Comscore Tracker

6 Seiyu yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada Seiyu Eren Yeager

Ada yang sampai bunuh diri

Kesuksesan sebuah serial anime tentu tak luput dari peran seiyu atau pengisi suara. Kebanyakan seiyu profesional melakukan pendekatan mendalam dengan karakter yang mereka perankan sehingga sukses mengeluarkan suara yang dapat merepresentasikan berbagai emosi dari setiap karakter.

Keterikatan antara seiyu dan karakter dan tak jarang memberikan dampak buruk pada seiyu tersebut, seperti gangguan mental. Ada cukup banyak seiyu yang pernah alami gangguan mental, beberapa di antaranya adalah enam seiyu di bawah ini. Siapa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Misaki Kuno

6 Seiyu yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada Seiyu Eren YeagerMisaki Kuno (twitter.com/kuno_misaki0119)

Walaupun jarang mengisi suara karakter utama, kemampuan Misaki Kuno sebagai seiyu rasanya tak perlu diragukan lagi. Ia selalu mencoba memahami emosi setiap karakter yang ia perankan dengan sepenuh hati.

Namun, siapa sangka, ketelatenannya dalam mengisi suara menjadi bumerang baginya. Mengutip dari akun Twitter resmi miliknya, Misaki berbagi cerita kepada pengikutnya bahwasanya ia mengalami gangguan mental saat berperan sebagai Faputa dalam serial anime Made in Abyss.

Made in Abyss sendiri memang serial anime yang cukup sadis dan tak segan menyajikan adegan serta filosofi yang ekstrem. Namun begitu, Misaki juga mengatakan bahwa ia akan senang jika penggemar menyukai Made in Abyss karena itu menjadi bentuk dukungan untuknya.

2. Yuki Kaji

6 Seiyu yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada Seiyu Eren YeagerYuki Kaji (twitter.com/KAJI__OFFICIAL)

Berbicara mengenai Yuki Kaji tentu tak lepas dari karakter terpopuler yang ia perankan, yakni Eren Yeager. Karakter utama dalam serial Attack on Titan ini merupakan salah satu karakter yang sulit diperankan.

Karenanya, Yuki menaruh seluruh perasaannya untuk menjiwai karakter Eren. Hingga kemudian, seiyu kelahiran 3 September 1985 ini mengalami depresi saat menghafal naskah dialog Eren.

3. Yukari Tamura

6 Seiyu yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada Seiyu Eren YeagerYukari Tamura (twitter.com/YukarinStaff)

Yukari Tamura adalah seiyu yang aktif sejak 1997. Berkarier lebih dari 25 tahun, Yukari sudah memiliki banyak sekali pengalaman yang luar biasa sebagai seiyu. Salah satu karakter terpopuler yang diperankannya adalah Saki Hanano dari Gintama.

Meski kian eksis di industri animasi Jepang, siapa sangka seiyu yang biasa disapa Yukarin ini juga sempat berjuang melawan depresi. Yukarin kerap menuliskan hal tersebut melalui blog dan Twitter pribadi miliknya.

Ia kerap menuliskan hal-hal kecil yang berkaitan dengan kondisi mentalnya seperti “aku kesepian”. Selain itu, seiyu sekaligus penyanyi ini juga pernah menonaktifkan semua media sosial miliknya.

Baca Juga: 10 Momen yang Diharapkan Ada dalam Anime Haikyuu!! Mendatang

4. Sayaka Kanda

6 Seiyu yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada Seiyu Eren YeagerSayaka Kanda (instagram.com/sayakakanda)

Siapa sangka, Sayaka Kanda yang dikenal punya paras menawan dan kemampuan mengisi suara yang luar biasa akan meninggal dunia pada 2021 lalu. Seiyu satu ini dikenal sebagai pengisi suara Yuna dari serial populer Sword Art Online.

Polisi menduga Sayaka bunuh diri setelah mengalami gangguan mental. Anak dari aktor Masaki Kanda ini dikenal selalu bekerja keras dan menekuni pekerjaannya dengan sungguh-sungguh. Ia bahkan berhasil meraih kategori Best Lead Actrees pada Seiyu Awards 2015.

5. Megumi Ogata

6 Seiyu yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada Seiyu Eren YeagerMegumi Ogata (instagram.com/megumi_ogata_official)

Penggemar anime pasti tau dengan karakter Shinji Ikari dari serial Evangelion, dong? Karakter satu ini punya gejala depresi yang begitu kental. Ia bahkan sering merasa bahwa dirinya tidak berharga.

Namun, taukah kamu? Bahwa sang pengisi suara yakni Megumi Ogata juga sempat mengalami hal yang serupa. Seiyu yang juga mengisi suara Yukito Tsukishiro dalam Cardcaptor Sakura ini sempat mengalami depresi berkepanjangan saat dirinya berakting menjadi karakter Shinji.

6. Daisuke Gori

6 Seiyu yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada Seiyu Eren YeagerDaisuke Gōri (aoni.co.jp)

Seiyu, aktor, sekaligus narator Daisuke Gori juga rupanya mengalami hal yang serupa seperti beberapa seiyu yang telah disebutkan di atas. Pada 2010, depresi yang dialami oleh seiyu dari karakter Mister Satan dalam Dragon Ball ini semakin parah hingga dirinya memutuskan untuk mengakhiri hidup.

Sebelumnya, Daisuke juga mengidap diabetes akut hingga tidak bisa melihat. Polisi menduga bahwa Daisuke merasa depresi karena ketakutan tak bisa melanjutkan kariernya di dunia entertainment.

Di balik penampilan memukau seorang seiyu saat mengisi suara karakter anime, rupanya mereka juga berjuang dengan gangguan mental, ya. Yuk, mulai sekarang kita dukung selalu seiyu favorit kita dengan mengirimkan pesan-pesan positif kepada mereka dan menghargai kerja keras mereka dengan menonton serial anime secara resmi.

Siapa saja bisa mengalami depresi, termasuk dirimu. Namun, jangan menganggap bahwa bunuh diri bisa menjadi solusi atas pemasalahanmu. Jika membutuhkan dukungan kesehatan mental dan psikososial, kamu bisa menghubungi nomor +628113855472 (Love Inside Suicide Awareness).

Baca Juga: 7 Lagu Opening Anime yang Paling Banyak Diputar di Spotify

Jihan Khoerunnisa Photo Verified Writer Jihan Khoerunnisa

Boleh jadi satu langkah yang kamu ambil hari ini, dapat mengubah dunia di hari esok✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya