'.

Baca Juga: 5 Penampilan Idol di King of Masked Singer Ini Bikin Kamu Merinding!

4. Solji (EXID)

https://www.youtube.com/embed/SPd3OWJWhdk

Peserta yang mengikuti acara 'King of Masked Singer' biasanya jarang kembali untuk berkompetisi. Namun ada juga beberapa peserta yang pernah mengikuti acara ini kemudian memutuskan untuk kembali berkompetisi. Salah satu yang kembali untuk berkompetisi setelah sebelumnya pernah mengikuti acara ini adalah Solji dari grup EXID.

Awal Solji muncul di acara ini adalah pada episode 0 atau episode pilot pada tahun 2015, dan dalam episode tersebut dirinya berhasil meraih takhta. Tiga tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 2018, Solji memutuskan kembali berkompetisi dengan menggunakan topeng bernama Gadis Dongmakgol. Kembalinya Solji ke 'King of Masked Singer' di episode 163 membuatnya terus melaju hingga episode 172.

Idol kelahiran 1989 ini menjadi idol wanita dengan raihan kemenangan terbanyak di 'King of Masked Singer'. Total kemenangan yang diraihnya mencapai 6 kali, yaitu sebanyak 5 kali di tahun 2018, dan 1 kali di tahun 2015.

5. Ahn Yujin (IZ*ONE)

https://www.youtube.com/embed/8tl2v5GGGMo

Ahn Yujin adalah salah satu anggota grup IZ*ONE Dalam partisipasinya di acara 'King of Masked Singer', Ahn Yujin menjadi peserta perempuan termuda karena pada saat dirinya mengikuti kompetisi ini di tahun 2018, Ahn Yujin baru berumur 15 tahun (atau 16 tahun dalam perhitungan usia Korea).

Meskipun harus kalah di ronde pertama, Ahn Yujin tidak gagal dalam memukau penonton. Di episode 181, Ahn Yujin menyanyikan lagu Baek Ye Rin berjudul Across the Universe bersama dengan Ahn Da Eun. Setelah voting untuk dirinya lebih sedikit dibandingkan Ahn Da Eun, Ahn Yujin menyanyikan lagu solo yang telah disiapkannya dan membuka topeng untuk memperlihatkan wajahnya kepada panelis dan juga penonton yang hadir.

6. Kim Kang Hoon

https://www.youtube.com/embed/AA-h51eRhrw

Setelah sebelumnya membahas peserta perempuan termuda yang pernah ikut berkompetisi di 'King of Masked Singer', maka selanjutnya adalah peserta laki-laki termuda. Kim Kang Hoon menjadi peserta laki-laki termuda yang pernah berpartisipasi di acara ini. Aktor cilik ini berusia 10 tahun 11 bulan saat dirinya muncul di episode 253.

Kim Kang Hoon saat itu harus bersaing dengan Kim Ho Joong yang dulunya merupakan finalis dari kompetisi 'Mr. Trot'.

7. Jo Yuri (IZ*ONE)

https://www.youtube.com/embed/-7quaBAMCfY

Sekali lagi anggota dari IZ*ONE muncul di acara 'King of Masked Singer' ini. Kali ini vokalis utamanya yaitu Jo Yuri yang tampil di episode 255 dan 256. Jo Yuri berhasil maju hingga babak atau ronde ketiga, sehingga menjadikannya peserta termuda yang berhasil melaju hingga babak ketiga.

Saat itu dirinya berusia 18 tahun. Pada episode 256, Jo Yuri harus bersaing dengan Choi Jae Rim yang merupakan seorang aktor musikal. Meskipun penampilan Jo Yuri tidak mengecewakan panelis, penampilan Choi Jae Rim yang saat menyanyikan salah satu lagu tema drama Itaewon Class membuat perolehan suara yang didapat Jo Yuri lebih sedikit dibandingkan Choi Jae Rim.

8. Seungyoon (Winner)

https://www.youtube.com/embed/lygj1uiy5Rs

Idol pria di Korea Selatan tidak jarang berhasil memenangkan takhta di 'King of Masked Singer'. Salah satunya adalah Seungyoon dari grup Winner. Namun, tidak hanya itu saja, Seungyoon juga berhasil mencatatkan namanya sebagai idol yang paling lama mempertahankan takhtanya dalam acara ini. Total kemenangan yang diraih Seungyoon adalah sebanyak 6 kali.

Awal kemunculannya yaitu di episode 243. Sama seperti Jo Yuri IZ*ONE, Seungyoon juga harus bersaing dengan Choi Jae Rim. Video di atas adalah penampilan terakhirnya sebelum takhtanya terhenti.

9. Park Chan Sook

https://www.youtube.com/embed/EspPYNv5VhA

Penampilan yang disuguhkan Park Chan Sook, yang merupakan seorang atlet basket di Korea Selatan mampu membuat para panelis terkejut. Pasalnya, saat berkompetisi di 'King of Masked Singer', Park Chan Sook menggunakan setelan pria dan topengnya juga bernama Pria 6 Juta Dollar sehingga para panelis berasumsi bahwa yang bernyanyi adalah seorang pria.

Kemunculan Park Chan Sook di episode 259 menjadikannya sebagai peserta wanita yang mampu mengecoh panelis dan penonton di rumah karena telah melakukan penampilan cross-gender dengan sempurna.

10. Han Yi Jae

https://www.youtube.com/embed/CVjSgFgyHB0

Jika Park Chan Sook adalah wanita yang menyamar sebagai pria, lain halnya dengan Han Yi Jae. Berbeda dengan Park Chan Sook yang terhenti langkahnya di ronde pertama, penyanyi trot satu ini mampu melaju hingga ronde kedua dengan melakukan penampilan cross-gender. Han Yi Jae yang merupakan seorang pria mencoba mengecoh panelis dengan memakai pakaian wanita dan topengnya juga diberi nama 'U-Go-Girl'.

Han Yi Jae sangat totalitas dalam kemunculannya di episode 265 dan 266, bahkan saat dirinya berlatihpun Han Yi Jae rela menggunakan rok untuk membuat penyamarannya sempurna. Namun, terdapat satu panelis yang sempat menyinggung bahwa 'U-Go-Girl' adalah seorang pria meskipun pendapat tersebut kemudian dicemooh oleh panelis lainnya.

11. Kim Yeon Ja

https://www.youtube.com/embed/6nKaUSiVvGQ

Penyanyi trot legenda Korea Selatan selanjutnya muncul di 'King of Masked Singer'. Kim Yeon Ja pertama kali muncul di episode yang sama dengan Park Chan Sook, mereka bahkan bersaing bersama di ronde pertama. Kim Yeon Ja menjadi pemegang takhta tertua, karena pada saat dirinya mendapatkan kemenangan pertamanya, Kim Yeon Ja telah berusia 61 tahun.

Kim Yeon Ja berhasil mempertahankan takhtanya hingga dia terus muncul dari episode awal kemunculannya yaitu dari 259 sampai episode 270. Penampilan-penampilan yang disuguhkan oleh Kim Yeon Ja selalu berkesan bagi penonton dan juga panelis, banyak juga yang memuji atas keputusannya untuk ikut berpartisipasi di acara 'King of Masked Singer' terlepas dari gelar penyanyi legenda yang disandangnya.

Itulah sebelas peserta 'King of Masked Singer' yang mendapatkan berbagai julukan. Kamu paling suka liat penampilan siapa, nih?

Baca Juga: 5 Artis KDrama Ini Adu Vokal di King of Masked Singer, Suaranya Merdu!

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya