Comscore Tracker

5 Fakta Unik Rambo Banten, Seniman Kota Serang yang Main di Film Yuni

Salam ngekek!

Mengawali karier sebagai dubber video-video kocak dengan bahasa Jawa Serang, Rambo Banten kini makin serius menggeluti profesi sebagai kreator konten. Kiprahnya di dunia hiburan makin moncer setelah jadi salah satu karakter film fenomenal Yuni yang sukses mendulang banyak penghargaan. 

Terkenal di kalangan masyarakat Serang, berikut ini beberapa fakta unik Rambo Banten yang kini makin serius berkarya di jagat hiburan. 

1. Pada awal kemunculannya, Rambo Serang sering membuat dubbing video lucu dengan bahasa Jawa Serang

Jauh sebelum media sosial berkembang pesat seperti sekarang, Rambo sudah melahirkan banyak karya dengan aksi dubbing. Saat itu masih menggunakan nama Rambo Serang, pria ceria ini kerap menyilih-suara video-video lucu dengan bahasa Jawa Serang alias Jaseng.

Video kocak pada awal-awal kemunculannya berupa percakapan Rambo—potongan versi film Rambo—dengan dialog bahasa Jaseng. Video-videonya cukup dikenal masyarakat dan viral di media sosial. Setelahnya, banyak bermunculan video-video dubbing kocak lainnya yang jadi hiburan masyarakat sekitar Banten, khususnya Serang dan Cilegon.

2. Ia punya kata khas to'u dan punya jargon khas "ngekek ore ngekek tetep kepiasem"

Beberapa kata dalam bahasa Jawa Serang seperti to'u yang dipopulerkan Rambo Banten cukup sering dijadikan candaan masyarakat sekitar. Meski bagi beberapa kalangan dianggap kasar, masyarakat cukup terhibur dengan kata-kata khas yang diucapkan Rambo Banten dalam beberapa video kocaknya. 

Tak hanya kata khas, Rambo Banten juga punya jargon khas yang diselipkan sebagai profil media sosial, yaitu "ngekek ore ngekek tetep kepiasem". Gaya tertawa pemilik nama asli Novianusselva alias Ovie yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri yang membedakannya dengan seniman lokal lainnya di Banten. 

Baca Juga: Seniman Lampung Gelar Panggung Seni, Galang Dana Penderita Kanker

3. Kini serius sebagai konten kreator di YouTube dengan ciri khas bahasa dan budaya Banten

Tak mau ketinggalan tren, Rambo Banten juga kini makin serius menggeluti dunia digital dengan menjadi seorang YouTuber. Tak jauh-jauh dari dunia komedi, Rambo Banten masih tetap membuat video dubbing dengan bahasa Jawa Serang yang bikin ngakak. 

Punya tujuan mulia ingin melestarikan bahasa Jawa Serang alias Jaseng, konten yang dibuat Rambo memang selalu berhubungan dengan bahasa dan budaya Banten. Tak hanya sebagai kreator konten, Rambo Banten juga kerap diundang sebagai narasumber di pelbagai acara seni yang diselenggarakan di Banten.

4. Karakternya hadir di film Yuni dengan peran sebagai Rambo yang merupakan paman dari Yoga

Dalam film Yuni, karakter Rambo juga dihadirkan sebagai paman dari Yoga yang diperankan Kevin Ardilova. Tak harus menjadi orang lain, Rambo Banten memerankan karakter sebagai dirinya sendiri dengan profesi yang sama sebagai seorang YouTuber.

Tak hanya karakternya sendiri, Rambo Banten juga tetap setia dengan bahasa Jaseng dan gaya khas nyentriknya. Meski hanya pemeran pendamping, keberadaan Rambo menjadi salah satu daya tarik kesuksesan film Yuni

5. Pernah mengeluarkan single perdana berjudul "Wong Banten Keh" pada 2018

Pada 2018 lalu, Rambo Banten juga sempat mengeluarkan single berjudul "Wong Banten Keh". Mengambil lokasi di kawasan Serang, lirik lagu yang terdengar juga memakai bahasa Jaseng untuk menjaga kelestarian bahasanya. 

Dalam single tersebut, Rambo Banten memperkenalkan Banten dari segi bahasa, budaya, dan kesenian dengan humor, tetapi tetap kritis. Bergenre hiphop, single "Wong Banten Keh" diharapkan bisa membuat anak muda tetap melestarikan bahasa Jaseng hingga batas waktu tak terhingga. 

Masyarakat Banten, khususnya kota Serang, pasti sudah tak asing dengan Rambo Banten yang punya gaya khas tersendiri saat berkomedi. Ada, gak, penggemar setia Rambo Banten yang selalu mengikuti gaya bicara Rambo yang selalu bikin ngakak? Salam ngekek, Lur!

Baca Juga: NFT di Mata Seniman Virtual Maros yang Karyanya Mendunia

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya