Comscore Tracker

5 Rekomendasi Anime Bertema Musikal yang Wajib Kamu Tonton

Ceritanya yang ringan bisa menjadi tontonan saat jenuh, lho!

Dewasa ini, anime telah menjadi bagian penting dari hidup banyak orang. Audiens anime bertambah banyak seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Oleh karena itu, anime-anime yang tersedia sekarang lebih bervariasi dalam tema atau genre, misalnya anime bertema musikal.

Anime bertema musikal mungkin belum sebesar action atau romansa, tetapi anime musikal acapkali menggabungkan berbagai aspek ke dalam ceritanya, seperti drama, romansa, dan komedi. Sejatinya, daya tarik anime musikal adalah ceritanya yang ringan meski mencampurkan berbagai tema.

Cocok untuk ditonton saat jenuh atau gabut, berikut adalah lima rekomendasi anime musikal yang harus kamu tonton. Yuk, simak ulasan di bawah!

1. K-On! (2009-2010)

https://www.youtube.com/embed/R98Q3C4O3yw

Yang pertama ada K-On! Diadaptasi dari manga bertajuk serupa karya Kakifly, K-On! versi anime diproduksi oleh Kyoto Animation dengan Naoko Yamada sebagai sutradaranya. Anime ini lantas mendapatkan dua musim dengan total 39 episode, dua original video animation (OVA), dan satu film dalam rentang waktu 2009 sampai 2011.

Kisah K-On! sendiri berpusat pada seorang siswi SMA bernama Yui Hirasawa yang ingin mengukir kenangan indah semasa SMA. Ia lantas bergabung dengan klub musik ringan dan berteman dengan tiga siswi lainnya, yakni Mio Akiyama, Ritsu Tainaka, dan Tsumugi Kotobuki. Bersama, petualangan mereka menjadi band rock dimulai.

Memiliki cerita ringan, kumpulan karakter imut, dan musik yang memanjakan telinga membuat K-On! menjadi salah satu anime yang dapat kamu tonton saat bad mood. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung masukkan ke watchlist-mu!

2. Your Lie in April (2014-2015)

https://www.youtube.com/embed/3aL0gDZtFbE

Kalau anime yang satu ini pasti kamu sudah tahu. Yaps! Your Lie in April merupakan anime musikal campur drama romansa yang diadaptasi dari manga berjudul serupa karya Naoshi Arakawa. Tak hanya menjadi anime, manga Your Lie in April juga diadaptasi ke film live action, penampilan panggung, dan novel.

Cerita anime ini berpusar sekitar Arima Kousei, siswa SMA yang berbakat dalam main piano hingga berhasil menjuarai berbagai kompetisi musik. Namun sejak ibunya meninggal, Arima jadi tak bisa bermain piano lagi dan mulai melihat dunia dengan monokrom. Hal itu terjadi sampai ia bertemu dengan Kaori Miyazono, gadis pemain biola yang periang dan ceria.

Bergenre drama romansa, Your Lie in April memiliki cerita yang hangat dan sedih. Jangan lupa siapin tisu sebelum nonton anime ini, ya!

Baca Juga: 5 Anime Bertema Sepak Bola Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

3. Nodame Cantabile (2007-2010)

https://www.youtube.com/embed/UrK5FFo9PH4

Yang ketiga ada Nodame Cantabile. Pasti siapapun yang menggemari manga atau anime musikal pasti tahu judul ini. Nodame Cantabile adalah salah satu manga josei terlaris sepanjang masa dengan terjual 37 juta kopi. Manga ini bahkan telah diadaptasi ke serial anime, serial TV dan film live action, dan video game.

Animenya sendiri memiliki tiga musim dengan 45 episode dan tiga OVA. Nodame Cantabile berkisah tentang dua orang murid di sebuah sekolah musik yang bermimpi menjadi musisi. Berkat hubungan mereka, masing-masing dari mereka berhasil tumbuh tak hanya menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi juga menjadi musisi yang lebih berbakat.

Cerita Nodame Cantabile sangat menarik karena menggabungkan drama romansa dengan tema musik klasik. Melihat perkembangan masing-masing karakter juga sangat seru karena masing-masing dari mereka memiliki kepribadian dan latar belakang berbeda.

4. Kids on the Slope (2012)

https://www.youtube.com/embed/7plEDcWy0Oc

Sama dengan anime-anime sebelumnya, Kids on the Slope juga hasil adaptasi dari sebuah manga populer. Dipublikasikan dari 2007 sampai 2012, manga Kids on the Slope karya Yuki Kodama telah mendapatkan adaptasi anime pada 2012 dan film live action pada 2018.

Animenya sendiri disutradarai oleh sutradara kondang Shinichirō Watanabe, kreator Cowboy Bebop dan Samurai Champloo. Kids on the Slope mengangkat kisah antara tiga sahabat dekat pencinta musik jazz bernama Kaoru Nashimi, Sentarou Kawabuchi, dan Ritsuko Mukae.

Anime ini cocok untuk ditonton saat lagi jenuh. Alur ceritanya yang ringan ditemani dengan alunan musik jazznya dapat menenangkan pikiranmu yang sedang kusut.

5. NANA (2006-2007)

https://www.youtube.com/embed/Tad-n4Xh3nI

Yang terakhir ada anime hasil adaptasi dari salah satu manga terlaris sepanjang masa, yaitu manga NANA karya Ai Yazawa yang dirilis dari 2000 sampai 2009 untuk hiatus. NANA lantas diadaptasi menjadi serial anime pada 2006 sampai 2007 dan film live action di 2005 dan 2006.

Sesuai namanya, NANA berpusat pada dua karakter utama yang bernama Nana Komatsu dan Nana Osaki. Secara kebetulan, mereka bertemu di kereta, bahkan tinggal di apartemen yang sama di Tokyo. Meski punya nama yang sama, mereka punya tujuan yang berbeda di Tokyo. Komatsu mencari cinta, sedangkan Osaki mengejar karier.

Meski bertema musikal, anime-anime di atas tak serta-merta mengabaikan kualitas cerita atau karakternya. Tak jarang, anime bertema musikal malah memiliki cerita yang lebih kuat atau bumbu drama yang lebih dalam. Dari lima judul di atas, kamu sudah nonton yang mana saja?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anime Bertema Militer Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Rakha Alif Photo Verified Writer Rakha Alif

run like a chocobo and stab like a tonberry

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya