Comscore Tracker

18 Soundtrack Film Paling Ikonik Sepanjang Masa, Bikin Nostalgia!

Ada lagu favoritmu? #IDNTimesHype

Soundtrack adalah salah satu bagian terpenting dari pengalaman menonton film yang tak terlupakan. Musik yang tepat dapat membantu mengatur suasana, memicu emosi kita, atau bahkan menceritakan kisah dalam film itu sendiri.

Beberapa lagu, entah dibuat khusus untuk film tertentu atau hanya ditambahkan ke dalamnya, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah budaya populer. Artikel ini akan menyajikan beberapa soundtrack film paling ikonik sepanjang masa. Berikut daftarnya!

1. "Moon River" - Audrey Hepburn (Breakfast at Tiffany's)

https://www.youtube.com/embed/uirBWk-qd9A

Lagu sedih namun romantis yang dinyanyikan Hepburn ini menjadi salah satu lagu paling ikonik sepanjang masa sampai para legenda musik dari Aretha Franklin hingga Elton John turut mengcovernya. Lagu ini berhasil membawa pulang Academy Award dan Grammy Award pada tahun 1962.

2. "Stayin' Alive" - Bee Gees (Saturday Night Fever)

https://www.youtube.com/embed/fNFzfwLM72c

Siapa yang tidak tahu lagu ini? Sebagai salah satu lagu disko paling terkenal di tahun 70-an sampai 80-an, "Stayin' Alive" muncul sebagai soundtrack di film Saturday Night Fever yang dibintangi oleh John Travolta. Klop dengan tema filmnya, lagu ini berhasil menghidupkan karier Bee Gees sebagai sebuah grup disko pada masanya.

3. "Eye of the Tiger" - Survivor (Rocky III)

https://www.youtube.com/embed/ERT_7u5L0dc

Bisa dibilang sebagai lagu inspiratif nomor satu sepanjang masa, "Eye of the Tiger" telah menaikkan semangat para pegiat gym sejak pertama kali muncul sebagai soundtrack Rocky III pada tahun 1982. Faktanya, lagu ini khusus ditulis untuk film tersebut atas permintaan langsung dari Sylvester Stallone.

4. "Take My Breath Away" - Berlin (Top Gun)

https://www.youtube.com/embed/r5h5JrzJMtQ

Meski bosan, kalian tidak dapat menyangkal daya tarik dari power ballad yang mendefinisikan pertengahan 80-an ini. Tak heran kalau "Take My Breath Away" berhasil memenangkan Academy Award dan Golden Globes pada tahun 1986.

5. "(I've Had) The Time of My Life" - Bill Medley dan Jennifer Warnes (Dirty Dancing)

https://www.youtube.com/embed/4BQLE_RrTSU

Lebih dari tiga dekade setelah Patrick Swayze mengangkat Jennifer Beals dalam adegan final Dirty Dancing, soundtrack dan filmnya tetap memiliki pengaruh yang signifikan dalam budaya populer sampai saat ini. Pada tahun 1988, lagu ini mendapat berbagai penghargaan bergengsi termasuk Academy Award, Golden Globes, dan Grammy Award.

Baca Juga: 10 Soundtrack Film Animasi Pixar Terbaik

6. "(Everything I Do) I Do It For You" - Bryan Adams (Robin Hood: Prince of Thieves)

https://www.youtube.com/embed/Y0pdQU87dc8

Film Robin Hood: Prince of Thieves yang dirilis pada tahun 1991 memang mendapat respons yang beragam dari kritikus. Beberapa orang bahkan menganggapnya sebagai sebuah kegagalan. Namun, soundtrack di dalamnya, "(Everything I Do) I Do It For You", berhasil menebus kegagalan tersebut. Beberapa tahun setelahnya, lagu ini kembali dipakai sebagai soundtrack film The Three Musketeers dan Don Juan DeMarco.

7. "Oh, Pretty Woman" - Roy Orbison (Pretty Woman)

https://www.youtube.com/embed/_PLq0_7k1jk

Meskipun sudah hit pada tahun 1964, lagu klasik Roy Orbison ini kembali "hidup" pada tahun 1990 ketika sutradara Garry Marshall memilih Julia Roberts sebagai pekerja seks yang jatuh cinta dengan seorang pengusaha kaya yang diperankan oleh Richard Gere dalam film Pretty Woman. Lagu itu pun menjadi sangat identik dengan filmya sampai saat ini.

8. "I Will Always Love You" - Whitney Houston (The Bodyguard)

https://www.youtube.com/embed/3JWTaaS7LdU

Lagu ini menjadi salah satu hit Whitney Houston berkat nada tingginya yang membakar dan penyampaiannya yang sempurna. Namun, beberapa orang seringkali lupa kalau balada ini adalah cover dari versi Dolly Parton. Lagu ini menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia setelah dirilis pada tahun 1992 serta beberapa jam setelah kematian Houston pada 2012.

9. "You Never Can Tell" - Chuck Berry (Pulp Fiction)

https://www.youtube.com/embed/o5qXCzknxn8

Pulp Fiction menonjol sebagai salah satu film terbaik Quentin Tarantino. Salah satu adegan ikoniknya menampilkan Uma Thurmann dan John Travolta yang bergoyang di lantai dansa dengan lagu rock 'n roll klasik milik Chuck Berry ini.

10. "Kiss From a Rose" - Seal (Batman Forever)

https://www.youtube.com/embed/iCol1dhLmco

Penggemar film superhero mungkin telah dimanjakan selama satu dekade terakhir ini. Namun, tidak ada film superhero yang memiliki soundtrack sebaik Batman Forever. Meski filmnya hancur-hancuran, "Kiss From a Rose" menjadi salah satu lagu yang paling diingat dan disukai oleh para penggemar Batman di seluruh dunia.

11. "Circle of Life" - Elton John (The Lion King)

https://www.youtube.com/embed/IwH9YvhPN7c

Kita semua tahu betapa suksesnya animasi klasik Disney, dan tidak dapat disangkal kalau mereka memiliki deretan soundtrack yang luar biasa. Dalam The Lion King, Elton John menulis banyak lagu di dalamnya, termasuk "The Circle of Life" yang dipakai untuk adegan pembukaan dan kredit film tersebut.

12. "My Heart Will Go On" - Celine Dion (Titanic)

https://www.youtube.com/embed/3gK_2XdjOdY

Ada banyak alasan mengapa Titanic sukses besar di box office dan tetap populer sampai saat ini. Salah satunya adalah alur cerita yang berfokus pada hubungan cinta antara Rose dan Jack, yang diperkuat dengan lagu "My Heart Will Go On" sebagai soundtracknya. Titanic berhasil memenangkan 11 Oscar pada tahun 1998, di mana salah satunya diraih oleh lagu ini.

13. "I Don't Want to Miss a Thing" - Aerosmith (Armageddon)

https://www.youtube.com/embed/JkK8g6FMEXE

Setelah mulai pudar di pertengahan 90-an, karier Aerosmith dihidupkan kembali ketika lagu mereka, "I Don't Want to Miss a Thing", muncul sebagai soundtrack di film Armageddon. Tentunya karena film ini meraup kesuksesan di box office 1998. Uniknya, film ini juga dibintangi oleh putri dari vokalis Aerosmith, Steven Tyler, yakni Liv Tyler.

Baca Juga: 9 Soundtrack Film Studio Ghibli Terbaik, Bikin Perasaan Campur Aduk!

14. "Where Is My Mind" - The Pixies (Fight Club)

https://www.youtube.com/embed/FSCgfI3OG7s

"Where is My Mind" dirilis pada tahun 1988, sebelas tahun sebelum akhirnya muncul di film Fight Club. Tak banyak yang menyangka kalau lagu ini akan sangat klop dengan film ini dan twist di dalamnya, terutama dalam adegan akhir film ketika Edward Norton dan Helena Bonham Carter bergandengan tangan sambil melihat ledakan di seberang mereka.

15. "Lose Yourself" - Eminem (8 Mile)

https://www.youtube.com/embed/_Yhyp-_hX2s

Eminem memberikan gambaran sekilas tentang gaya asuh ibunya yang kasar dalam otobiografinya yang berjudul 8 Mile. Tepat setelah kita mendengar soundtrack lagu ini, "Lose Yourself", kita akan langsung berempati dengan Eminem. Lagu ini berhasil memenangkan Oscar dan Golden Globes pada tahun 2003, dan kembali dinyanyikan pada perhelatan Oscar tahun 2020.

16. "Skyfall" - Adele (Skyfall)

https://www.youtube.com/embed/DeumyOzKqgI

Dengan "Skyfall", Adele berhasil "meniup" kehidupan baru ke dalam waralaba yang telah berusia puluhan tahun ini. Ditambah dengan sinematografi dan akting yang apik, baik dari Daniel Craig maupun Javier Bardem, balada yang indah ini selalu berhasil membangkitkan semangat kita ketika menonton film ini.

17. "Let It Go" - Idina Menzel (Frozen)

https://www.youtube.com/embed/moSFlvxnbgk

Meski belum genap berumur satu dekade, "Let It Go" telah berhasil mengukuhkan dirinya sebagai salah satu soundtrack modern terbaik. Entah itu penggemar Disney usia muda atau tua, semuanya turut merayakan lagu ini dan filmnya, Frozen. Tak heran kalau film ini sangat sukses di box office di mana 11 juta kopi filmnya berhasil terjual pada tahun 2014.

18. "Happy" - Pharrell Williams (Despicable Me 2)

https://www.youtube.com/embed/MOWDb2TBYDg

Lagu Pharrell Williams, "Happy", menjadi hit besar-besaran ketika tampil sebagai soundtrack film animasi Pixar, Despicable Me 2. Selain mendapatkan nominasi Oscar dan Golden Globes, "Happy" menjadi lagu paling laris di tahun 2014 dan bahkan terus dinyanyikan bertahun-tahun kemudian.

Nah, itu tadi 18 soundtrack film paling ikonik sepanjang masa. Bagaimana, apakah ada salah satu lagu favoritmu di atas?

Baca Juga: 10 Lagu Legendaris yang Bikin KPop Mendunia, Throwback Yuk!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya