Comscore Tracker

Meski Berbahasa Arab, Lagu 15 Penyanyi ini Tak Bertema Religi

Justru sering digunakan dalam acara religi. Kamu sadar, gak?

Meski bahasa Arab identik dengan lantunan Al-Qur'an, namun tak semua yang berbahasa Arab selalu merepresentasikan agama. Terlebih lagi di dunia permusikan yang luas ini, lagu berbahasa Arab dengan tema selain religi bukan sebuah hal yang baru. Berikut beberapa penyanyi wanita yang banyak menelurkan lagu berbahasa Arab namun bukan bertema religi. Siapa saja?

1. Nancy Ajram

https://www.youtube.com/embed/pkTN1EPCHgI

Ini dia salah satu penyanyi wanita berbahasa Arab atau berasal dari Timur Tengah yang lagu-lagunya sering disalahgunakan di Indonesia sebagai penggiring acara religi. Ia memang memiliki suara khas wanita padang pasir dengan lantunan musik tarab di setiap lagunya.

Nancy Nabil Ajram, merupakan penyanyi pop yang berasal dari Achrafieh, Beirut, Lebanon. Ia lahir pada 16 Mei 1983. Ajram memulai karir bernyanyinya sejak usia 8 tahun dan menelurkan album pertamanya di usia 15 tahun. Album tersebut bertajuk Mihtagalak.

Diantara lagunya yang terkenal hingga keluar Timur Tengah adalah Enta Eih, Ya Tabtab ... Wa Dalla, Ya Kether, Ah W Noss, Fi Hagat, dan masih banyak lagi. Semua lagu yang ia nyanyikan bertema romantis dengan alunan musik tarab yang khas.

Hal tersebut menjadikan lagu-lagunya banyak disalahgunakan sebagai lagu religi. Ajram menjadi artis Arab yang paling banyak diikuti di media sosial. Ia juga menjadi salah satu orang paling berpengaruh dalam bisnis Timur Tengah.

2. Elissa

https://www.youtube.com/embed/f7mgm_sRdaA

Sosok penyanyi pop Arab ini dijuluki Queen Romantic-nya Timur Tengah. Memiliki nama lengkap Elissar Zakaria Khoury, wanita menawan ini lahir di Deir el Ahmar, Lebanon pada 27 Oktober 1972.

Elissa memulai karir menyanyinya pada tahun 1992, dan dapat menghasilkan album pertamanya yang bertajuk Baddy Doub enam tahun kemudian. Setelah album tersebut, bukan hanya permintaan untuk menyanyi, tapi ia menjadi model beberapa merk ternama seperti Head & Shoulders, Pepsi, hingga Dior.

Penyanyi berbakat ini telah mendapatkan tiga penghargaan World Music Award lewat karya-karyanya. Musiknya yang beraliran pop romantis yang kadang diselipkan irama disko ini dapat membuai siapa saja yang mendengarnya.

Diantara lagunya yang paling populer adalah Faker, Betgheeb Betrouh, dan Aa Bali Habibi.

3. Yara

https://www.youtube.com/embed/GboGDkhAbSU

Wanita yang memiliki nama lengkap Carla Nazih al-Berkashi ini menjadi salah satu penyanyi pop Arab terkenal lainnya. Nama “Yara” ia dapatkan dari sang produser untuk nama panggungnya.

Sama seperti Nancy Ajram dan Elissa, Yara berasal dari Lebanon. Wanita kelahiran 1 Juni 1983 ini menapaki karir bermusiknya sejak 1998. Tahun tersebut adalah tahun dimana Yara memenangkan sebuah kompetesi musik "Kass el-Nojoum" yang diadakan oleh saluran Lebanese Broadcasting Corporation.

Ia mengeluarkan album pertamanya pada tahun 2005 yang bertajuk Twassa Feyi. Sepanjang karirnya, ia banyak menyumbngkan lagu-lagu sedih maupun romantis yang populer. Seperti Enta Minni, Hob Kbeer, Ya Rait, Rooh w Rhal Aanni, dan masih banyak lagi. Yara juga pernah berduet dengan penyanyi nasyid Indonesia, Kiky Amalia.

4. Shireen Abdul Wahab

https://www.youtube.com/embed/hchSOKZumeE

Jika sosok Elissa mendapat julukan Queen Romantic-nya Timur Tengah, maka sosok Shireen Sayed Mohamed Abdel Wahab dijuluki dengan sebutan Queen Romantic of Egpyt. Wanita ini memiliki vokal terunik dan rentang tertinggi di negara asalnya, Mesir.

Sherine lahir pada 10 Oktober 1980. Selain bernyanyi, ia juga berprofesi sebagai aktris peran, pembawa acara, dan juri sebuah ajang pencarian bakat. Ia sudah menjadi bagian dari kelompok paduan suara Cairo Opera House sejak berusia 9 tahun.

Album pertama sekaligus menjadi kolaborasi pertamanya bersama Tamer Hosny lewat album Free Mix3 - Tamer & Sherine yang rilis pada September 2002. Album tersebut mendulang kesuksesan besar, dengan terjual sebanyak 20 juta kopi di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Lagu-lagu populer darinya adalah Katar Khayre, Ala Bali, Bi Kelma Menaj, Ma Thasebneesh, Ana Kateer, dan Inkhatably Omr.

5. Haifa Wehbe

https://www.youtube.com/embed/gs5RnxmZhSk

Penyanyi asal Lebanon kelahiran 1976 ini bukan hanya pandai bernyanyi, namun juga cakap dalam modelling dan akting. Pada usia 16 tahun ia dapat menyabet gelar sebagai Miss South Lebanon. Lalu pada tahun 1995, ia menjadi runner-up dalam Miss Lebanon.

Pada tahun 1996, wajahnya telah tampil dalam 100 sampul majalah. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2006, majalah People menobatkannya dalam daftar 50 wanita tercantik. Wehbe telah mengeluarkan album studio sebanyak tujuh buah. Dimana album pertamanya, Houwa Al Zaman rilis pada tahun 2002.

Diantara lagu-lagunya yang terkenal adalah 80 Million Ahsass, Yama Layali, Ya Magnon, dan Ezzay Ansak.

Baca Juga: Dulu Hidup Susah, 9 Penyanyi Dangdut Ini Sekarang Sukses

6. Najwa Karam

https://www.youtube.com/embed/zMA7zbl3tt4

Bagi pencinta musik Timur Tengah, pasti mengenal sosok penyanyi yang satu ini, Najwa Karam. Penyanyi asal Lebanon yang lahir pada 26 Februari 1966 ini sudah malang melintang di dunia permusikan, khususnya musik Timur Tengah.

Album-albumnya sendiri yang berjumlah 20 album telah terjual lebih dari 65 juta kopi sepanjang karirnya. Ia juga telah menggelar ratusan konser di berbagai negara di dunia, bukan hanya Timur Tengah saja

Lagu-lagu populer dari wanita yang telah meraih berbagai penghargaan atas pencapaiannya ini di antaranya adalah Khalini Shoufak Billeil, Khayarouni, Yekhalele Albak, Chou Hal Hala, Ma Fi Nom, Rouh Rohi, dan masih banyak lagi.

7. Nawal Al Zoghbi

https://www.youtube.com/embed/d1KHE30nt7A

Penyanyi kelahiran 29 Juni 1971 ini mengawali karirnya dari sebuah ajang pencarian bakat pada tahun 1988. Sejak saat itu, wanita yang masuk ke dalam daftar penyanyi Arab tersukses ini makin dikenal oleh publik.

Sepanjang karirnya, ia telah mengeluarkan tujuh belas album. Selain bernyanyi, karirnya yang cemerlang mengantarkannya menjadi brand ambassador berbagai merk ternama, seperti LG. Penyanyi asal Lebanon ini juga banyak meraih berbagai penghargaan bergengsi.

Lagu-lagunya yang terkenal hingga keluar dari Timur Tengah antara lain Mandam A’leyk, Dal’oona, Meen Habibi Ana, Ala Bali, dan El Layali.

8. Cyrine Abdel Nour

https://www.youtube.com/embed/5mJ1xTHYFEw

Penyanyi kelahiran Abadiyeh, Lebanon pada 21 Februari 1977 ini justru mengawali karirnya sebagai model pada 1992. Ia menjadi model dari banyak designer ternama Lebanon. Dari modelling, ia menjajal kemampuan di bidang seni peran pada 1998.

Cyrine meraih kesuksesan dengan membintangi berbagai serial televisi dan film. Ia pun melebarkan sayapnya ke dunia tarik suara. Dan dapat merilis album pertamanya, Leila Min Layali pada tahun 2004. Total ia telah menelurkan sebanyak tiga album.

Lagunya yang paling terkenal adalah Law Bas Fe Eanaea, yang menjadi lagu paling populer saat rilis di tahun 2006. Selain itu, Habaybi, Omri Mak, Aadi, Izza Baddak Yani jadi lagu populer lainnya. Cyrine menjadi aktris Lebanon dengan bayaran tertinggi pada tahun 2016.

9. Carole Samaha

https://www.youtube.com/embed/4n0MAxAc1Uo

Lebanon memang menjadi gudangnya oenyanyi wanita Timur Tengah. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah sosok penyanyi Carole Samaha. Penyanyi sekaligus aktris peran yang lahir pada 25 Juli 1972 ini banyak menuai penghargaan.

Seperti Arab Music Award untuk Pendatang Baru Wanita Terbaik, beberapa penghargaan Murex d'Or, dan nominasi Best New Act pada penghargaan MTV Europe Music Awards 2008.

Sebagai penyanyi, banyak lagunya yang populer. Seperti Jeet, Ali, Khallik Behalak, Zabahny, Ghali Alayi, dan masih banyak lagi.

10. Samira Said

https://www.youtube.com/embed/4aBxNH6ODc8

Samira Said menjadi daftar penyanyi pop Arab veteran. Wanita kelahiran Rabat, Maroko pada 10 Januari 1958 ini sudah berkarir sejak usia 9 tahun. Said fasih berbahsa Arab dalam dialek Maroko dan Mesir. Ia pun memiliki kewarganegaraan dari dua negara tersebut.

Aktif hingga kini, Said sudah menelurkan total 43 album. Diantara lagunya yang terkenal adalah Youm Wara Youm, Hawa Hawa, Aweeni Beek, Wa La Tensani, dan masih banyak lagi.

Jika kamu memiliki orang tua penggemar berat musik Timur Tengah, nama Samira Said mungkin akan disebutkan untuk pertama kalinya.

11. Aziza Jalal

https://www.youtube.com/embed/ISY3Z1ja1Mw

Sama seperti Samira Said, sosok Aziza Jalal merupakan penyanyi asal Maroko yang juga masuk jajaran penyanyi pop Arab veteran. Meski demikian, lagu-lagunya masih hits hingga kini. Jalal lahir pada 15 Desember 1958.

Ia berada di puncak kepopuleran pada tahun 70 dan 80-an. Jalal juga menjadi penyanyi favorit bagi Raja Hassan II Maroko. Lagunya yang paling populer adalah Mestaniyak, dimana dimuat ulang oleh penyanyi pop Nancy Ajram.

Lagu lainnya yang terkenal adalah Min Hakek T’atebny, Houa El Hob Le’baa, Layaly El Ons, dan Ela Awel Ma Taabelna.

12. Myriam Fares

https://www.youtube.com/embed/8prRGuteiUk

Penyanyi yang sekaligus menjadi aktris peran dan penari ini lahir di Lebanon, 3 Mei 1983. Ia menjadi salah satu penyanyi pop Arab yang menunjukkan kebolehannya bernyanyi sambil menari. Hingga ia mendapat julukan “Queen of Stage” dari media Arab.

Fares pernah memainkan drama musikal Disney yang ditayangkan khusus untuk negara-negara UAE, yaitu Peter Pan. Ia memerankan tokoh Tinkerbell. Sebagai penyanyi yang memulai debutnya pada 2003, ia telah mengeluarkan lima album.

Di antara lagunya yang terkenal adalah Ana Wel Shouq, Nadini, Moukanah Wein, Mosh Ananiyya, Eih Elli Byohsal, Nifsi A'oulhalak, dan Haklak Rahtak.

13. Assala Nasri

https://www.youtube.com/embed/zZ6MR4eMTzc

Membicarakan penyanyi pop Arab, sosok Assala Nasri tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Assala yang lahir pada 15 Mei 1969 merupakan salah satu penyanyi top yang berasal dari Syiria. Ia memulai karir sebagai penyanyi anak-anak sejak usia 4 tahun.

Karir profesionalnya dimulai pada tahun 1991. Nasri masih aktif bermusik hingga kini. Ia bahkan sudah menelurkan 27 album sejak 1992. Lagunya yang terkenal oleh publik secara luas adalah Law Ta'rafou, Ya Sabra Yana, dan Samehtak Ketir.

Pada tahun 2019, ia menyanyikan "Right Where I'm Should Be Be" sebagai lagu resmi untuk Olimpiade Musim Panas Dunia 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dimana ia bekerja sama dengan musisi dunia lainnya, seperti Ryan Tedder, Avril Lavigne, Luis Fonsi, Hussain Al Jassmi, dan Tamer Hosny.

14. Julia Boutros

https://www.youtube.com/embed/SpDb9nVougY

Jika membicarakan penyanyi Assala Nasri, tidak ada salahnya untuk turut memperbincangkan sosok Julia Boutros. Penyanyi asal Lebanon ini lahir pada 1 April 1968. Bourtos pertama kali melakukan rekaman lagunya pada usia 12 tahun, dengan judul “A Maman”.

Sejak 1982 hingga 2016, Boutros tercatat sudah menghasilkan 16 album. Sementara lagu-lagunya yang terkenal adalah Sou2 Tafahom, Yawman Ma, Ghabet Shams El Haq, Habibi, dan Ya Kosas.

15. Fairuz

https://www.youtube.com/embed/82gP9x-88bc

Sosok senior semua penyanyi wanita Timur Tengah yang masih eksis hingga kini. Nouhad Wadie' Haddad yang lebih dikenal sebagai Fairuz ini merupakan penyanyi asal Lebanon yang lahir pada 20 November 1934 ini menjadi ikon musik modern di Timur Tengah.

Sepanjang karirnya, ia telah menjual lebih dari 150 juta kopi album. Fairuz dan mendiang sahabat yang juga penyanyi, Uum Kulthum menjadi penyanyi dengan penjualan album tertinggi sepanjang masa.

Saking banyaknya, jumlah album yang ia keluarkan dan konser yang diadakannya tidak dapat dihitung lagi.

Diantara sekian banyak lagunya, ada beberapa yang populer hingga kini. Seperti Argeay Ya Alf Laila, Betfakar Fe Meen, Aghadan Alqak, Rajeen Ya Hawa, Zahrat Almadaen, dan masih banyak lagi.

Bahasa Arab tidak selalu identik dengan hal religi maupun islami 

https://www.youtube.com/embed/6fCBSQjpH8U

Sebenarnya masih banyak penyanyi-penyanyi wanita lain yang berasal dari Timur Tengah. Mereka semua menyanyikan lagu-lagu modern tersebut menggunakan bahasa Arab, karena ia menjadi bahasa ibu bagi negara-negara Timur Tengah.

Jangan latah! Jaman sekarang apalagi di bulan Ramadan, semua orang sedang berlomba-lomba untuk berubah menjadi lebih baik dalam hal keyakinan. Namun ada baiknya kita dapat menyaring hal-hal yang benar dan positif dari hal-hal bathil dan negatif. Begitupun dengan musik yang kita dengarkan.

Bahasa Arab laiknya bahasa lain yang ada di dunia, digunakan di berbagai aspek kehidupan di seluruh negara dengan bahasa ibunya bahasa Arab. Termasuk dengan musik-musik modern dan penamaan barang maupun tempat.

Bahasa Arab tidak hanya digunakan dalam Al-Qur'an, Hadits, Nasyid ataupun Qasidah, dan juga Salawat.

Jadilah generasi cerdas

Meski Berbahasa Arab, Lagu 15 Penyanyi ini Tak Bertema Religipexels.com/Lisa Potios

Tidak dilarang memang mendengarkan lagu-lagu berbahasa Arab selain bertema religi dan islami. Namun harus dalam waktu dan kondisi yang tepat. Kita tidak bisa memutar lagu dari penyanyi-penyanyi di atas dalam acara yang bersifat religi apalagi islami karena memang tidak ada hubungannya meskipun sama-sama berbahasa Arab.

Membaca, memahami, dan menyelami berbagai hal baik menjadi kunci untuk menjadi generasi muda yang tidak mudah untuk dibodohi oleh derasnya perkembangan arus jaman. Yuk, mulai sekarang jadi generasi cerdas!

Baca Juga: Tak Disangka, 10 Seleb Ini Punya Bakat Jadi Penyanyi Dangdut

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya