Comscore Tracker

7 Serial Animasi Indonesia yang Tayang di TV, Tontonan Favorit Anak

Kualitasnya gak kalah dengan animasi luar negeri

Ada beragam acara televisi yang menarik perhatian anak-anak. Salah satu tontonan hiburan yang menjadi favorit yaitu serial animasi. Gak melulu animasi Jepang atau negara lainnya, animasi buatan negeri sendiri juga banyak diminati.

Cerita yang sederhana, unik, melibatkan kejadian yang biasa ditemui di kehidupan sehari-hari dan memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan animasi lainnya. Ada apa saja? Berikut beberapa serial animasi buatan Indonesia yang pernah ditayangkan di televisi.

1. Kiko

https://www.youtube.com/embed/KfmiDnfZnPU

Kalian sudah tidak asing dengan serial animasi yang satu ini kan? Dengan cerita kehidupan bawah laut, animasi Kiko biasa tayang di televisi saat akhir pekan. Animasi ini mengisahkan seekor anak ikan mas koki bernama Kiko yang tinggal di Asri Town.

Dia memiliki beberapa sahabat, seperti Lola si ikan diskus, Ting Ting si kepiting, Patino si ikan patin dan Poli si ikan cupang. Mereka sering bermain dan berpetualang bersama. Selain itu, ada juga karakter antagonis yaitu Karkus si ikan lele dan Pupus si belut yang sering membuat ricuh. Dengan cerita yang menarik dan menghibur, tentunya serial animasi ini banyak dinikmati oleh anak-anak.

2. Adit & Sopo Jarwo 

https://www.youtube.com/embed/kGhpz8f7pEw

Adit & Sopo Jarwo adalah salah satu serial animasi lokal yang menarik banyak penonton Indonesia, terutama anak-anak. Animasi yang diproduksi oleh MD Animation ini bercerita tentang kehidupan Adit dan petualangannya bersama teman-teman.

Seringkali dia harus berseteru dengan Jarwo dan asistennya yaitu Sopo. Selain itu, ada karakter Haji Udin, ketua RW yang sering memberikan nasehat bijak dan solusi untuk setiap masalah yang terjadi. Animasi ini bahkan telah dibuat dalam versi film dengan judul Adit Sopo Jarwo : The Movie. Kamu sudah menontonnya?

Baca Juga: 8 Serial Animasi Korea yang Tayang di TV Indonesia, Favorit Anak-anak

3. Keluarga Somat 

https://www.youtube.com/embed/pZKjA9puBNU

Siapa yang pernah nonton film Keluarga Somat? Keluarga ini terdiri dari Pak Somat, Bu Inah serta dua anaknya yaitu Dudung dan Ninung.

Film ini berkisah seputar kehidupan keluarga Pak Somat yang sederhana dan humoris dan juga menyajikan masalah yang biasa terjadi di keseharian. Bergenre komedi dan cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, membuat animasi keluarga ini banyak disukai.

4. Entong 

https://www.youtube.com/embed/ZTMGfb4rqBw

Masih ingat dengan sinetron Si Entong yang populer di tahun 2000-an? Cerita Entong juga dibuat dalam serial animasi, lho. Animasi ini menceritakan kisah bocah bernama Entong yang tinggal di sebuah perkampungan di Jakarta. Dia tinggal bersama ibunya yang bernama Mpok Fatimah.

Entong memiliki beberapa teman sepermainan, seperti Kiki, Ipeh dan juga Memed cs yang sering mencari gara-gara dengan Entong. Tidak ketinggalan, ada juga karakter Ustad Somad, Mamake, Mpok Lela, Salim, Samin dan lainnya yang menambah keseruan cerita animasi ini.

5. Petualangan Si Unyil 

https://www.youtube.com/embed/udQX32qy5Ls

Kepopuleran acara televisi Si Unyil memang sudah tidak diragukan lagi. Cerita Unyil juga diadaptasi dalam serial animasi berjudul Petualangan Si Unyil.

Animasi ini juga menampilkan karakter lainnya yang muncul dalam Si Unyil versi boneka, seperti Usro, Ucrit, Endut, Cuplis, Pak Ogah hingga Pak Ableh. Petualangan Si Unyil menyuguhkan cerita keseharian, persahabatan dan petualangan yang menarik dan juga edukatif bagi anak-anak.

6. Super Neli 

https://www.youtube.com/embed/BRH6PnIKru0

Nah, cerita animasi yang satu ini termasuk salah satu yang unik. Super Neli bercerita tentang seorang nenek yang tinggal di panti jompo Matahari Senja di Desa Bodjong. Nenek Neli selalu memakai kebaya hijau dan kacamata.

Walaupun sudah berusia senja dan terlihat lemah, Neli adalah nenek yang lincah dan memiliki kekuatan super. Nenek Neli harus menghentikan dua maling kampung, yaitu Kampret dan Super Galak yang sering membuat kekacauan dan ingin menguasai desa. 

7. (D.O.A) Doyok, Otoy, Ali Oncom 

https://www.youtube.com/embed/lT29Xm33jDg

Serial animasi D.O.A menceritakan kehidupan tiga karakter utamanya yaitu Doyok, Otoy dan Ali Oncom di Jakarta. Animasi D.O.A ini diadaptasi dari tiga komik strip yang dulu pernah populer dalam "Lembergar" atau Lembaran Bergambar di koran Pos Kota.

Permasalahan dan peristiwa yang terjadi dalam cerita animasi ini adalah hal yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Selain cerita yang sederhana, masing-masing karakter juga memiliki ciri khas dan aksi lucu yang membuat para penontonnya merasa terhibur.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menyukai berbagai serial animasi tersebut. Ini membuktikan bahwa animasi buatan Indonesia juga tidak kalah seru dan menarik dari buatan luar negeri. Bangga deh!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Animasi yang Karakter Utamanya adalah Hewan

Rifa Photo Verified Writer Rifa

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya